Menggunakan Rumus Countif Excel 2010 Untuk Hitung Cell Lebih Dari (>)

Menghitung berdasarkan kriteria tertentu diexcel bisa dilakukan dengan fungsi countif. Sekilas info: Rumus COUNTIF excel merupakan Fungsi Excel yang berfungsi untuk menghitung (count) jumlah cell berdasarkan kriteria atau syarat tertentu yang tunggal. Fungsi atau rumus countif pada umumnya mempunyai fungsi/kegunaan yang mirip dengan fungsi COUNT pada excel yaitu berfungsi untuk menghitung jumlah atau banyaknya data pada suatu cell.

Nah, pada latihan kali ini kita akan membahas rumus countif untuk menghitung cell lebih dari (atau dengan kode >) dan atau besar dari sama dengan (atau dengan kode >=). Caranya sebenarnya sangat sederhana, bahkan untuk Anda yang pemula sekalipun, hal ini bisa lansung Anda pahami.

Baca: Trik mudah menggunakan fungsi countif excel.

Oke, mari kita mulai latihannya, ikuti langkah demi langkah berikut ini:

Langkah 1: Siapkan data yang akan kita hitung, dan disini saya juga sudah menyiapkan sejumlah data hasil tes.

Langkah 2: Simpan data latihan Anda, sesuai nama yang diinginkan.

Langkah 3: Arahkan kursor Anda pada cell G4, kemudian masukan rumus sebagai berikut = =COUNTIF(C4:C10;”>90″) dan masukan juga pada cell G5 =COUNTIF(C5:C11;”>=90″). Cara ini bisa Anda lakukan jika range C4:C10 dibuat absolut atau menambahkan kode $ pada masing-masing cell yang dipilih. perhatikan gambar berikut ini:

rumus countif excel

Jika sudah selesai, silahkan Anda simpan kembali file latihan Anda. Oke, selanjutnya kami akan membuat penjelasan tambahan lain terkait dengan rumus countif.

Formula Generik

Penulisan fungsi countif secara umum adalah sebagai berikut:

= COUNTIF (range,”>X”)

Penjelasan tambahan

Untuk menghitung jumlah sel yang memiliki nilai lebih besar dari angka tertentu, Anda bisa menggunakan fungsi COUNTIF. Dalam bentuk umum rumus, rng mewakili rentang sel yang berisi angka, dan X mewakili ambang di atas yang ingin Anda hitung.

Artikel terkait:   Cara Gampang Menampilkan Tanggal Otomatis di Excel 2007 untuk Pemula

Dalam contoh yang ditunjukkan, sel aktif berisi rumus ini:

= COUNTIF (C4: C10; “> 90”)

Bagaimana rumus countif ini bekerja

Fungsi COUNTIF akan menghitung jumlah sel dalam rentang yang berisi nilai numerik lebih besar dari X, dan mengembalikan hasilnya sebagai angka.

Jika Anda ingin menghitung sel yang lebih besar dari atau sama dengan 90, gunakan atau penulisan rumusnya sebagai berikut:

= COUNTIF (C4: C10; “> = 90”)

Baca juga: Fungsi Countifs untuk menghitung kriteria lebih dari 1.

Jika Anda ingin menggunakan nilai di sel lain sebagai bagian dari kriteria, gunakan karakter ampersand (&) untuk digabungkan seperti ini:

= COUNTIF (rng; “>” & a1)

Jika nilai dalam sel a1 adalah “70”, kriteria akan menjadi “> 70” setelah penggabungan.

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini tentang rumus countif excel, mudah-mudahan pembahasan ini menambah wawasan Anda tentang excel. Terima kasih banyak atas kunjungan Anda, jika Anda merasa bermanfaat silahkan share artikel ini agar semakin banyak orang yang tahu tentang countif.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *