manfaat digital marketing

Top 10 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis dan Mengapa Digital Marketing adalah Suatu Keharusan untuk Setiap Bisnis Kecil

Tidaklah mengherankan bahwa pasar menjadi semakin digital karena teknologi terus berkembang. Manfaat pemasaran digital menjadi lebih umum setiap hari. Semakin banyak konsumen yang meneliti dan membeli produk secara online.

Menurut Forbes, 82% konsumen melakukan penelitian secara online. Dan, Tech Crunch melaporkan bahwa 79% orang berbelanja online.

Jadi, bagaimana Anda menjangkau konsumen ini? Inilah jawabannya: digital marketing.

Semakin banyak bisnis kecil yang menerapkan taktik pemasaran digital untuk secara efektif menjangkau dan melibatkan konsumen target mereka secara online.

Faktanya, pengeluaran pemasaran digital AS akan meningkat menjadi sekitar $332 miliar pada tahun 2021. Bagaimana dengan di Indonesia? Pada tahun 2019, angkanya mencapai $2,6 miliar atau sekitar  Rp36,5 triliun dengan peningkatan sekitar 26 persen [sumber].

Taktik pemasaran digital telah terbukti menjadi cara paling hemat biaya untuk menjangkau calon pelanggan.

Ingin tahu tentang apa manfaatnya? Lihat 10 alasan utama bisnis Anda perlu memanfaatkan pemasaran digital:

1.Pemasaran digital adalah bentuk pemasaran yang paling kuat

Pemasaran digital memiliki potensi untuk mengubah cara Anda menjangkau dan melibatkan pelanggan Anda. Tetapi Anda tidak perlu mengambil kata-kata kami untuk itu. Berikut adalah beberapa contoh nyata tentang bagaimana taktik pemasaran digital membantu bisnis seperti milik Anda mencapai target pasar dan memengaruhi konversi:

  • Perusahaan lilin e-niaga, Nidhi meningkatkan penjualan mereka sebesar 714% selama periode 3 bulan menggunakan media sosial (dengan sedikit bantuan dari pemasaran LYFE MARKETING).
  • Forever Diamonds, sebuah perusahaan perhiasan Georgia, mampu menjangkau dan melibatkan penggemarnya dengan harga kurang dari Rp14.500 per keterlibatan selama setahun, meningkatkan lalu lintas pejalan kaki dan mengarah ke konversi nyata.
  • Life Marketing juga membantu bisnis sepeda motor salju yang menjual peralatan salju, menghasilkan penjualan senilai 1,4 Milyat hanya dalam 5 bulan!
  • Tim Life marketing juga membantu pusat kebugaran lokal mengonversi 210 prospek baru selama 90 hari dengan biaya hanya Rp63.000 per prospek melalui iklan Google yang efektif dan bertarget.

Kasus-kasus ini adalah bukti nyata manfaat pemasaran digital. Dengan strategi yang tepat dan penerapan yang efektif, bisnis kecil dapat meningkatkan jangkauan dan konversinya hanya dalam hitungan bulan.

 

2.Menggunakan taktik pemasaran digital adalah cara paling hemat biaya untuk memasarkan bisnis Anda

Salah satu manfaat terpenting dari pemasaran digital adalah bahwa ini adalah cara paling hemat biaya untuk memasarkan bisnis Anda. Terkait pemasaran tradisional, sangat sulit bagi bisnis kecil dengan anggaran terbatas untuk bersaing dengan bisnis yang lebih besar untuk mendapatkan ruang iklan. Namun, dengan taktik pemasaran digital yang terjangkau, bisnis kecil bisa mendapatkan lebih banyak untuk pengeluaran pemasaran mereka.

Pertimbangkan ini, bisnis kecil dapat mengekspos lebih dari 1.000 orang ke produk dan layanannya dengan harga kurang dari Rp50.000,- menggunakan media sosial. Sementara eksposur yang sama melalui surat langsung berharga sekitar Rp750.000 dan melalui iklan televisi berharga sekitar Rp400.000.

Sementara taktik pemasaran tradisional juga sering datang dengan berbagai biaya tersembunyi, satu-satunya biaya pemasaran digital adalah waktu. SEO, pemasaran konten, dan keterlibatan media sosial membutuhkan waktu untuk menghasilkan keajaiban. Namun, masih ada taktik pemasaran digital seperti bayar per klik, tampilan, dan iklan media sosial yang dapat memberikan hasil lebih cepat.

 

3.Pemasaran digital adalah bentuk pemasaran yang paling terukur

Bagaimana Anda tahu jika pemasaran Anda berhasil?

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah mengukur kesuksesan Anda dari waktu ke waktu. Meskipun sulit untuk melacak keberhasilan kampanye pemasaran tradisional seperti iklan radio atau surat, setiap taktik pemasaran digital yang Anda gunakan dapat diukur. Manfaat ini adalah alasan mengapa Anda perlu berinvestasi ke pemasaran digital.

Analitik pemasaran digital menghilangkan tebakan untuk menentukan apakah pemasaran Anda benar-benar berfungsi. Dengan mengukur kampanye pemasaran digital Anda secara real-time, Anda dapat melihat taktik mana yang berhasil dan mana yang tidak. Kemudian, Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda untuk kesuksesan yang lebih besar. Anda juga dapat mengambil wawasan yang Anda peroleh dari proses untuk meningkatkan kampanye di masa mendatang.

Artikel terkait:   Tips Beli Perumahan Bekasi Terbaik

Misalnya, Anda ingin membuat kampanye pemasaran media sosial untuk produk baru. Anda telah memutuskan untuk memublikasikan serangkaian postingan media sosial selama dua minggu. Dengan analitik media sosial, Anda dapat melihat postingan mana yang paling populer dengan audiens target Anda dan mana yang mendorong konversi paling banyak. Anda kemudian dapat menggunakan wawasan ini untuk mencoba mereproduksi kesuksesan ini dengan kampanye di masa mendatang.

Analisis pemasaran digital memungkinkan Anda menggunakan sumber daya secara lebih efektif dan mengalokasikan anggaran pemasaran Anda. Karena Anda tidak lagi menebak-nebak tentang apa yang berhasil dan yang tidak, Anda dapat mengurangi biaya yang tidak perlu dan memfokuskan upaya Anda pada strategi yang paling mungkin meningkatkan ROI Anda.

 

4.Salah satu manfaat terbesar pemasaran digital adalah memungkinkan Anda untuk menargetkan pembeli ideal Anda

Saat Anda membeli ruang papan reklame atau menempatkan iklan di majalah, Anda tidak tahu apa-apa bahwa pesan ini akan menjangkau audiens yang dituju. Meskipun pasti ada cara untuk meningkatkan peluang sukses Anda dengan taktik pemasaran tradisional, taktik tersebut tidak menawarkan kemampuan penargetan yang sama seperti pemasaran digital.

Dengan pemasaran digital, Anda dapat memastikan bahwa konsumen yang tepat melihat konten Anda. SEO memungkinkan Anda menjangkau konsumen yang menelusuri web untuk konten dan topik yang relevan dengan bisnis Anda. Sementara iklan bayar per klik, tampilan, dan media sosial memungkinkan Anda menargetkan mereka yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda berdasarkan informasi demografis dan karakteristik umum.

Dengan meningkatkan penargetan, Anda dapat bekerja untuk mendapatkan lebih banyak untuk anggaran dan sumber daya pemasaran Anda. Dengan pemasaran digital, Anda tidak perlu lagi khawatir menghabiskan uang untuk iklan yang tidak akan menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan produk Anda. Dengan kemampuan penargetan yang canggih, taktik pemasaran digital memungkinkan Anda merasa nyaman mengetahui bahwa Anda memfokuskan upaya pemasaran Anda pada strategi yang benar-benar berhasil.

 

5.Kebanyakan orang memulai perjalanan pembelian mereka secara online

Pikirkan tentang seberapa sering Anda beralih ke Google atau mesin telusur lain untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Pelanggan Anda tidak berbeda ketika mereka mulai meneliti produk atau layanan yang dapat membantu mereka memecahkan masalah terbesar mereka.

Faktanya, menurut Vimeo, 93% pengalaman online dimulai dengan mesin pencari. Bahkan sebelum konsumen mengetahui produk atau layanan apa yang mereka butuhkan, mereka membuka mesin pencari untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang tantangan mereka. Sebenarnya, dalam penelitian terbaru, 59% konsumen lebih suka memeriksa beberapa saluran terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berhubungan dengan bisnis. Saluran ini mencakup profil media sosial bisnis, email, dan iklan online yang semuanya digital.

Ini memberikan peluang besar bagi bisnis kecil untuk terhubung dengan calon pelanggan dan mendidik mereka selama tahap awal perjalanan pembeli. Dengan membuat konten yang relevan dan menarik yang dioptimalkan untuk mesin telusur, Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda secara online dan menjangkau pelanggan pada saat yang paling penting.

 

6.Pelanggan Anda ada di media sosial, dan pemasaran digital membantu Anda menjangkau mereka

Mungkin yang paling penting dalam daftar manfaat pemasaran digital kami adalah ini. Dalam menggunakan teknik tradisional dalam pemasaran, Anda pasti akan mengalami batasan dalam cakupan dan ukuran. Iklan cetak terbatas pada lokasi, pasar, dan waktu tertentu. Dan jika Anda ingin memperluas cakupannya, maka persiapkan anggaran Anda untuk itu.

Namun dalam pemasaran digital, jangkauan Anda akan lebih jauh tetapi lebih bertarget. Satu-satunya batasan adalah kreativitas dan strategi Anda.

Apa pun industri bisnis Anda, ada kemungkinan besar pembeli Anda menghabiskan waktunya di saluran media sosial seperti Facebook atau Twitter. Menurut eMarketer, 2,34 miliar orang, atau sekitar sepertiga dari populasi bumi, menggunakan platform media sosial secara teratur. Lihat grafik ini dari Statista.

Pemasaran digital membantu Anda menjangkau konsumen yang terlibat ini. Anda tidak hanya dapat mempublikasikan dan mempromosikan konten unik di situs sosial ini, tetapi Anda juga dapat menjangkau konsumen melalui iklan. Platform media sosial seperti Facebook menawarkan opsi penargetan canggih yang membantu Anda menjangkau konsumen yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Terlebih lagi, media sosial juga menyediakan platform yang efektif untuk berkomunikasi dan melibatkan audiens target Anda. Daripada hanya memposting konten dan tidak pernah mendengar dari konsumen Anda, Anda dapat melakukan percakapan satu lawan satu secara real-time yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan berharga tentang merek Anda. Itu adalah sesuatu yang tidak diizinkan oleh taktik pemasaran tradisional.

 

7.SEO dan SEO lokal membantu Anda menjangkau pembeli yang lebih berkualitas secara online

SEO adalah taktik pemasaran digital kuat lainnya yang menawarkan berbagai manfaat. Dengan mengoptimalkan konten situs Anda untuk mesin telusur, Anda dapat bekerja untuk menjangkau lebih banyak pembeli secara online.

Artikel terkait:   Ternyata Ini Manfaat dalam Parutan Keju Cheddar

Menggunakan kata kunci relevan yang membantu menjelaskan penawaran produk atau layanan Anda dapat membantu Anda mendatangkan lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs Anda, yang meningkatkan konversi seiring waktu.

SEO tidak hanya untuk bisnis nasional. Banyak konsumen mencari perusahaan lokal secara online, dan pencarian ini pada akhirnya mengarah pada pembelian. Faktanya, menurut Google, 28% pencarian untuk sesuatu di sekitar menghasilkan pembelian.

SEO lokal, atau mengoptimalkan situs web Anda untuk hasil pencarian lokal, juga bisa menjadi taktik pemasaran digital yang berharga untuk bisnis yang beroperasi di lokasi geografis tertentu, seperti toko fisik, restoran, dan bisnis berbasis layanan lainnya.

 

8.Pemasaran digital membantu Anda terhubung dengan pelanggan seluler

Satu lagi dari banyak manfaat pemasaran digital adalah memungkinkan Anda terhubung dengan konsumen yang menjelajahi dan mengonsumsi konten di perangkat seluler mereka. Lebih dari separuh pengguna online mengakses web dari perangkat seluler. Pemasaran digital dapat membantu Anda menjangkau orang-orang di perangkat seluler, tablet, dan komputer desktop.

 

9.Anda dapat dengan mudah dan cepat menyesuaikan strategi dan taktik Anda untuk hasil terbaik

Dengan taktik pemasaran tradisional seperti iklan televisi atau surat kabar, Anda harus menunggu sampai kampanye selesai untuk melihat hasilnya. Dan meskipun Anda dapat menggunakan apa yang Anda pelajari untuk menyesuaikan taktik kampanye selanjutnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan “saat ini” untuk menyesuaikan strategi Anda untuk hasil terbaik.

Sementara taktik pemasaran tradisional mungkin mengharuskan Anda menunggu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menentukan strategi mana yang berhasil, pemasaran digital memungkinkan Anda untuk melihat hasil kampanye Anda secara real-time dan menyesuaikan taktik Anda untuk meningkatkan hasil saat Anda pergi.

Dengan analisis situs web, Anda dapat melihat jumlah pengunjung yang datang ke situs Anda, melihat halaman mana yang mereka kunjungi, dan melihat berapa lama mereka menghabiskan waktu di setiap halaman. Anda juga dapat melihat kapan hari dan waktu lalu lintas situs puncak serta melacak tingkat konversi di seluruh situs. Semua informasi ini menawarkan wawasan penting yang dapat membantu Anda meningkatkan kampanye dari waktu ke waktu.

Misalnya, Anda telah menulis serangkaian postingan blog sebagai bagian dari strategi pemasaran konten Anda. Anda ingin menentukan apakah Anda harus terus menulis blog dalam seri ini atau fokus pada topik lain. Anda dapat dengan cepat dan mudah melihat analisis blog untuk melihat berapa banyak orang yang membaca konten blog dan berapa banyak orang yang mengambil tindakan yang diinginkan atau berkonversi. Melacak kesuksesan pada kampanye pemasaran konten ini secara real-time memungkinkan Anda untuk menentukan apa yang terbaik dari penggunaan sumber daya Anda dan mendapatkan hasil maksimal dari taktik kampanye Anda.

 

10.Pemasaran digital meningkatkan persaingan, memungkinkan bisnis Anda menjadi lebih kompetitif

Seringkali sulit bagi bisnis kecil untuk bersaing dengan bisnis yang lebih besar karena keterbatasan anggaran dan sumber daya. Namun, pemasaran digital membantu menyamakan kedudukan dengan memungkinkan merek yang lebih kecil tetap kompetitif secara online.

Taktik pemasaran tradisional seperti iklan cetak mahal dan membutuhkan anggaran bisnis yang besar untuk penempatan yang efektif. Namun, taktik pemasaran digital lebih terjangkau, memungkinkan bisnis dari semua ukuran mendapatkan eksposur online.

Dengan digital marketing, usaha kecil juga bisa memasarkan produk dan jasanya secara nasional atau bahkan internasional. Jika bisnis Anda tidak terbatas pada lokasi tertentu, Anda dapat menggunakan pemasaran digital untuk menjangkau audiens target Anda di seluruh dunia. Ini memungkinkan bisnis kecil menemukan audiens baru untuk produk dan layanan mereka.

Pemasaran digital juga menyamakan kedudukan dalam hal presentasi. Meskipun pengecer kecil mungkin tidak mampu membeli perlengkapan mahal yang sama, grafik, dan materi presentasi lainnya untuk toko mereka, mereka dapat dengan mudah membuat situs web yang bersih dan menarik yang meningkatkan pengalaman pelanggan.

baca juga: 10 Alasan Penting Mengapa Bisnsi Anda Butuh Website.

Bagaimana Memaksimalkan Manfaat Pemasaran Digital

Seperti yang Anda lihat, ada banyak manfaat pemasaran digital yang akan mengubah cara bisnis Anda menjangkau dan melibatkan target pasar Anda.

Pemasaran digital adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda di mana mereka berada pada saat-saat ketika mereka kemungkinan besar akan mencari merek seperti milik Anda.

Tetapi Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana saya memulai?

Penting untuk memiliki strategi pemasaran digital yang baik sebelum Anda terjun ke dalam membuat dan mendistribusikan konten atau meluncurkan kampanye iklan digital.

Pertimbangkan apa tujuan bisnis Anda secara keseluruhan dan buat tujuan pemasaran digital yang selaras dengan tujuan ini. Kemudian, Anda dapat membuat avatar pelanggan, menentukan strategi pemasaran digital yang akan Anda gunakan, dan mengembangkan rencana penerapan dan pengukuran.

One thought on “Top 10 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis dan Mengapa Digital Marketing adalah Suatu Keharusan untuk Setiap Bisnis Kecil”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *