Tips Cepat Menguasai MS Excel Dalam 15 Menit

Mahir dalam menguasai MS excel akan memudahkan pekerjaan kita, terutama bagi kalian yang sehari-hari bekerja dengan komputer/laptop atau buat kamu yang sering latihan di sekolah. Dan kami yakin, kalian sampai di artikel ini tentu bukan suatu kebetulan, bisa jadi karena memang sedang mencari sesuatu lalu ketik di google, dan tara….

Akhirnya kita bertemu disini dan kami ucapkan selamat datang kepada kalian, karena telah sampai pada tahap ini.

Oke, kali ini kami ga akan berlama-lema lagi, karena mungkin kalian juga pengennya cepet kelar jadi kita lansung aja ya…cekidot

itsss.. tunggu dulu kak, saya kan ga mau yang cepet cepet, ntar ga paham lho…?

Ga pa pa, tinggal baca ulang sekali lagi, nanti juga paham sendiri kok

Emang gitu ya kak?

Biasanya sih gitu, dan kalau kamu gak mau repot, tinggal bookmark aja link ini, caranya tekan CTRL + D di keyboard kamu, trus klik OK, gampang kan?

Iya kak, gampang banget. Oke kakak, makasih ya…

Kalau udah bookmark, nanti kamu tinggal baca ulang dan gak usah ke menu pencarian lagi, tinggal lihat bookmark.

Oke lanjut.

Sebenarnya tahapan apa sih yang bisa dilakukan agar mahir excel?

1.Latihan dan Praktek

Kuncinya sih sebenarnya banyak latihan, latihan dan latihan. Dengan berlatih kamu akan menyimpan banyak informasi dimemori kamu, dan tentu saja itu sangat berguna untuk bekal mu.

Latihan secara langsung dipercaya dapat tersimpan lebih lama di memory kita, dan menurut Penelitian NTL Institute di Bethel – Maine,  75% dari apa yang dipelajari dan belajar melakukannya, akan tersimpan dalam memori kita.

Dengan kata lain, ini sama dengan latihan dan praktek yang dilakukan terus menerus. [1]

Artikel terkait:   Cara Menghitung Masa Kerja di Excel 2010/2007 untuk Pemula

Untuk mendukung hal ini, setiap latihan sebaiknya tersimpan sendiri dengan nama file berbeda dari file latihan lainnya. Tujuannya adalah untuk dijadikan arsip yang nantinya dapat kita lihat dan pelajari kembali.

Jika kalian pertama kali mengunjungi blog ini, maka kalian akan melihat proses tulisan saya dari awal belajar ms excel. Waktu itu sekitar 6 tahun yang lalu (2015), saya berbagi rumus dasar dalam excel.

Selengkapnya bisa kalian cek di Kategori Belajar Excel.

 

2.Belajar dan Berbagi kepada Orang Lain

Bisa dibilang tahap ini dilakukan jika kita sudah tergolong memiliki kemampuan yang lumayan. Kemudian kita berbagi tips, informasi dan pengetahuan yang kita miliki dengan orang lain.

Jika kalian suka menulis, bisa berbagi tulisan melalui blog, seperti yang sedang kalian baca saat ini, ini merupakan sarana belajar yang efektif bagi saya.

Jika kalian lebih suka animasi, bisa berbagi melalui Instagram, dilengkapi dengan teks dan gambar seperti microblog. Termasuk didalamnya video singkat untuk melengkapi share kalian ke orang lain.

Buat yang lebih suka dengan berbicara, bisa melalui channel youtube. Tentu saja ini perlu keahlian khusus yaitu berbicara, video editing dan pengetahuan dasar tentang content creator.

Gimana dong kalau saya gak suka dengan ketiga yang kakak sampaikan ini?

Caranya mudah kok, kamu tinggal berbagi aja dengan teman sekelas, adik kelas atau siapapun yang nanya sama kamu.

Dengan kata lain, ketika ada orang yang nanya, jangan pelit pelit aja sama ilmu, toh semakin berbagi kita semakin mahir, percaya deh. Kita gak bakalan kehabisan ilmu.

Artikel terkait:   [User Wajib Tahu] Panduan Shortcut pada Microsoft Excel dan Fungsinya

Tapi gimana nanti kalau yang diajarin makin mahir sementara kita tertinggal?

Ya bagus dong, itu artinya kamu juga setingkat lebih maju. Nanti dia bakal ceritain ke orang lain bahwa dia belajar dari kamu, gitu.

 

3.Jadikan Sebagai Kebiasaan dan terus Upgrade Diri

Ini merupakan cara ketiga sekaligus cara pamungkas ya menurut saya.

Bisa karena biasa, mungkin ini pepatah yang cocok untuk menggambarkan hal ini. Semakin kita sering dan terbiasa melakukan secara rutin, mengotak atik excel bukan lagi momok bagi kita.

Jika kamu jarang melakukan pekerjaan dengan excel, bisa saja kamu lupa atau bahkan kikuk. Apalagi fitur dalam excel kan semakin lama semakin berkembang, belum lagi versi ms office juga mengalami perkembangan yang signifikan.

Contoh, waktu saya kuliah dulu tahun 2000an, masih menggunakan versi office excel 98, sedangkan sekarang sudah versi 2019 yang diupdate setiap bulan secara rutin.

Tampilan juga makin oke, kecepatan juga jangan ditanya lagi, proses dalam mengolah data juga tambah kenceng.

Istilahnya kita harus terus upgrade diri dan selalu terbuka dengan perubahan yang terjadi.

Jika kalian ikuti, ms Excel yang saya gunakan cukup beragam dalam menulis dan berbagi di blog ini, mulai dari versi 2003, 2007, 2010, 2013 hingga 2016.

Nah teman, saya rasa itu tadi tips yang bisa saya bagikan ke kalian dan jika kita ringkas pembahasan kita telah mencakup tips:

  1. Latihan dan Praktek
  2. Belajar dan Berbagi
  3. Jadikan kebiasaan dan Selalu Upgrade Diri

Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat dan seperti biasa terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *