Cara Menghapus Proteksi Kata Sandi pada Excel 2010 Dengan 3 Metode Pilihan

Microsoft Excel merupakan salah satu program Microsoft Office Suite. Excel merupakan program lembar kerja yang mendukung database. Excel juga menggunakan pemrograman makro untuk VBA (Visual Basic for Applications) untuk analisis dan visualisasi data.

Hal yang baik tentang program ini terletak pada fitur tanpa batas yang ditawarkannya kepada pengguna. Ada banyak cara untuk mengolah data numerik seperti perhitungan aritmatika, menggunakan grafik, bagan, dan tabel untuk mewakili data.

Keuntungan tentu sangat banyak, karena Excel juga menawarkan perlindungan ke lembar kerja yang kita buat. Siapa pun yang ingin data mereka dilindungi dapat dengan mudah mengatur kata sandi untuk mengenkripsi spreadsheet.

Kata sandi memastikan tidak ada akses resmi ke dokumen, dan hanya orang yang memiliki kata sandi yang dapat membuka dokumen.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin menghapus kata sandi? Ini juga cepat dan mudah bagi pengguna Mac dan PC jika Anda mengingat kata sandi Anda. Pada artikel di bawah ini, kita akan mempelajari cara menghapus proteksi kata sandi dari lember kerja Anda.

Sebelumnya, kita akan memberikan tutorial singkat untuk membuat password pada lembar kerja, berikut langkah-langkahnya:

Cara memasang Password Proteksi di Lembar kerja Excel

1.Buka lembar kerja excel baru

2.Kemudian klik File >> pilih Info >> pilih Protect Workbook >> pilih Encript With Password.

Artikel terkait:   Inilah Rumus Rangking Excel 2007 (RANK) untuk Menentukan Peringkat pada Suatu Kelompok Data

3.Selanjutnya, masukan password yang Anda kehendaki.

4.Selanjutnya, ketik ulang password untuk konfirmasi pemberian password pada lembar kerja Anda.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel.

 

Metode 1: Cara menghapus proteksi kata sandi di Excel secara manual menggunakan fitur info

  1. Buka Microsoft Office Suite Anda dan luncurkan program Microsoft Excel. Disini saya sudah membuat file yang di lindungi dengan password, langkahnya sudah disampaikan dibagian atas ya!! Password file: ‘pasword’. Karena itu, pada saat membuka Anda wajib memasukan password.
  2. Buka file lembar bentang Excel terenkripsi yang ingin Anda hapus kata sandinya. Jika Anda telah mengatur perlindungan kata sandi pembukaan dalam file, itu berarti file dikunci. Anda akan diminta untuk memasukkannya. Klik OK bila selesai.
  3. Di sudut kiri atas lembar kerja yang Anda buka, klik tab File. Klik ‘Info.
  4. Klik ‘Protect Workbook’ untuk membuka menu drop-down. Lalu, pilih tipe ‘Encript with password’ yang telah Anda tetapkan untuk dihapus.

Untuk opsi Enkripsi dengan Kata Sandi, yang harus Anda lakukan adalah menghapus kata sandi yang ditulis dan klik OK untuk menghapus kata sandi. Ini berfungsi sebagian besar untuk Excel 2019 hingga 2010.

Untuk ‘Protect Current Sheet’ dan ‘Protect Workbook Structure’ dapatkan jendela Buka Proteksi Lembar dan masukkan kata sandi. Klik OK untuk menghapus proteksi. Ini juga berfungsi untuk Excel 2007 dan versi yang lebih lama.

Perhatikan bahwa Anda juga bisa menghapus proteksi kata sandi dari tab Tinjau dan mengklik Proteksi Lembar atau Proteksi Buku Kerja. Mengklik Buka Proteksi Lembar atau Proteksi Buku Kerja akan secara otomatis menghapus kata sandi dari lembar.

Artikel terkait:   3 Cara Mudah Menggunakan Rumus Perkalian Excel 2007 Otomatis untuk Pemula

Baca juga: Cara memulihkan file excel yang belum tersimpan.

 

Metode 2: Cara menghapus kata sandi di lembar Excel menggunakan tab Beranda

1.Luncurkan program Excel dan buka lembar kerja. Anda perlu menghapus kata sandi.

2.Pada menu utama, buka tab Beranda.

3.Di bawah grup Cell, klik panah turun bawah Format. Dari daftar, pilih Buka Proteksi Lembar.

  1. Ketik kata sandi lalu klik OK untuk menghapus kata sandi.

 

Metode 3: Menggunakan Simpan Sebagai untuk menghapus proteksi kata sandi di Excel

1.Buka lembar kerja Excel yang diproteksi kata sandi. Setelah ini, masuk ke tab File dan pilih Simpan Sebagai.

2.Klik panah untuk menampilkan jendela pop-up. Pada jendela, klik Tools, lalu pilih General Options dari menu turun bawah.

3.Dalam kotak dialog, kosongkan kata sandi untuk membuka dan memodifikasi bidang untuk menghapusnya.

4.Klik tombol OK untuk menyimpan semua perubahan yang dibuat. Ingatlah untuk mengklik tombol simpan untuk menyimpan dokumen yang dimodifikasi.

 

Kesimpulan

Kita telah membahas beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk menghapus proteksi kata sandi dari file Excel Anda. Langkah-langkah yang disebutkan di atas adalah beberapa cara, namun akan memberikan hasil yang sama. Perlu diingat, selalu simpan pekerjaan Anda lagi setelah membuat perubahan apa pun pada lember kerja Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *