Gimana sih Rumus Pengurangan Excel Otomatis [Panduan Pemula]

Apa rumus pengurangan excel otomatis? Bagaimana pula tahapan untuk melakukan perhitungan? Perlu kami sampaikan bahwa excel tidak memiliki fungsi khusus dan spesifik tentang pengurangan seperti if pada formula logika dan fungsi lainnya.

Jadi bagaimana caranya jika kita ingin melakukan pengurangan otomatis? Nah, pada kesempatan ini kami akan share sedikit tentang hal itu. Perhatikan hal ini dengan cermat ya!

Microsoft Excel (MS Excel) adalah aplikasi lembar bentang yang memiliki banyak fungsi. Namun, perangkat lunak tidak memiliki fungsi pengurangan spesifik, yang tampaknya jelas untuk dimasukkan.

Pada dasarnya, pengguna Excel memasukkan rumus secara manual di bilah fungsi untuk mengurangi angka. Ini adalah beberapa dari berbagai cara Anda bisa mengurangi nilai di lembar bentang Excel.

Baca juga: Rumus Countif Excel 2010.

Pengurangan dengan menyertakan Nilai dalam Rumus

Anda tidak perlu memasukkan nilai apa pun di sel spreadsheet untuk mengurangi angka. Sebagai gantinya, Anda bisa menyertakan nilai untuk dikurangi dalam rumus itu sendiri. Pertama, pilih sel untuk ditambahkan rumus.

Kemudian klik di bilah fungsi Excel dan masukkan ‘=’ diikuti dengan nilai yang perlu Anda kurangi. Misalnya, input ‘=25-5’ di bilah fungsi dan tekan Enter. Sel rumus akan mengembalikan nilai 20.

 

Pengurangan Referensi Sel Worksheet

Namun, sebagian besar pengguna Excel perlu mengurangi angka yang dimasukkan dalam kolom dan baris lembar bentang. Untuk mengurangi nilai sel, Anda harus menyertakan referensi baris dan kolomnya dalam rumus.

Misalnya, masukkan nilai ‘345’ dan ‘145’ di sel B3 dan B4 dalam lembar bentang Excel kosong seperti pada snapshot di bawah ini.

Pilih sel B5 dan klik di bilah fx untuk memasukkan rumus. Masukkan rumus ‘=B3-B4’ dan tekan tombol Return. B5 sekarang akan mengembalikan nilai 200 seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Artikel terkait:   Cara Mudah Menggunakan Rumus Sumif pada Excel 2007/2010

 

Pengurangan satu Angka Dari Setiap Nilai dalam rentang sel

Jika Anda perlu mengurangi satu nilai dari setiap angka dalam rentang sel, Anda bisa menyalin rumus ke sel lain. Misalnya, masukkan nilai ’25,’ ’35’ dan ’55’ di sel C3:C5. Pilih sel D3, masukkan rumus ‘=C3-5’ di bilah fungsi dan tekan tombol Return. D3 sekarang akan mengurangi 5 dari 25 di sel C3.

Salin rumus di D3 ke sel lain di bawahnya dengan memilih D3, mengklik sudut kanan bawah sel dan menyeretnya ke atas sel di bawah ini seperti yang diperlihatkan di bawah ini. Sekarang sel tepat di bawah D3 juga mengurangi 5 dari angka di C4 dan C5.

 

Pengurangan total rentang sel dari nilai tunggal

Bagaimana jika Anda perlu mengurangi total kolom untuk grup sel dari satu nilai? Salah satu cara untuk melakukan itu adalah dengan memasukkan fungsi SUM dalam sel yang menambahkan rentang bersama-sama, lalu mengurangi total itu dengan rumus terpisah. Namun, Anda juga bisa mengurangi total rentang sel dengan menyertakan SUM dalam rumus.

Misalnya, masukkan nilai ’45,’ ’55’ dan ’75’ di sel B7 hingga B9. Kemudian masukkan ‘200’ di sel B11. Pilih sel B12, klik di bilah fx dan masukkan ‘=B11-SUM(B7:B9)’ di bilah rumus. Sel B12 kemudian akan mengembalikan nilai 25 seperti yang diperlihatkan langsung di bawah ini. Itu secara efektif mengurangi total sel B7:B9 dari 200 di sel B11.

Pengurangan dua, atau lebih, nilai rentang sel total

Anda juga dapat mengurangi total rentang sel tanpa memasukkan fungsi SUM di spreadsheet terlebih dahulu. Sebagai gantinya, tambahkan referensi rentang sel ke rumus dan kurangi. Misalnya, masukkan angka ’25,’ ’15’ dan ’35’ di sel C7:C9. Sekarang Anda dapat mengurangi total rentang sel C7:C9 dari rentang B7:B9 yang dimasukkan sebelumnya.

Pilih C11 sebagai sel untuk menambahkan rumus, lalu masukkan ‘=SUM(B7:B9)-SUM(C7:C9)’ di bilah fungsi. Tekan Enter untuk menambahkan fungsi ke spreadsheet, yang akan mengembalikan nilai 100 di C11. Jadi itu mengurangi rentang sel C7: C9 dari total rentang sel B7:B9, yang dinyatakan 175 – 75.

Artikel terkait:   Cara Mudah Mengunci Rumus Excel 2007 untuk Pemula

Pengurangan Nilai Persentase Dari Angka

Untuk mengurangi nilai persentase, seperti 50%, dari angka, Anda harus memasukkan nilai dalam sel dengan format persentase. Lalu Anda bisa menambahkan rumus yang mengurangi persentase dari angka di sel lain.

Sebagai contoh, masukkan nilai ‘150’ di sel E3. Anda harus mengonversi sel F3 menjadi format persentase dengan mengklik kanan sel dan memilih Format Sel > Angka > Persentase > OK. Masukkan ’50’ di F3, yang kemudian akan dalam format persentase seperti yang ditunjukkan langsung di bawah ini.

Sekarang Anda bisa menambahkan rumus yang mengurangi 50% dari 150. Klik sel G3 dan masukkan rumus ‘=E3-(F3*E3)’ di bilah fungsi. Sel G3 akan mengembalikan nilai 75, yaitu 50% dari 150. Dengan demikian, rumus telah dikurangi 75 dari 150.

Baca juga: Fungsi Merge Cell dan Unmerge Cell di Excel 2010.

Pengurangan Nilai di Beberapa Lembar Kerja

Excel tidak membatasi Anda untuk mengurangi nilai dalam satu lembar kerja. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi nomor sel dalam satu lembar kerja dari yang lain. Misalnya, masukkan ’55’ di sel B14 di Sheet1 spreadsheet.

Lalu klik tab Sheet2 di bagian bawah jendela aplikasi untuk membuka spreadsheet kosong. Masukkan ‘5’ di sel B3 dari Sheet2. Jadi rumus ini akan mengurangi B3 di Sheet2 dari B14 di Sheet1.

Sekarang klik B4 di Sheet2 untuk menambahkan rumus ke sel tersebut. Masukkan rumus ‘=Sheet1! B14-Sheet2! B3’ di bilah fungsi Excel dan tekan Return. Sel B4 sekarang akan mengurangi 5 di B3 Sheet2 dari nilai B14 di Sheet1. Sel mengembalikan nilai, seperti yang mungkin Anda duga, 50.

Jadi itu adalah beberapa rumus pengurangan excel otomatis yang mengurangi nilai di lembar kerja Excel. Anda bisa menyalin rumus di atas ke lembar bentang Anda dengan tombol pintas Ctrl + Ctrl + V dan mengedit referensi sel mereka sesuai kebutuhan. Lihat panduan ini sekali lagi jika Anda perlu mengurangi tanggal di Excel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *