bunga majemuk di excel

Cara Mudah Menghitung Bunga Majemuk di Excel

Bunga majemuk adalah di mana bunga ditambahkan pada pinjaman atau deposito dengan pertimbangan pokok awal dan bunga kumulatif dari waktu sebelumnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menghitung bunga majemuk di excel, yang berfungsi sebagai pengganti kalkulator.

Contoh yang baik adalah ketika Anda menginvestasikan 700.000 / = dengan tingkat bunga tahunan 10%, dihitung setiap tahun.

Ketika satu tahun berakhir dari prinsip awal, Anda mendapatkan 70.000 / = (700.000 x 0,10) sebagai bunga, sehingga investasi Anda bernilai 770.000 / =. Jumlah ini akan memiliki kekuatan kumulatif selama periode tahun tertentu.

Hal ini secara matematis dapat dihitung menggunakan rumus FV = PV (1 + r)n di mana FV menunjukkan nilai masa depan, PV nilai sekarang, r menunjukkan tingkat bunga per periode dan n adalah periode.

Excel menjadi alat yang ampuh membantu dalam akuntansi dapat membantu menghitung bunga majemuk.

Lebih lengkap tentang bunga majemum bisa dibaca: Bunga Majemuk dan Cara Perhitungannya.

1.Bunga Majemuk Tahunan

Salah satu cara termudah adalah menggunakan rumus; Pokok*(1+ Suku bunga pada periode)

Jika Anda memiliki pokok 7.000.000 dengan tingkat bunga 12%, dihitung setiap tahun, ini adalah bagaimana investasi tahunan akan dihitung dalam setahun.

Dalam contoh kami, B2 adalah prinsip bahwa tingkat bunga di A2 yaitu 12%. Rumusnya adalah =B2*(1+$A2) dalam C2 dan $digunakan untuk menempatkan referensi ke B2 karena bersifat konstan.

Investasi selama dua tahun dapat dihitung hanya dengan menggunakan rumus, menyalinnya, dan menempelkannya di sel D2.

Angka kotor secara otomatis berubah dari B2 ke C2 dengan perubahan sel referensi dan karenanya C2 menjadi angka kotor kita saat ini.

Untuk menghitung bunga majemuk selama investasi 10 tahun, Anda dapat menggunakan rumus umum bunga majemuk alih-alih rumus di atas untuk menghitung bunga majemuk yang mungkin tampak sangat mudah tetapi tidak efisien.

Artikel terkait:   Cara Cepat Menghitung Sel yang Bersisi Angka pada MS Excel 2007 dengan “Fungsi Count”

2.Rumus Bunga Majemuk Umum

Menerapkan rumus minat umum Anda dapat menghitung bunga majemuk di excel lebih mudah: FV = PV (1 + r) n, FV menunjukkan nilai masa depan, PV nilai sekarang, r menunjukkan tingkat bunga per periode, dan n adalah jumlah periode.

Misalnya, jika Anda memiliki pokok 7.000.000 dengan tingkat bunga 12%, dihitung semi-tahunan, dan Anda ingin menemukan investasi setelah 7 tahun, ini adalah bagaimana investasi tahunan akan dihitung dalam setahun.

Bunga utama dalam PV, (suku bunga tahunan) / 2 adalah r karena bunga diperparah semi-tahunan (dua kali setahun), periode peracikan per tahun * (tahun) adalah n dan nilai investasi adalah FV. Rumus ini menyimpan banyak langkah perhitungan dan lebih nyaman daripada yang pertama karena Anda tidak perlu menghitung angka kotor setelah setiap periode.

 

3.Fungsi FV dan Bunga Majemuk

Menggunakan fungsi nilai masa depan bawaan excel, Anda dapat menghitung bunga majemuk. Sebagai rumus umum, FV menentukan nilai investasi di masa depan tergantung pada nilai variabel tertentu.

Variabel-variabel tersebut adalah

tingkat – suku bunga untuk setiap periode.

– nper-jumlah periode.

– pmt– pembayaran tambahan per periode, dan itu menandakan angka negatif. Ketika tidak ada nilai untuk pmt diasumsikan nol.

pv adalah investasi utama, yang diwakili oleh angka negatif.

Jenis menunjukkan kapan pembayaran tambahan dilakukan. Ketika 0 digunakan, itu menunjukkan bahwa pembayaran dilakukan pada periode awal. 1 menunjukkan pembayaran jatuh tempo pada akhir periode.

Dari contoh kami di atas fungsi fv dapat ditemukan:

Mengetahui cara menghitung bunga majemuk sangat penting untuk memproyeksikan kesuksesan investasi, baik untuk perencanaan pensiun atau portofolio Anda, dan Excel adalah alat yang fantastis untuk melakukannya.

File perhitungan excel bisa Anda Download DISINI.

Artikel terkait:   Cara Mudah Membuat Laporan keuangan Sederhana dengan Excel 2007 untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *