Cara Memaksimalkan Fungsi Count Pada Excel dan Turunannya [Lengkap dengan Contoh]

Artikel ini berisi panduan praktis tentang fungsi count pada excel 2010 berikut turunannya seperti counta, countblank, countif dan countifs. Penjelasan dilengkapi dengan contoh pada gambar dengan keterangan.

Halo apakabar semuanya? Semoga kabarnya sehat-sehat selalu dan dalam perlindungan Tuhan, Amin. Oke, artikel ini ditulis, pada saat sebagian dari pekerja diwajibkan (dihimbau) bekerja dirumah, ibadah dirumah dan #dirumahsaja. Tujuannya, untuk membantu dan memudahkan bekerja dan menghitung data.

Bila Anda sering mengolah data dan angka, alangkah baiknya gunakan fungsi count pada excel beserta turunannya seperti counta, countblank, countif dan countifs.

Meskipun kami yakin fungsi ini bukan hal baru bagi Anda, namun sekali lagi gak ada salahnya untuk simak terlebih dahulu, barangkali ada yang terlewatkan dan bermanfaat untuk Anda.

Oke, mari kita mulai pembahasan singkat ini, ikuti terus.

 

Fungsi COUNT pada Excel 2010

Fungsi count pada Excel bermanfaat saat Anda ingin menghitung (count) cell pada rentang yang berisi nilai numerik terlepas dari angka aktual yang terkandung dalam cell. Fungsi count adalah untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen.

Penulisan Fungsi Count

=COUNT(value 1, [value2], …)

Penjelasan:

Value 1: adalah parameter yang diperlukan. Value ini memuat referensi cell, atau rentang yang ingin Anda hitung angkanya.

Value 2: adalah parameter opsional. Nilai ini berisi referensi cell, atau rentang yang ingin Anda hitung angkanya. Nilai ini dapat berkisar hingga 255 nilai. Nilai bisa menjadi referensi sel atau rentang nilai atau kumpulan sel lembar kerja yang berisi berbagai data yang hanya menghitung cell yang berisi angka.

Artikel terkait:   Cara Mudah Membuat Grafik Line di Excel 2007 untuk Pemula

Untuk lebih jelas, Anda bisa lihat contoh penulisan pada gambar berikut ini.

fungsi count pada excel

Fungsi COUNTA pada Excel 2010

Rumus COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data serta rumus COUNT. Akan tetapi COUNTA dapat menghitung tipe data dalam bentuk angka, angka, tulisan, teks, dan sebagainya. Fungsi COUNTA menghitung jumlah cell yang tidak kosong dalam suatu rentang.

Fungsi COUNTA menghitung sel yang berisi setiap jenis informasi, termasuk nilai kesalahan dan teks kosong (“”). Misalnya, jika rentang berisi rumus yang mengembalikan string kosong/blank, fungsi COUNTA menghitung nilai itu. Fungsi COUNTA tidak menghitung cell kosong.

Penulisan Fungsi Counta:

=COUNTA(value 1, [value2], …)

Value 1: adalah parameter wajib. Memuat argumen pertama yang mewakili nilai yang ingin Anda hitung.

Value 2: adalah parameter opsional. Berisi argumen tambahan yang menyatakan nilai yang ingin Anda hitung, hingga maksimal 255 argumen.

Artikel lain: Cara mudah menggunakan fungsi countif pada excel 2007.

fungsi count pada excel

Fungsi COUNTBLANK pada Excel 2010

COUNTBLANK digunakan untuk menghitung banyaknya sel kosong yang terdapat dalam suatu range yang telah ditentukan. Jadi rumus ini bisa menentukan berapa sel atau tabel yang kosong atau tidak terisi, dengan mudah.

Gunakan fungsi COUNTBLANK untuk menghitung sel kosong dalam rentang, di mana kata kosong berarti kosong.

Fungsi COUNTBLANK berfungsi untuk menghitung jumlah cell kosong yang terkandung dalam rentang yang telah ditentukan. Jadi fungsi ini dapat menentukan berapa banyak cell atau tabel yang kosong atau tidak terisi dengan mudah.

Manfaatkan fungsi COUNTBLANK untuk menghitung cell kosong dalam rentang, di mana kata kosong berarti kosong.

Penulisan Rumus Countblank

=COUNTBLANK (range)

Keterangan:

Range: adalah parameter opsional. Rentang memuat cell yang ingin Anda hitung sel kosongnya.

fungsi count pada excel

Fungsi COUNTIF pada Excel 2010

Fungsi COUNTIF adalah rumus yang berfungsi untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu. Anda juga dapat menghitung cell yang ingin Anda hitung. Fungsi COUNTIF dapat menghitung berbagai jenis data mulai dari angka, teks, simbol, dan sebagainya.

Artikel terkait:   Cara Mengurutkan Data di Excel 2007 Berdasarkan Warna Cell Untuk Pemula

Penulisan Rumus countif:

=COUNTIF(range, kriteria)

Range: adalah parameter wajib. Range berisi grup cell yang ingin Anda hitung. Range bisa berisi angka, array, rentang bernama, atau referensi yang berisi angka. Nilai kosong dan nilai teks diabaikan.

Kriteria: adalah parameter wajib. Kriteria bisa saja berisi angka, ekspresi, referensi sel, atau string teks yang menentukan sel yang akan dihitung. COUNTIF hanya menggunakan satu kriteria. Pakai rumus COUNTIFS jika Anda ingin menggunakan beberapa kriteria.

Artikel terkait: Cara menggunakan rumus countif excel untuk hitung cell lebih dari “>”.

fungsi count pada excel

Fungsi COUNTIFS pada Excel 2010

Rumus COUNTIFS menerapkan kriteria untuk berbagai rentang sel dan menghitung berapa kali semua kriteria yang terpenuhi. Fungsi COUNTIFS berfungsi untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu dalam tabel atau data.

Perbedaannya: rumus COUNTIF bisa menghitung secara keseluruhan, sedangkan rumus COUNTIFS akan menghitung kriteria spesifik yang Anda inginkan dan bahkan lebih banyak spesifikasi.

Penulisan Fungsi countifs

=COUNTIFS(kriteria_range1; kriteria1; [kriteria_range2; kriteria2]…)

Penjelasan:

kriteria_range1: adalah parameter wajib. Memuat range pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait.

kriteria1: adalah parameter wajib. Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks yang menentukan cell mana yang akan Anda hitung.

kriteria_range2; kriteria2: adalah parameter opsional. Memuat range tambahan dan kriteria yang terkait. Maksimal penulisan kriteria adalah 127 pasang range/kriteria. Dengan jumlah ini, itu artinya kita dapat mengolah data dengan 127 kriteria secara bersamaan pada 1 tabel atau sheet di excel.

 

Nah, dengan memahami fungsi count pada excel 2010 dan turunannya, diharapkan semakin memudahkan Anda dalam mengolah data dan tentunya sangat cepat.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *