Rumus hlookup excel terdapat dalam kelompok formula lookup & reference. Dalam artikel tutprial singkat ini, kita akan membahas tema cara menggunakan rumus hlookup di excel 2007. Sedikit info, rumus ini berfungsi untuk mengambil referensi data dari tabel data yang berada pada satu sheet atau sheet lain, dimana data yang diambil dengan format tabel horizontal.

Rumus hlookup jarang sekali saya gunakan ketika bekerja dengan excel, namun tentu saja kegunaannya tidak hanya itu.

Rumus hlookup hampir sama dengan rumus vlookup, bedanya terletak pada tabel. Jika pada vlookup tabel berbentuk vertikal, maka pada rumus hlookup tabel data berbentuk horizontal (menyamping).

Dalam beberapa kasus, tabel dengan bentuk horizontal sangat jarang saya temui. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan ada orang yang senang dengan hal unik dan beda dari yang lain (tidak biasa).

Contoh penulisan rumus hlookup:

=hlookup(lookup_value;Table_array;row_index_num;range_lookup)

Penjelasan rumus:

Lookup_value: nilai pada suatu baris pada tabel, biasanya berbentuk angka sebagai referensi untuk mengambil data pada tabel lain.

Table_array: tabel database, dimana kita akan mengambil sumber data, bisa berupa range nama atau referensi tabel.

Row_index_num: baris indek pada tabel array yang sesuai dengan data yang kita inginkan yang ditampilkan dengna penanda lookup_value.

Range_lookup: logika nilai yang terdapat 2 pilihan yaitu true dan false, dengan pencarian yang benar mirip.

Baiklah untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita mulai latihan cara menggunakan rumus hlookup di excel untuk mengambil data dari tabel lain, simak selengkapnya.

1.Siapkan data berupa tabel menyamping (horizontal) dan dalam latihan ini saya sudah siapkan 2 tabel daftar gaji pegawai. Tabel 1 merupakan tabel lembar kerja dan tabel 2 merupakan tabel data referensi.

2.selanjutnya, letakan kursor pada cell yang kita kehendaki, kemudian masukan rumus hlookup. Contoh penulisan rumus pada tabel yang saya gunakan: =HLOOKUP(M6;$K$31:$N$32;2;0) M6: lookup_value; $K$31:$N$32: table_array; 2: row_index_num; dan 0: range_lookup (berarti true). Untuk lebih jelas, perhatikan gambar dibawah.

3.Setelah memasukan rumus dan hasilnya muncul, copy-paste rumus pada kolom disebelah kanan atau pada kolom yang kita kehendaki.

Mengambil data pada sheet berbeda

Dalam latihan ini, kita mengambil data yang berada pada satu sheet, bagaimana jika datanya berada pada sheet lain? Tenang, untuk mengambil data pada sheet lain, yang berubah hanya Table_array saja, nih contohnya: =HLOOKUP(M12;Sheet9!$K$4:$N$5;2;0). Prosesnya hampir sama, bedanya hanya terdapat pada tabel referensi yang berada pada sheet lain.

Nah, demikianlah latihan hari ini tentang cara menggunakan rumus hlookup di excel, lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Jika masih ada yang kurang jelas atau yang mau ditanyakan, hubungi admin via komentar atau email: [email protected] atau WA: 08125610913.

Selamat mencoba!

2 thoughts on “Cara Menggunakan Rumus Hlookup di Excel 2007 untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *