Internet Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Jenis dan Contoh Internet Marketing

Apa Itu Internet Marketing? Pengertian Internet Marketing adalah istilah yang mencakup semuanya untuk memasarkan produk dan layanan secara online.

Ini termasuk berbagai metode dan platform untuk berkomunikasi dengan pelanggan, seperti situs web, email, media sosial, dan iklan online.

Pelajari lebih lanjut tentang pemasaran internet, peran dan pentingnya dalam bisnis, dan bagaimana menggunakannya untuk keuntungan Anda.

“Internet marketing juga merupakan pemasaran yang dilakukan secara eksklusif di Internet. Profesional pemasaran menggunakan berbagai iklan online untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web atau halaman web tertentu. Litst email, iklan spanduk, PPC (bayar per klik), dan pemasaran media sosial adalah contoh metode yang digunakan dalam pemasaran Internet. Ini adalah bisnis yang berkembang pesat. ”

Internet marketing juga sering disebut sebagai pemasaran online. Internet marketing adalah proses mempromosikan merek atau bisnis dan produk atau layanannya kepada pelanggan melalui saluran digital seperti mesin pencari, email, situs web, dan media sosial.

Aktivitas ini digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas, prospek, dan penjualan untuk bisnis. Istilah ini mencakup semua dan mencakup berbagai jenis, strategi, dan taktik untuk terlibat dengan pelanggan.

Baca: Pengertian Digital Marketing.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet Marketing atau pemasaran melalui internet mengacu pada strategi yang digunakan untuk memasarkan produk dan layanan secara online dan melalui sarana digital lainnya. Aktivitas ini dapat mencakup berbagai platform online, alat, dan sistem pengiriman konten, seperti:

  1. Konten dan desain situs web
  2. Email Pemasaran
  3. Media sosial
  4. Blogging
  5. Video / Podcasting
  6. Iklan online
  7. Sponsor dan promosi berbayar

Meskipun tujuan pemasaran internet adalah untuk menjual barang dan jasa, atau beriklan melalui internet, itu bukan satu-satunya alasan bisnis akan melakukannya.

Sebuah perusahaan mungkin memasarkan secara online untuk mengkomunikasikan pesan tentang dirinya sendiri (membangun mereknya) atau untuk melakukan penelitian.

Pemasaran online juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mengidentifikasi pasar sasaran, menemukan keinginan dan kebutuhan segmen pemasaran, membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, atau membangun otoritas dan keahlian dalam suatu industri.

Nama alternatif: Pemasaran elektronik, pemasaran web, pemasaran digital

 

Bagaimana Cara Kerja Internet Marketing

Pemasaran Internet menggunakan aktivitas online pelanggan untuk menghubungkan mereka dengan bisnis dengan menjangkau mereka di berbagai tempat di internet.

Jenis pemasaran internet yang digunakan bisnis akan bergantung pada model bisnis, jenis produk, target pelanggan, anggaran, dan lainnya.

Berikut ini penjelasan cara kerja dari internet marketing dari berbagai contoh aktivitas:

Konten dan Desain Situs Web

Situs web bisnis memungkinkan pelanggan untuk:

  • Menemukan bisnis Anda secara online
  • Mmempelajari lokasi bisnis Anda atau informasi kontak
  • Menemukan produk atau layanan Anda
  • Mendaftar ke daftar email Anda
  • Meminta informasi lebih lanjut
  • Melakukan pembelian

Situs web sering kali menggunakan pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk memastikan bahwa kontennya akan mendapat peringkat tinggi di mesin telusur dan mudah ditemukan pelanggan.

Email Marketing

Anda dapat menggunakan email untuk mengirim surat langsung secara elektronik, daripada melalui kantor pos. Kumpulkan email pelanggan baik melalui pembelian atau pendaftaran situs web, lalu gunakan email untuk membagikan informasi penting, mendorong pembelian, dan membangun hubungan.

Email memungkinkan Anda menjangkau pelanggan secara individu dan pribadi. Sebuah studi ritel 2019 yang mengamati lebih dari satu miliar sesi belanja menemukan bahwa pemasaran email memiliki tingkat konversi 2,5%, dibandingkan dengan hanya 1,1% untuk media sosial. (Rasio percakapan tertinggi adalah rujukan langsung, sebesar 3,0%)

Baca juga: Pengertian Email Marketing.

Artikel terkait:   Apa itu Email Marketing, Apa Kelebihan dan Kekuranganya?

Media sosial

Sebagian besar konsumen menggunakan beberapa jenis media sosial, meskipun jenis yang akan Anda fokuskan akan bergantung pada perilaku pasar sasaran Anda.

Lebih dari 90% dari usia 18 hingga 29 tahun menggunakan media sosial, dan meskipun penggunaannya menurun seiring bertambahnya usia, media tersebut masih dapat digunakan untuk menjangkau konsumen di semua kelompok usia. Lebih dari 60% dari mereka yang berusia di atas 65 tahun menggunakan semacam media sosial, dan angka tersebut cenderung terus bertambah.

Konsumen yang lebih tua lebih cenderung menggunakan platform seperti Facebook, misalnya; milenial sering menggunakan Instagram; dan konsumen yang lebih muda lebih tertarik pada platform video, seperti TikTok atau YouTube.

Cari tahu di mana pelanggan ideal Anda menghabiskan waktu mereka dan fokuskan upaya Anda di sana.

Blogging

Blogging memungkinkan Anda untuk meningkatkan SEO situs web Anda dengan menambahkan artikel dan posting di sekitar kata kunci tertentu yang ditargetkan. Ini meningkatkan kemungkinan pelanggan menemukan dan mengunjungi situs web Anda sebagai hasil dari penelusuran online.

Anda juga dapat menulis untuk blog, majalah, atau situs web orang lain. Ini dapat meningkatkan audiens Anda dan menempatkan bisnis Anda di hadapan lebih banyak calon pelanggan.

Video dan Podcasting

Beberapa pembuat konten yang membuat video atau podcast menggunakannya sebagai bisnis tunggal mereka. Di lain waktu, bisnis menggunakan platform ini untuk membangun keahlian, terhubung dengan orang lain di industri, dan membuat saluran bagi pelanggan baru untuk menemukan dan mengembangkan minat pada produk atau layanan mereka.

Podcast khususnya semakin populer. Lebih dari 100 juta orang Amerika mendengarkan podcast setiap bulan.

Iklan Online

Iklan bayar per klik yang ditempatkan di mesin telusur menargetkan istilah penelusuran tertentu yang mungkin digunakan oleh calon pelanggan. Iklan bertarget di media sosial yang dirancang untuk menjangkau segmen tertentu dari pengguna platform yang mungkin tertarik dengan produk, layanan, dan promosi bisnis Anda.

Anda juga dapat menempatkan iklan sidebar di situs web orang lain atau di pemasaran email mereka. Iklan online paling efektif bila “kongruen”, atau relevan dengan tempat kemunculannya atau apa yang dicari oleh target audiens.

Personalisasi juga dapat meningkatkan tingkat respons terhadap iklan online, terutama pada tahap awal proses pengambilan keputusan konsumen. Namun, personalisasi paling efektif bila iklan muncul di lokasi yang sesuai.

Sponsor dan Promosi Berbayar

Anda dapat memanfaatkan audiens yang dibangun orang lain dengan sponsor atau promosi berbayar. Kampanye pemasaran ini memungkinkan Anda membayar seseorang yang audiensnya cocok dengan target pasar Anda untuk mendiskusikan, menggunakan, mempromosikan, atau membagikan produk dan layanan Anda dengan pengikut mereka.

Ini dapat meningkatkan kesadaran merek dan mendorong penjualan, terutama jika Anda memasangkan kampanye dengan kode promosi atau penawaran khusus yang ditargetkan.

 

JENIS INTERNET MARKETING

Ada banyak sekali jenis pemasaran internet yang mencakup berbagai taktik dan strategi, dan jenis yang tercantum di bawah ini tidak lengkap. Jenis pemasaran ini saling melengkapi dan paling efektif bila digunakan bersama.

OPTIMASI MESIN PENCARIAN (SEO)

SEO adalah proses menyesuaikan situs web dan konten digital untuk meningkatkan penempatan organik atau “alami” di peringkat penelusuran. Semakin tinggi peringkat halaman web, semakin besar kemungkinan untuk dilihat oleh calon pelanggan.

Mesin telusur (khususnya Google) menggunakan bot perayap (terkadang disebut spider) untuk merayapi internet dan membuat indeks konten yang tersedia secara online. Saat pengguna mencari kata kunci, mesin pencari akan memberikan informasi yang paling relevan.

Ada dua jenis SEO: on-page dan off-page. SEO pada halaman adalah manipulasi yang dilakukan langsung ke halaman web untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Ini melibatkan pengoptimalan kode HTML, kualitas konten, dan struktur konten.

SEO Off-page adalah praktik SEO yang terjadi di luar situs web itu sendiri, seperti tautan balik, relevansi tautan, dan sinyal sosial.

PEMASARAN MELALUI KONTEN

Pemasaran konten adalah pembuatan dan distribusi konten online yang relevan dengan cara yang dirancang secara strategis untuk menarik dan mengubah konsumen. Ini berfokus pada komunikasi dengan pelanggan daripada menjual dan biasanya diterima dengan lebih baik. Bentuk pemasaran konten meliputi posting blog, infografis, ebook, podcast, studi kasus, dan webinar.

Artikel terkait:   Inilah 7 Hal Personal Branding di Facebook untuk Tingkatkan Bisnis Termasuk Memasarkan Kendaraan

PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Pemasaran media sosial adalah penggunaan platform media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mempromosikan merek.

Meskipun tidak selalu mendorong penjualan, pemasaran media sosial meningkatkan keterlibatan, membangun tautan, dan memperluas kesadaran merek. Platform media sosial populer yang digunakan untuk pemasaran termasuk Facebook, Instagram, dan Twitter.

PEMASARAN MELALUI INFLUENCER

Salah satu jenis pemasaran internet yang lebih baru, pemasaran influencer menggunakan influencer, atau seseorang dengan banyak pengikut sosial, untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dengan harga tertentu.

Ini bisa sangat efektif jika influencer sejalan dengan nilai-nilai perusahaan dan beresonansi dengan pelanggan perusahaan.

EMAIL MARKETING

Pemasaran email adalah proses menggunakan email untuk mengirim pesan pemasaran langsung ke konsumen dalam upaya untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada.

Ini adalah salah satu jenis pemasaran yang paling hemat biaya dan dapat digunakan untuk menjangkau jaringan pelanggan yang luas atau jaringan yang sangat khusus.

PEMASARAN MELALUI AFILIASI MARKETING

Pemasaran afiliasi menjelaskan rencana bagi hasil apa pun jika program pemasaran otomatis online memungkinkan blogger dan pemilik situs web menempatkan iklan spanduk pengiklan, tombol, atau media periklanan lainnya di situs web mereka sendiri.

Bisa juga dalam bentuk promosi produk melalui blog atau video. Pembayaran diterima untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan.

IKLAN BERBAYAR

Iklan berbayar adalah ketika pengiklan membayar untuk menampilkan iklan mereka di mesin pencari dan platform online lainnya. Ini sering disebut sebagai Pay Per Click (PPC), artinya pengiklan akan membayar biaya setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan mereka.

Namun, pengiklan sekarang dikenakan biaya dengan berbagai cara bergantung pada tujuan pemasaran mereka. Cara lain pengisian termasuk biaya per seribu tayangan, biaya per tampilan, dan biaya per tindakan.

 

STRATEGI PEMASARAN INTERNET

Strategi pemasaran internet yang kuat dapat menarik pelanggan baru dan menciptakan konsumen yang loyal terhadap merek Anda.

Strateginya termasuk berinvestasi dalam membuat situs web yang ramah pengguna, mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari untuk meningkatkan lalu lintas, membuat kampanye media sosial yang membangun keterlibatan pelanggan, dan menulis siaran pers untuk meningkatkan liputan online.

 

Apakah Saya Membutuhkan Internet Marketing untuk Bisnis Saya?

Internet marketing atau Pemasaran Internet semakin menjadi wajib untuk bisnis dari semua jenis. Pelanggan menghabiskan banyak waktu online setiap hari, termasuk memeriksa email, menjelajahi media sosial, menggunakan mesin pencari, dan mengunjungi situs web.

Konsumen menggunakan berbagai metode online untuk menemukan, meneliti, dan akhirnya membuat keputusan pembelian. Lebih dari 40% konsumen melaporkan bahwa mereka pertama kali beralih ke penelusuran Google saat mencari produk atau layanan, dan 26% konsumen mengatakan bahwa mereka berbelanja online setiap minggu.

Namun, lalu lintas dari halaman media sosial dan iklan menyumbang sekitar 8% dari konsumen yang menemukan situs web ritel.1 Anda dapat memanfaatkan semua saluran ini dengan membuat platform pemasaran internet yang luas untuk membantu calon klien dan pelanggan menemukan bisnis Anda.

Ini benar meskipun bisnis Anda kecil dan lokal. Dari 2015 hingga 2017, Google melihat penelusuran seluler “di dekat saya” dengan beberapa variasi “untuk membeli” atau “dapatkah saya membeli” tumbuh sebesar 500% — angka yang kemungkinan besar akan terus meningkat.5

Apa pun jenis bisnis yang Anda miliki atau di mana Anda berada, berinvestasi dalam pemasaran internet dapat membantu Anda membangun bisnis, terhubung dengan pelanggan, dan melakukan penjualan.

Oke, demikian pembahasan kita kali ini mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *