Cara Gampang Memulihkan file Excel yang Belum Tersimpan

Bayangkan hal berikut: Anda sudah capek capek mengerjakan Buku Kerja yang sangat penting selama berjam-jam dan tiba-tiba saja  tiiiiiing… sistem macet. File tidak disimpan, dan Anda baru saja kehilangan jam kerja karena lupa menekan tombol simpan.

Tetapi bagaimana dengan kejadian ini: Anda baru menyadari bahwa Anda melakukan kesalahan saat mengerjakan buku kerja pada waktu satu jam yang lalu? Bagaimana cara Anda kembali ke versi file Excel yang sebelumnya?

Tenang bro…

Jangan panik, sesungguhnya itu adalah hal biasa. Kabar baiknya kami telah mengumpulkan beberapa tips paling efisien untuk memulihkan file Excel yang belum disimpan dan versi yang lebih lama.

Oke, perhatikan ini baik baik ya.

Secara default, Microsoft menyediakan opsi Pemulihan Otomatis yang dapat memulihkan file yang disimpan, tetapi versi terbaru mereka tidak dapat diakses karena sistem atau Excel rusak.

Konfigurasikan Pengaturan AutoRecover di Excel

Buka tab File dan klik Opsi

 

Klik pada tab Simpan

Pastikan ‘Simpan informasi AutoRecover setiap Z menit’ dan Pertahankan versi penyimpanan otomatis terakhir jika saya menutup tanpa menyimpan ‘dicentang. Anda juga dapat mempertahankan durasi pemulihan otomatis ke yang terkecil untuk memastikan setiap file disimpan

Klik OK

Setelah ini, setiap kali Anda membuka Excel setelah crash, Anda akan dapat melihat file yang dapat dipulihkan secara otomatis. Namun, ini hanya berlaku untuk file yang telah disimpan setidaknya satu kali. Untuk file yang belum disimpan sama sekali, ikuti langkah-langkah di bagian selanjutnya.

 

Tips Memulihkan file Excel yang belum disimpan

Untuk memulihkan file Excel yang lupa Anda simpan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Artikel terkait:   Cara Terlengkap Menghitung Persentase di Excel 2007, Tutorial Pemula

Buka tab file dan klik ‘Buka (Open)’

Sekarang klik opsi Buku Kerja Terbaru (Recent Workbooks) di kiri atas

Sekarang gulir ke bawah dan klik tombol ‘Pulihkan Buku Kerja yang Tidak Tersimpan

Gulir daftar dan cari file yang hilang.

Klik dua kali untuk membukanya

Dokumen akan terbuka di Excel, sekarang yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol Save As. Caranya silahkan Anda baca: cara menyimpan dengan nama berbeda, meskipun ini versi word tapi di excel caranya juga sama.

 

Pulihkan file Excel yang ditimpa

Jika Anda menggunakan Excel 2010 atau 2013, maka Anda dapat dengan mudah memulihkan versi dokumen yang lebih lama. Sangat membantu jika Anda membuat kesalahan pada Buku Kerja dan menyadarinya terlambat atau Anda hanya ingin melihat seperti apa tampilan Buku Kerja sebelumnya.

Untuk melakukan ini, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti

Klik pada tab File dan pilih Info

Sekarang klik pada tab kelola versi. Di sana Anda akan dapat melihat semua versi yang disimpan otomatis oleh Excel

Tetapi Anda juga dapat melihat versi yang disimpan otomatis ini hingga Anda telah menyimpan file. Setelah versi file saat ini disimpan, semua file yang disimpan secara otomatis sebelumnya akan hilang. Untuk menyimpannya, Anda perlu mengambil cadangan file.

 

Menyimpan cadangan file Excel

Mengambil cadangan file Excel memungkinkan untuk mengunjungi kembali versi lama jika Anda melakukan kesalahan. Ini dapat berguna ketika Anda menekan tombol simpan ketika Anda tidak bermaksud begitu atau ketika Anda menghapus final asli utama.

Berikut adalah cara membuat cadangan di Excel 2010 dan 2013

Buka tab File dan klik ‘Save As’

Artikel terkait:   Bagaimana Rumus Excel untuk Penjumlahan Antar Kolom?

Sekarang klik pada tab Browse di bagian bawah

Jendela Simpan sebagai akan terbuka. Di bagian bawahnya, ada opsi yang disebut Alat

Klik Alat dan pilih ‘General Option’

Di Jendela baru, centang ‘Always Create Backup’

Sekarang setiap file Excel baru yang Anda buat akan memiliki file cadangan yang terkait dengannya. Namun perlu diingat bahwa file cadangan Excel memiliki ekstensi yang berbeda – .xlk

Secara keseluruhan, sangat mudah untuk memulihkan file Excel bahkan ketika Anda lupa menyimpannya. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah tidak panik dan ikuti langkah-langkah yang kami sebutkan diatas, dengan begitu Anda tidak perlu mengerjakannya ulang.

So, jika menemukan manfaat dari artikel ini, bantu kami untuk membagikannya kepada mereka agar semakin banyak orang yang tahu. Terima kasih sebelumnya.

One thought on “Cara Gampang Memulihkan file Excel yang Belum Tersimpan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *