cara menggunakan fungsi countif

Cara Cepat Menghitung Sel yang Berisi Angka tertentu pada Excel 2010/2007 Untuk Pemula

Halo…pecinta excel gimana kabar kalian? Semoga aja selalu dalam keadaan baik dan sehat ya, Amin. Nah, Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar kegiatan atau skenario yang kebetulan kita temui akan selalu melibatkan penghitungan dalam satu cara atau bahkan lebih. Pada kesempatan ini kita akan membahas cara menghitung sel yang berisi angka tertentu dengan bantuan formula countif.

Oke, kita tahu hampir semua aktivitas dilakukan dengan perhitungan, tergantung pada apa yang dilakukan, bisa jadi sering atau bahkan setiap saat.

Pada dasarnya, kita bisa menghitung satu per satu untuk mendapatkan nilai hal-hal secara numerik atau dalam hal nilai angka, akan tetapi cara ini sangat lama. Ada cara mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan countif dan sebentar lagi akan kita bahas caranya.

Tindakan menghitung jumlah tertentu untuk mendapatkan atau mengungkapkan jumlah item atau beberapa objek dalam satu set adalah apa yang sebagian besar kita sebut sebagai penghitungan. Penghitungan secara umum telah dilakukan di hampir semua aspek kehidupan atau rutinitas sehari-hari kita.

Salah satunya adalah menghitung sel yang berisi angka tertentu dalam lembar excel berarti sel memiliki nilai numerik tertentu di dalamnya. Nilai-nilai ini mungkin berbeda dari yang lain atau memiliki satu atau dua angka yang membuat unik.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang kami ikuti sehingga kita dapat melakukan penghitungan sel yang akurat dengan angka tertentu. Hal ini akan dibahas secara mendalam di bawah ini dengan contoh soal pengerjaan.

Baca: Cara Membuat Tabel di Excel 2010.

Langkah 1

Buka data yang ingin Anda kerjakan atau jika Anda tidak memiliki data yang direkam dalam lembar excel, buka lembar excel, dan rekam beberapa data ke dalamnya, pertimbangkan contoh di bawah ini.

Artikel terkait:   Cara Mudah Membuat Garis (Border) di Excel 2007 untuk Pemula

Kumpulan data di lembar excel di atas terdiri dari nilai numerik, karena Anda dapat melihat beberapa angka memiliki frekuensi modal 34. Angka tersebut yang dalam kasus kali ini akan menjadi angka spesifik.

 

Langkah 2

Masih menggunakan data yang kita buat pada langkah pertama, kita sekarang akan mendapatkan hitungan angka tertentu dalam sel pada langkah ini. Untuk melakukan penghitungan, kami akan menggunakan fungsi COUNTIF.

Fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai jika kondisi tertentu terpenuhi. Kondisi angka, dalam hal ini, adalah angka spesifik yang dalam kasus ini akan menjadi 34.

Kita akan menggunakan fungsi COUNTIF dalam rumus sebagai berikut, =COUNTIF(B2:B12; “34”). Tulis rumus di bilah rumus dan harapkan hasilnya di sel hasil B13. Dalam rumus di atas, =COUNTIF adalah fungsi dan B2 dan B12 adalah sel sementara 34 adalah angka spesialisasi. Terakhir tekan enter dan lihat hasilnya, ternyata ada 4 sel yang mengandung angka 34 seperti pada gambar dibawah ini.

cara menggunakan fungsi countif

Baca: Fungsi Countifs.

Kesimpulan:

Fungsi countif ini bermanfaat untuk menghitung jumlah sell yang berisi sekolompok angka dan dari sekelompok angka ini kita hendak mengetahui berapa jumlah angka spesifik atau yang kita kehendaki. Bisa juga untuk menghitung jumlah kategori tertentu ketika kita akan mengolah data.

Dengan demikian, fungsi COUNTIF sangat membantu kita dalam menghitung setumpuk data berdasarkan kategoti tanpa harus menghitung satu persatu atau menggunakan fungsi filter. Hal ini akan mempercepat kita dalam menyelesaikan perhitungan data yang kita inginkan.

Oke, demikian tips dan trik excel untuk pemula, jika Anda ingin belajar cara cepat menguasai excel, ada baiknya praktek dan latihan terus menerus agar semakin fasih. Silahkan download file latihan ini DISINI.

Artikel terkait:   Mengenal Fungsi F4 pada Excel 2010/2007 Sebagai Pintasan (Shortcut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *