Cara Mudah Menggunakan Rumus Sumif pada Excel 2007/2010

Halo… berjumpa lagi dengan kami, terima kasih bagi kamu yang masih setia bersama kami di bloggerpontianak.net. Oke, kali ini kita akan membahas topik cara menggunakan rumus sumif untuk menjumlahkan berdasarkan kriteria pada excel.

Seperti yang kita tahu bersama, Fungsi atau rumus SUMIF digunakan untuk melakukan penjumlahan atau menjumlahkan angka dengan kriteria tertentu. Kamu dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang (range/kolom) yang memenuhi kriteria yang telah kamu tentukan.

Dengan fungsi ini, kamu tidak perlu lagi menghitung satu demi satu data yang kamu miliki. Dengan begitu, pengolahan data jadi lebih cepat dan tentu saja mudah.

Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah sih, fungsi ini tidak terlalu sering digunakan, namun bila kamu memasuki dunia kerja yang mengolah data yang sifatnya kompleks, fungsi sumif sangat membantu, semoga.

Oke, dengan adanya bantuan excel atau tepatnya lagi rumus sumif, sebanyak dan sekompleks apapun data yang kamu olah, jauh lebih cepat, dan saya sudah membuktikannya sendiri.

Baca juga: Cara menggunakan rumus countif pada excel 2010/2007 untuk Pemula.

Syntax: =sumif(range;criteria;[sum_range]

Keterangan:

Range adalah range atau kolom yang berisi kriteria yang akan kita jumlahkan.

Criteria adalah kriteria tertentu yang ingin kita hitung atau kita kehendaki.

Sum_range adalah range atau kolom yang berisi angka yang akan kita hitung jumlahnya.

Sebagai tambahan informasi, turunan dari rumus sumif adalah sumifs. Perbedaannya, pada rumus sumifs, kita bisa menghitung lebih dari satu kriteria pada satu kolom/tabel.

Dengan kata lain, jika data yang sangat kompleks, kita bisa menggunakan rumus sumifs. Artikel tutorial akan kita bahas nanti minggu depan.

Bagi kamu yang masih pertama menjumpai fungsi ini, mari kita memahaminya secara sederhana, baca tahapannya berikut.

Artikel terkait:   16 Rumus Microsoft Excel 2007 Berserta Contohnya, Paling Sering Digunakan Saat Bekerja (Mengolah Data)

Contoh Soal

Pada kesempatan kali ini kita mengambil contoh data omzet penjualan dari 3 grup yaitu elang, merpati dan camar. Total omzet diketahui sebesar Rp 460.550.000, dengan total personil masing-masing 5 orang untuk masing-masing grup.

Tugas: hitunglah jumlah omzet penjualan untuk masing-masing grup!

Dengan data ini, kita bisa mengetik ulang atau nanti kamu bisa download file latihan pada link yang sudah saya sediakan DOWNLOAD DISINI. Tanpa iklan dan tanpa redirect, dijamin ori!!!

Jawaban Soal

Dari data yang kita miliki diatas, mari kita hitung menggunakan rumus sumif, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukan rumus berikut pada cell G4 =SUMIF($C$4:$C$18;F4;$D$4:$D$18)
  2. Copy dan paste rumus tersebut pada baris 5 dan 6, kemudian enter
  3. Untuk menghitung apakah ada data yang tidak terhidung, silahkan bandingkan dengan tabel induk atau database.

cara menggunakan rumus sumif

Penjelasan rumus:

  1. Pada penulisan rumus Anda melihat tanda $ kan? Nah, ini penulisan rumus yang telah dibuat absolut, Anda bisa mengetik secara manual atau menekan tombol F4 pada keyboard. Cara lengkap dan penjelasan fungsi F4 pada excel sudah kami posting sebelumnya.
  2. Selain penulisan diatas, Anda juga bisa mengetik secara manual kriteria tadi tanpa harus memasukan dalam tabel. Akan tetapi Anda harus menambahkan tanda “ “ pada kriteria. Nanti akan kami berikan contohnya seperti ini =SUMIF($C$4:$C$18;”elang”;$D$4:$D$18)

Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan gambar dibawah ini sobat….

cara menggunakan rumus sumif

Kesimpulan

Latihan yang kami tampilkan merupakan data yang sangat sederhana, mudah-mudahan bisa menjadi gambaran bagi Anda. Harapan kami, setelah membaca tulisan tentang cara menggunakan rumus countif dan mendownload file latihan rumus sumif, Anda jadi lebih paham menghitung dan menggunakan sumif, entah untuk mengolah data yang sederhana ataupun komplek.

Artikel terkait:   Cara Unprotect Sheet Excel 2007 dengan Password untuk Pemula

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *