pengertian email marketing

Apa itu Email Marketing, Apa Kelebihan dan Kekuranganya?

Apa itu email marketing? Definisi Email Marketing adalah jenis pemasaran internet yang terjadi ketika perusahaan mengirimkan pesan atau materi promosi kepada sekelompok orang melalui email.

Biasanya, pesan-pesan ini berisi iklan, pesan komersial, permintaan penjualan atau donasi, atau panggilan untuk bisnis.

Email marketing adalah tindakan mengirim pesan komersial, yang umumnya kepada sekelompok orang, menggunakan email. (Wikipedia)

Segala jenis email dengan konten tersebut dapat dianggap Email Marketing dan tujuan mereka adalah untuk mendapatkan pelanggan baru, membangun atau meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan mereka saat ini, dan untuk pelanggan mempertimbangkan bisnis yang berulang dengan mereka untuk mengembangkan kepercayaan, loyalitas, atau untuk memberi mereka kesadaran tentang merek mereka.

Agar Email Marketing berfungsi, bagian marketing harus mengetahui kemampuan pengiriman email. Deliverability didefinisikan sebagai cara si bagian email marketing mengukur keberhasilan kampanye email mereka yang menjangkau kotak masuk pelanggan.

Ini tidak hanya membedakan apakah email tersebut adalah email yang sudah ada, tetapi juga jika penyedia layanan internet dari pemilik email membatasi pendapatan dari volume pesan yang tinggi, jika email tersebut mengirim beberapa pesan dengan konten yang sama ke spam, dan masalah serupa.

Baca juga: Definisi Digital Marketing.

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur pengiriman email adalah Aplikasi getresponse.

Jenis Kampanye Email

Pemilik bisnis atau si bagian marketing melakukan kampanye email mereka dengan menggunakan berbagai jenis email, berikut penjelasannya:

Yang pertama adalah email transaksional. Email ini masuk ke kotak masuk pelanggan setelah mereka menyelesaikan bisnis dengan pedagang.

Email ini adalah yang memandu pelanggan melalui pembelian produk atau layanan, atau untuk menyelesaikan atau mengonfirmasi transaksi yang mereka lakukan dengan pengirim.

Contoh dari pesan transaksional ini adalah pesanan pembelian atau konfirmasi pengembalian, status pesanan, dan tanda terima elektronik atau email.

Artikel terkait:   Apa Itu Digital Marketing dan Apa Saja Jenis Saluran yang Digunakan Untuk Mendukung Kelansungan Bisnis Anda

Yang kedua adalah email langsung. Tujuan dari email ini semata-mata untuk menyajikan materi promosi seperti pengumuman, penawaran khusus, diskon, atau mungkin sekilas tentang katalog produk yang tersedia secara online.

Yang ketiga adalah email ‘Selamat Datang!’. Email ini adalah yang diterima pelanggan saat mereka mendaftar ke milis. Hal inilah yang mengawali terbentuknya kepercayaan dengan pelanggan, peningkatan merek, dan untuk menunjukkan kredibilitas suatu perusahaan.

Yang terakhir adalah email buletin. Tujuan dari email ini adalah untuk memberi pelanggan inti produk yang dimiliki perusahaan secara teratur. Namun, pemasar harus mengetahui apa tujuan buletin, seperti peningkatan berbagi di media sosial, memperkuat citra merek, atau mungkin memelihara hubungan perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada.

Ada keuntungan dan kerugian menggunakan Email Marketing dibandingkan dengan surat iklan tradisional.

 

Kelebihan Email Marketing

Email Marketing populer di kalangan perusahaan karena alasan berikut:

  • Pengembalian investasi yang tepat dapat dilacak. Ini telah terbukti tinggi bila dilakukan dengan benar. Email Marketing sering kali dilaporkan sebagai yang kedua setelah pemasaran penelusuran sebagai taktik pemasaran yang paling efektif.
  • Dibandingkan dengan surat biasa, Email Marketing lebih murah dan lebih cepat daripada surat biasa. Surat tradisional membutuhkan waktu untuk menghasilkan karya seni, pencetakan, pengalamatan, dan pengiriman.
  • Email menyediakan metode hemat biaya untuk menguji berbagai konten pemasaran. Ini termasuk materi iklan visual, salinan pemasaran, dan aset multimedia. Data yang dikumpulkan dengan pengujian di saluran email kemudian dapat digunakan di semua saluran kampanye pemasaran cetak dan digital.
  • Pengiklan dapat menjangkau sejumlah besar pelanggan email yang memilih untuk menerima komunikasi email tentang topik yang mereka minati.
  • Jika dibandingkan dengan email standar, Email Marketing langsung menghasilkan tingkat respons yang lebih tinggi dan nilai pesanan rata-rata yang lebih tinggi untuk bisnis e-niaga.

 

Kekurangan Email Marketing

  • Surat tersebut dapat diklasifikasikan sebagai spam. Kotak masuk orang-orang dibanjiri email, baik yang diminta maupun yang tidak diminta. Banyak server memiliki filter untuk mengurangi jumlah email yang tidak diinginkan. Orang-orang juga dapat menyesuaikan filter email lebih lanjut dengan selera mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan email masuk ke folder spam dan tidak pernah dilihat.
  • Email Marketing membutuhkan penyesuaian terus-menerus untuk menjaga pelanggan tetap terlibat. Pemasar harus bekerja untuk mempertahankan tingkat keterlibatan agar pembaca tidak berhenti berlangganan. Hal lain yang harus dikerjakan adalah dengan hati-hati menyusun Email Marketing agar terlihat persis seperti yang dibayangkan oleh pemasar.
Artikel terkait:   Apa Itu Digital Marketing dan Apa Saja Jenis Saluran yang Digunakan Untuk Mendukung Kelansungan Bisnis Anda

Bisnis menggunakan Email Marketing sebagai alat periklanan yang terjangkau dan hasilnya efektif. Terlepas dari kekurangannya, ini memungkinkan pemasar menjangkau jutaan pelanggan hanya dalam satu klik. Ketika digunakan dengan benar, itu pasti akan menghasilkan lebih banyak uang bagi pemasar.

Pada dasarnya, pembahasan ini hanya berbicara tentang bagaimana Email Marketing secara langsung memengaruhi SEO Anda. Salah satu poin penting dari email marketing adalah bahwa pelanggan email dianggap “terkonversi” saat mereka berlangganan ke situs web Anda. Mereka juga lebih cenderung membagikan konten Anda yang diterjemahkan menjadi sinyal sosial yang positif.

Mengapa itu bagus?

Pelanggan Anda menerima posting Anda setiap saat sehingga mereka selalu mendapat informasi. Mereka mendapatkan informasi yang mereka inginkan sementara Anda mendapatkan izin mereka untuk memasarkan lebih banyak konten Anda kepada mereka. Itu selalu merupakan skenario win-win dalam SEO.

Memulai dengan Email Marketing Anda sendiri itu mudah – yang harus Anda lakukan hanyalah mendaftar ke Get Response, MailChimp atau Benchmark karena mereka menawarkan akun freemium; itu bagus untuk orang yang baru memulai.

Semua ini dan lebih banyak lagi dibahas dalam artikel ini jadi Anda bisa cek selengkapnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *