cara membuat tabel di excel

2 Cara Mudah Membuat Tabel di Excel 2010 untuk Pemula

Fungsi tabel pada ms excel 2010 dimaksudkan untuk mengelompokkan dan menganalisis data agar mudah dipahami secara visual. Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar cara membuat tabel pada excel 2010 untuk pemula.

Meskipun hal ini sederhana namun sangat bermanfaat bagi setiap pengguna Excel karena memberikan struktur untuk kumpulan data yang substansial dari daftar yang kita miliki.

Beberapa pengguna berasumsi bahwa baris dan kolom di Excel sudah mewakili tabel data. Itu sama sekali tidak benar karena data hanya ada dalam daftar dan tabel aktual dapat dibuat dengan mudah menggunakan tab perintah Excel atau pintasan keyboard.

Selain itu, lembaran reguler tidak memiliki semua manfaat yang datang dengan meja. Hal terbaik tentang tabel Excel adalah Anda bisa memformat, mendesain, dan menggunakan filter kustom untuk membuatnya terlihat canggih dalam laporan.

Baca: Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel 2007.

Di sini mari kita pelajari bagaimana Anda bisa membuat, memformat, mendesain, dan menerapkan filter kustom dalam tabel Excel.

Cara #1 Membuat tabel di Excel Menggunakan Kombinasi Keyboard dan Mouse

1.Dari tombol Start PC Anda, buka rangkaian Microsoft Office dan luncurkan program Microsoft Excel 2010.

2.Buka lembar kerja yang Anda butuhkan untuk membuat tabel. Jika Anda bekerja dengan lembar kerja kosong, Anda harus terlebih dahulu membuat daftar data.

3.Pilih lokasi atau sel dengan cara Klik pada sel yang Anda inginkan untuk tabel Anda. Lakukan ini dengan mengklik, menahan, dan menyeret kursor.

Artikel terkait:   Tips Menjaga Kebersihan Teras Rumah dari Cipratan Air Hujan dan Paparan Sinar Matahari

4.Pada keyboard Anda, tekan tombol Ctrl + T. kotak dialog Buat Tabel akan ditampilkan. Pilih di mana data untuk tabel Anda berada.

  1. Klik OK, dan tabel Anda akan terbentuk di sel yang Anda pilih.

 

Cara #2 Membuat Tabel di Excel pada Tab Insert

1.Buka lembar kerja Excel yang baru, caranya seperti dijelaskan pada cara pertama poin 1.

2.Pilih data tabel Anda. Untuk melakukan ini, klik sel di sudut kiri atas daftar data. Pada keyboard Anda, tahan tombol shift dan klik sel kanan bawah daftar.

3.Dari pita menu utama, klik tab Insert. Ini akan membuka toolbar dengan grup yang berbeda.

4.Klik Tabel. Ini akan memunculkan jendela pop-up.

5.Centang kotak ‘My table has header‘ jika tabel Anda memilikinya.

6.Klik OK. Jika Anda selesai melakukannya, maka tabel Anda sudah selesai.

 

Cara Mengubah Desain atau Modifikasi Tabel

1.Klik pada tab Desain. Ini akan membuka toolbar untuk desain tabel Anda.

2.Pilih gaya desain. Klik panah turun bawah di bawah bagian ‘Table Styles’. Gulir opsi berbeda yang diberikan dan pilih desain yang Anda sukai.

3.Di bawah tab desain tabel, atur gaya tabel Anda. Buka ‘Opsi Gaya Tabel’ untuk melakukan hal ini. Periksa semua opsi yang diberikan di sini. Ini termasuk Header Row, Total Row, Banded Rows, First Column, Last Column, Banded Column.

4.Klik tab Beranda. Perubahan yang dilakukan pada tabel Anda akan tetap ada.

Saat Anda ingin menambahkan atau menyisipkan atau bahkan menghapus kolom dan baris dari tabel Anda, Anda bisa melakukannya menggunakan tab Beranda. Lalu masuk ke grup Sel, pilih tombol Insert atau Hapus bergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Untuk contoh latihan ini bisa Anda Download DISINI.

Artikel terkait:   Cara Memaksimalkan Fungsi Average & Averagea pada Microsoft Excel 2007 [Panduan Pemula]

 

Kesimpulan

Cara Membuat tabel di Excel dan bermain-main dengan gaya tabel yang berbeda memang sangat menarik. Dengan demikian, Anda dapat membuat tabel yang tampak profesional dari kumpulan data tertentu.

Dari langkah-langkah yang diberikan di atas, saya percaya ini tidak akan sulit untuk Anda lakukan dan praktekan sendiri dirumah. Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada latihan berikutnya.

2 thoughts on “2 Cara Mudah Membuat Tabel di Excel 2010 untuk Pemula”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *