Apa Saja Peralatan yang Digunakan untuk Mengecek Tekanan Darah, Perhatikan Rekomendasi Sehatq.com

Tekanan darah adalah kekuatan yang diberikan oleh darah pada pembuluh darah pada saat bergerak ke seluruh tubuh. Komplikasi serius pada penderita hypertensi dapat berkembang jika tingkat tekanan darah secara konsisten terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah.

Untuk memantau tekanan darah pada pasien yang diduga memiliki tingkat abnormal, pengukuran tekanan darah secara teratur dilakukan. Seorang pasien yang perlu mengetahui tingkat tekanan darahnya harus memiliki akses ke peralatan yang tepat.

Memiliki peralatan yang dikalibrasi dan fungsional memastikan bahwa pasien akan dapat secara akurat mengukur tekanan darahnya dan memantau setiap perubahan.

Sebagai informasi Hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular yang serius pada saat ini. Hipertensi adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik muda maupun tua.

Hipertensi termasuk dalam jenis penyakit degeneratif, seiring dengan pertambahan usia akan terjadi peningkatan tekanan darah secara perlahan.

Hipertensi sering disebut sebagai ”silent killer” (pembunuh secara diam-diam), karena seringkali penderita hipertensi bertahun-tahun tanpa merasakan sesuatu gangguan atau gejala.

Kabar baiknya hari ini kita akan membahas apa saja peralatan yang diperlukan untuk memantau tekanan darah. Meskipun Anda bukan seorang tenaga medis namun bagi penderita hypertensi tentu memantau tekanan darah dengan peralatan yang benar seperti tensimeter digital merek Omron menjadi alternatif ketimbang harus pergi ke klinik kesehatan.

Nah, bagi yang serius untuk mengetahui hal ini tentu Anda perlu membaca artikel ini hingga akhir, jadi jangan kemana-mana ya.

1.Aneroid Sphygmomanometer

Aneroid Sphygmomanometer adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah, menurut American Heart Association. Aneroid Sphygmomanometer terdiri dari manset tiup yang dihubungkan oleh tabung karet berongga ke bola karet.

Artikel terkait:   Panduan Memilih Wiper Mobil yang Bagus dan Berkualitas

Manset ditempatkan di sekitar lengan atas pasien, sekitar 2 sentimeter di atas fossa hasta, atau sisi berlawanan dari siku.

Bola karet berulang kali diperas, yang menyebabkan manset mengembang. Pengukur yang terhubung ke manset mengukur tekanan di dalam manset.

Manset meningkat sampai memotong tekanan darah. Udara perlahan-lahan dilepaskan melalui katup sampai aliran darah restart.

Dua tingkat tekanan darah, sistolik dan diastolik, dapat diukur dengan menggunakan prosedur ini.

 

2.Stetoskop

Stetoskop adalah alat medis yang digunakan untuk mendengarkan suara samar di dalam tubuh. Stetoskop terdiri dari dua kuncup telinga yang dihubungkan oleh tabung karet ke saran mendengarkan.

Perangkat mendengarkan dibagi menjadi dua bagian terpisah: diafragma, yang digunakan untuk mendengarkan suara bernada tinggi, dan bel, yang digunakan untuk mendengarkan suara bernada rendah.

Lonceng stetoskop yang digunakan bersamaan dengan sphygmomanometer untuk mengukur tekanan darah, lapor National Kidney Foundation.

Bel ditempatkan tepat di bawah tepi bawah manset. Ketika tekanan yang meningkat di manset tiup menghalangi aliran darah, suara di dalam arteri utama berhenti. Ketika tekanan dari manset perlahan dilepaskan, suara, yang disebut suara Korsakoff, dapat didengar.

Ketika suara pertama kali terdengar, tekanan pada saat itu diukur dan dicatat. Hal yang sama dilakukan untuk tekanan ketika suara terlalu samar untuk didengar menggunakan stetoskop.

Pengukuran pertama adalah tekanan darah sistolik dan yang kedua adalah tekanan diastolik. Tekanan darah normal kurang dari 120 mmHg sistolik dan kurang dari 80 mmHg diastolik.

 

3.Alat Tensi Digital

Tekanan darah juga dapat diukur dengan menggunakan peralatan khusus yang disebut monitor digital. Monitor digital ini juga juga sering disebut tensimeter digital. Alat ini dapat digelembungkan secara manual atau diprogram untuk mengembang secara otomatis.

Artikel terkait:   Sering Belanja Online, Yuk Cek Berapa Sih Ongkir Ke Pontianak?

Setelah meningkat, perangkat mengukur tekanan yang diperlukan untuk menghentikan aliran darah dan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tingkat tekanan darah ditampilkan pada layar digital.

Seringkali, tensimeter digital ini juga mencatat denyut nadi pasien. Versi yang paling akurat digunakan pada lengan atas pasien. Tensimeter digital yang digunakan pada pergelangan tangan atau jari tidak dianjurkan karena ketidakakuratan.

Sebagai informasi tambahan, tensimeter digital kini bisa dibeli dengan mudah baik secara offline di apotik maupun secara online seperti di Toko SehatQ. Tentu saja memiliki peralatan dengan merek yang standart juga tak kalah penting ya teman-teman. Selain harga yang terjangkau akurasi juga lebih baik.

Jenis dan Harga yang ditawarkan juga bervariasi, harga mulai dari Rp700.000an dan barang yang dijual original.

Berikut deskripsi dan spesifikasinya:

Tensimeter digital lengan atas yang menjamin akurasi, dan kenyamanan penggunaan. Dilengkapi dengan Teknologi Intellisense yang memudahkan pengguna mengetahui hasil pengukuran dengan mudah.

Teknologi Intellisense, yaitu teknologi penginderaan bio-informasi untuk keakuratan, kenyamanan, dan kemudahan dalam penggunaan

Spesifikasi:

  • Panduan pembungkus manset.
  • Indikator tekanan darah tinggi.
  • Menyimpan 30 hasil pengukuran dalam memori.
  • Body Movement Detection. Alarm akan berbunyi jika tubuh bergerak saat pengukuran tekanan darah.
  • Indikator detak jantung tidak beraturan.
  • Baterai tahan lama (4 x AA batteries).

Buat kalian yang ingin beli secara online OMRON Tensimeter Automatic Blood Pressure Monitor HEM-7121 akan memperoleh harga terbaik hanya di Toko SehatQ, pasti asli!

Demikian beberapa hal terkait informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *