manfaat digital marketing

Apa Itu Digital Marketing dan Apa Saja Jenis Saluran yang Digunakan Untuk Mendukung Kelansungan Bisnis Anda

Apa itu digital marketing dan bagaimana memahaminya? Nah, seru banget pertanyaannya… Digital marketing sejak tahun 2016 hingga awal 2021 makin marak digunakan untuk mendukung dan mengembangkan bisnis.

Bahkan tak jarang kita mendengar digital marketing membantu bisnis konvensional untuk go-online dan booom…akhirnya booming. Tetapi apakah sesungguhnya yang dilakukan dalam dunia digital marketing?

Yukk kita cari tahu (bukan tahu goreng ya)…

Digital Marketing atau Pemasaran digital adalah istilah yang mencakup semua yang terdiri dari saluran digital, seperti konten marketing, SEO, email marketing, pemasaran media sosial, pemasaran seluler, dan sebagainya, untuk membuat strategi yang baik agar menjangkau dan terhubung dengan prospek dan pelanggan.

Rata-rata pengguna mengakses konten melalui televisi, komputer, tablet, smartphone, radio, dan media tradisional lainnya. Keterpaparan terus-menerus ke berbagai jenis media ini telah menyebabkan informasi yang berlebihan, yang semakin mempersulit perjalanan pembeli.

Digital marketing telah memungkinkan merek untuk tetap relevan dengan membuat diri mereka terlihat melalui berbagai saluran dan titik kontak.

Terlepas dari saluran pemasaran tradisional, seperti televisi, surat kabar, papan reklame, dan sebagainya, pemasar menggunakan saluran digital ini untuk memandu prospek melalui perjalanan pembelian mereka dan tetap berhubungan dengan pelanggan mereka yang sudah ada.

Baca juga: 10 Manfaat Digital marketing untuk Mengembangkan Bisnis.

Jenis Saluran Digital Marketing

Sebelum kita mempelajari aspek lain dari pemasaran digital (digital marketing), mari kita lihat dengan cepat sebelas jenis saluran digital marketing teratas:

1.Situs web

Situs web sering kali menjadi rumah bagi upaya digital marketing Anda. Merek dan organisasi menggunakan situs web untuk menghosting konten sambil menggunakan media lain untuk mendistribusikannya.

Sebagian besar aktivitas digital marketing Anda akan ditautkan kembali ke situs web Anda, tempat tindakan diharapkan terjadi, dan konversi dilacak. Misalnya, mengunduh file, memesan produk atau layanan, dan sebagainya.

2.Pemasaran Konten

Pembuatan konten adalah tulang punggung seluruh strategi pemasaran digital Anda. Terlepas dari apakah Anda memiliki strategi pemasaran konten yang terdokumentasi atau tidak, Anda membuat konten untuk menginformasikan, menghibur, menginspirasi, atau membujuk pembeli melalui saluran lain.

Beberapa format konten yang paling umum termasuk teks (posting blog), video, gambar, infografis, podcast, slide deck, dan ebooks.

3.Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

SEO bertindak sebagai jetpack untuk upaya pemasaran konten Anda. SEO terdiri dari aktivitas di halaman dan di luar halaman untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di halaman hasil mesin telusur (SERP) untuk kata kunci pilihan Anda.

Sebelumnya, SEO pada dasarnya berbasis teks, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, penelusuran suara juga semakin terkenal, itulah sebabnya aktivitas SEO Anda harus memiliki pendekatan percakapan.

4.Iklan Digital

Iklan digital adalah istilah umum untuk berbagai strategi periklanan online. Strategi penetapan harga / penawaran umum untuk iklan digital adalah biaya per klik (BPK) dan biaya per seribu (CPM), yaitu per seribu tayangan.

Format umum periklanan digital adalah pemasaran mesin pencari (SEM), periklanan tampilan, periklanan asli, periklanan media sosial, dan periklanan terprogram.

5.Emai Marketing

Pemasaran email (email marketing) adalah proses memelihara basis data kontak dingin dan hangat dan mengirimi mereka peringatan email tentang merek, produk, dan layanan Anda.

Ini adalah saluran yang efektif untuk berkomunikasi dengan pemirsa Anda secara berkelanjutan.

Pemasaran malalui email berguna untuk membangun basis pelanggan Anda, menyambungkan pelanggan baru, mempertahankan yang sudah ada, mempromosikan diskon dan penawaran, dan mendistribusikan konten.

6.Pemasaran lewat Media Sosial

Pemasaran media sosial memastikan Anda hadir di platform yang paling sering digunakan pengguna Anda. Ini termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Snapchat, dan Instagram, tempat Anda dapat mendistribusikan konten melalui saluran organik dan berbayar.

Media sosial juga memainkan peran penting dalam menyebarkan pemasaran video dan gelombang konten singkat. Ini memungkinkan komunikasi dua arah dan penggemar serta pengikut Anda dapat berinteraksi dengan Anda di konten Anda melalui suka, komentar, pesan langsung, atau dengan memposting di halaman resmi Anda.

7.Pemasaran Afiliasi (Affilliate Marketing)

Konsep pemasaran afiliasi mirip dengan penjualan berbasis komisi. Organisasi memberikan tautan khusus ke afiliasinya. Afiliasi mendapatkan potongan / komisi tertentu setiap kali seseorang membeli melalui tautan khusus mereka.

Artikel terkait:   Apa itu Email Marketing, Apa Kelebihan dan Kekuranganya?

Pengaruh pemasaran dapat dianggap sebagai spin-off pemasaran afiliasi modern dan berkembang.

8.Pemasaran Seluler

Jumlah pengguna ponsel cerdas di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh hingga 3,5 miliar pada tahun 2020. Untuk memanfaatkan peluang ini, merek terhubung dengan pengguna di ponsel cerdas mereka melalui aplikasi seluler, email, situs web yang ramah seluler, dan media sosial. Dengan terhubung dengan pengguna saat dalam perjalanan, merek dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka dan mengirim pesan tepat waktu.

9.PR Online

Hubungan Masyarakat Online adalah jenis media yang diperoleh. Ini adalah saat anggota pers (jurnalis atau publikasi online) menyebutkan merek Anda melalui cerita, wawancara, dan sebagainya.

Ulasan produk oleh pelanggan dan blogger dan Influencer yang menyebutkan merek atau produk Anda baik berbayar atau organik juga berkontribusi pada PR online Anda.

10.Percakapan AI

Munculnya teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (Machine Learning) telah membuka jalan bagi strategi pemasaran yang lebih berkembang seperti AI percakapan.

Saat adopsi pencarian suara, chatbots, dan asisten digital menjadi lazim, AI percakapan menjadi penting untuk pemasaran digital.

11.Analisis Web

Analisis web adalah praktik mengumpulkan, mengukur, menganalisis, dan melaporkan data. Ini biasanya dilacak melalui Google Analytics, tetapi situs web juga dapat membuat alat analisisnya.

Data yang dikumpulkan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif. Analisis web membantu pemasar memahami sumber lalu lintas, apa yang berhasil dan apa yang tidak, laba atas investasi (ROI), dan bagaimana mereka dapat meningkatkan upaya pemasaran digital mereka.

5 Praktik Terbaik untuk Digital Marketing di 2020 dan Masih Relevan di Tahun 2021

Berikut lima praktik terbaik untuk membantu Anda menang dalam pemasaran digital pada tahun 2020:

1.Gunakan Selalu Multisaluran

Organisasi yang berhasil telah mengadopsi pendekatan pemasaran omnichannel untuk memandu prospek mereka melalui corong.

Pemasaran multisaluran adalah bentuk pengembangan pemasaran multisaluran yang membantu Anda memberikan pengalaman belanja holistik kepada pembeli. Ini tentang menyampaikan pesan yang tepat pada waktu yang tepat di saluran pemasaran yang tepat.

Menjadi omnichannel berarti memberikan pengalaman yang konsisten di sepanjang perjalanan pembeli. Ini berarti strategi Anda harus berkisar pada pelanggan daripada saluran tertentu.

Untuk membangun strategi omnichannel, buat suara merek yang konsisten di berbagai saluran. Strategi pemasaran omnichannel yang kohesif harus mempertimbangkan semua saluran pemasaran digital dan memetakan utilitasnya di setiap tahap perjalanan pembeli dan mengerjakan pesan yang sesuai.

Contoh: Starbucks dikenal memanfaatkan media digital untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (CX). Dalam contoh khusus ini, aplikasi Starbucks memungkinkan pengguna menemukan toko, memesan melalui aplikasi, membayar menggunakan telepon, melacak Bintang, dan Hadiah.

Pengguna juga mendapatkan poin reward untuk pemesanan melalui telepon dan dengan kolaborasi mereka dengan Spotify, pengguna juga dapat mengidentifikasi lagu yang diputar di toko mereka.

 

2.Memanfaatkan AI dalam Pemasaran Digital

AI dan ML memungkinkan pemasar menjangkau audiens target mereka dengan presisi yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan menggunakan aplikasi yang didukung AI dan ML, Anda dapat terhubung dengan pembeli melalui cara berikut:

AI Percakapan: AI percakapan seperti asisten digital dan chatbot telah ada di mana-mana untuk berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan.

Mereka mampu mengirimkan konten, mengumpulkan persyaratan pelanggan, memberikan dukungan pelanggan, membantu pelanggan membeli barang atau membuat reservasi, dan terus memperbarui pesanan mereka.

Misalnya, Wall Street Journal telah membuat chatbot Facebook Messenger untuk mengirimkan konten langsung ke kotak masuk pelanggan.

Personalisasi: Keberhasilan pemasaran omnichannel bergantung pada seberapa baik Anda mempersonalisasi CX, dan AI dapat membantu Anda melakukannya. Alat berbasis AI mampu memahami dan memprediksi perilaku pengguna.

Ini selanjutnya dapat membantu Anda memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dengan membuat segmen pengguna yang memiliki karakteristik serupa.

 

3.Jangan Abaikan Email

Pemasaran email atau biasa disebut email marketing masih merupakan saluran pemasaran digital yang kuat. Jika Anda memiliki basis pelanggan yang cukup besar, Anda dapat mengkomunikasikan pesan ke pelanggan Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun!

Anda dapat menggunakan pemasaran email untuk mengirim kampanye tetes, menyambungkan pengguna / pelanggan / pelanggan baru, mempromosikan konten baru, menawarkan diskon dan penawaran eksklusif, meminta umpan balik melalui survei, dan sebagainya.

Untuk inisiatif pemasaran email yang sukses pada tahun 2020, gunakan konten yang dibuat pengguna dan interaktif untuk menghasilkan keterlibatan, menjaga email Anda tetap ramah seluler, dan membangun komunitas email eksklusif yang dapat bertindak sebagai komunitas Anda.

Artikel terkait:   Inilah 7 Hal Personal Branding di Facebook untuk Tingkatkan Bisnis Termasuk Memasarkan Kendaraan

 

4.Tekankan pada Pemasaran Video

Menurut survei State of Video Marketing 2020 oleh Wyzowl, 85% bisnis menggunakan video sebagai alat pemasaran. Orang-orang lebih menyukai video karena memudahkan pemahaman informasi, dan merupakan media yang efektif untuk bercerita.

Gunakan video dalam inisiatif pemasaran konten Anda untuk meningkatkan keterlibatan dan memperluas jangkauan Anda. Cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan membuat video dalam berbagai format.

Misalnya, sebagian besar platform media sosial memungkinkan Anda memasang konten video singkat / berumur pendek. Jadi, saat Anda membuat konten video standar, bereksperimenlah dengan video singkat, vertikal, dan langsung untuk melihat apa yang menghasilkan keterlibatan dan melipatgandakannya.

 

5.Ciptakan Pengalaman Konten yang Kohesif

Selain menjalankan kampanye iklan digital yang sedang berlangsung dan aktivitas lainnya, menciptakan pengalaman konten yang kohesif dapat membantu Anda melihat merek Anda.

Menciptakan pengalaman konten yang kohesif berarti mendiversifikasi upaya pemasaran konten Anda. Buat konten dalam format sebanyak yang Anda bisa. Mencoba-coba teks, podcast, infografis, video, konten yang terjaga keamanannya, dan sebagainya.

Setiap bagian konten yang Anda buat harus mendukung satu sama lain, dan di sanalah tujuan konten kembali masuk ke dalam gambar.

Anda dapat meningkatkan strategi konten dengan mendukungnya dengan strategi distribusi yang cerdas. Jika Anda telah menulis entri blog 2000 kata, ubah menjadi infografis, buat episode podcast, dan rekam video papan tulis. Saat Anda melakukan ini, Anda mendiversifikasi kehadiran Anda di berbagai platform dan membuat konten sesuai dengan kenyamanan pengguna.

Contoh: Leadpages telah menciptakan strategi pengalaman konten yang kohesif yang mencakup berbagai format konten.

3 Manfaat Pemasaran Digital untuk Bisnis

Digital marketing menggabungkan yang terbaik dari pemasaran masuk dan keluar, yaitu, strategi dorong dan tarik. Berikut adalah tiga manfaat utama menggunakan pemasaran digital untuk pertumbuhan bisnis:

1.Pengukuran

Saat Anda meluncurkan kampanye pemasaran dengan cara tradisional, tidak mungkin untuk mengukur dampaknya kecuali Anda memberikan semacam kode kupon, yang akan tercermin dalam angka penjualan.

Di sisi lain, pilih jalur pemasaran digital apa pun, dan Anda akan mendapatkan kemampuan analisis yang canggih.

Anda dapat mengukur dampaknya melalui tayangan, klik, lalu lintas, dan penjualan. Bergantung pada model atribusi yang Anda terapkan, Anda juga dapat memahami bagaimana setiap poin kontak berkontribusi pada penjualan.

Pengukuran ini memungkinkan pemasar untuk memahami apa yang berhasil dan memperbaiki apa yang tidak berhasil.

2.Penargetan Canggih

Media tradisional mengikuti pendekatan pemboman karpet, di mana setiap orang mendapat pesan yang sama. Jalur pemasaran modern memungkinkan Anda mengubah pesan tergantung pada persona audiens.

Saluran pemasaran digital memungkinkan Anda menargetkan pembeli ideal dengan tepat. Pemasaran digital juga memungkinkan pembeli ideal Anda menemukan Anda. Melalui pemasaran konten dan upaya SEO, prospek akan memasukkan kueri di mesin pencari untuk menemukan Anda.

Dengan iklan digital, Anda dapat menargetkan pengguna berdasarkan jenis kelamin, kelompok usia, minat, pendidikan, lokasi, psikografis, dll.

Anda dapat membidik sebanyak yang Anda inginkan, atau Anda dapat membuatnya beragam dan menargetkan kelompok yang lebih besar tergantung pada Anda. tujuan.

3.Persempit saat Dalam Perjalanan

Tidak ada ruang untuk koreksi kursus dalam hal pemasaran tradisional. Setelah iklan Anda dicetak di surat kabar, iklan itu keluar. Dengan pemasaran digital, Anda dapat menyesuaikan berbagai hal dengan cepat.

Jika Anda tidak melihat teks iklan tertentu tidak memberikan hasil, Anda dapat menyesuaikannya atau Anda dapat mengalokasikan kembali anggaran sesuai dengan apa yang terjadi pada saat itu. Fleksibilitas ini memastikan bahwa upaya pemasaran digital Anda selalu dikelola secara efisien.

 

Kesimpulan

Digital marketing adalah disiplin ilmu yang luas. Anda perlu mengintegrasikan pemasaran digital ke dalam strategi Anda sepotong demi sepotong. Jika Anda kekurangan anggaran iklan, Anda dapat memulai dengan konten organik, SEO, dan media sosial.

Atau jika Anda mencari hasil yang cepat dan ingin menghabiskan banyak uang, iklan digital adalah saluran pilihan Anda.

Jika Anda sudah menerapkan pemasaran digital, temukan bagaimana Anda dapat meningkatkan strategi Anda saat ini. Itu semua tergantung pada kebutuhan Anda, kumpulan sumber daya Anda, dan anggaran.

One thought on “Apa Itu Digital Marketing dan Apa Saja Jenis Saluran yang Digunakan Untuk Mendukung Kelansungan Bisnis Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *