Jelaskan Fungsi Utama Program Microsoft Excel secara Rinci?

Perlu kita ketahui bersama bahwa fungsi utama program microsoft excel adalah untuk mengolah angka, melakukan analisis keuangan, membuat grafik, manajemen waktu dan keuangan hingga membuat aplikasi VBA.

Setelah kesekian kalinya kita memposting tutorial penggunaan rumus atau fungsi excel, kali ini kita akan membahas fungsi ms excel. Segala hal sebenarnya bisa dilakukan di excel, semudah itulah penggunaannya.

Akan tetapi, banyak juga aplikasi pengolahan angka dan data diluar sana seperti google spreadsheet dan lainnya.

Aplikasi berbasis pengolahan angka seperti excel dan spreadsheet memiliki ekstensi file yang saling kompatibel.

Oleh, sebelum ke pembahasan, kita simak dulu apa definsi excel pada penjelasan dibawah ini.

Definisi MS Excel

Ms Ecxel adalah sebuah program perangkat lunak yang dibuat oleh Microsoft yang menggunakan spreadsheet untuk mengatur angka dan data dengan rumus dan fungsi.

Analisis Excel ada di mana-mana di seluruh dunia dan digunakan oleh hampir semua bisnis dari semua ukuran untuk melakukan analisis keuangan.

Karena itulah, excel termasuk aplikasi yang familiar dan bahkan beberapa perusahaan mensyaratkan pelamar untuk menguasai ms office yaitu excel dan word.

MS Excel digunakan untuk apa saja?

Excel biasanya digunakan untuk mengatur data dan melakukan analisis keuangan. Ini digunakan di semua fungsi bisnis dan di perusahaan dari kecil hingga besar.

Bisa dikatakan bahwa ms excel sangat banyak digunakan pada laptop atau pc para pekerja kantoran. Meskipun saat ini sedang trend gadget, namun bekerja menggunakan komputer untuk mengolah data sangat diperlukan.

Dengan ms excel, kita bisa mempercepat proses analisis data, penyajian dalam bentuk grafik hingga dikonversi ke file video ataupun pdf, serta ekstensi lainnya.

Fungsi utama program microsoft excel adalah:

Terdapat beragam fungsi pada aplikasi ms excel, tujuannya adalah untuk memudahkan dalam mengolah angka, analisis data, grafik dan lainnya, berikut pemaparan lengkapnya:

  • Melakukan Entri data
  • Manajemen data
  • Fungsi Akuntansi
  • Melakukan Analisa keuangan
  • Menyajikan hasil analisis dalam bentuk Grafik
  • Pemrograman dengan VBA
  • Manajemen waktu
  • Manajemen tugas
  • Membuat laporan keuangan
  • Manajemen hubungan pelanggan (CRM)
  • Hampir semua hal yang perlu diatur!
Artikel terkait:   Cara Menggunakan Perintah Freeze Panes Excel 2007 untuk Pemula

Dengan sejumlah fungsi utama diatas, hampir dipastikan hal ini sangat berhubungan dengan dunia pendidikan hingga dunia kerja. Bahkan untuk menghitung analisa usaha, banyak orang menggunakan excel.

Fungsi data, rumus, dan pintasan

Program perangkat lunak Excel mencakup banyak fungsi, formula, dan pintasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsinya.

Beberapa fungsi yang sudah pernah dibahas di bloggerpontianak.net

  1. Fungsi Vlookup
  2. Fungsi IF
  3. Fungsi Count dan Turunannya.
  4. Fungsi Average
  5. Kumpulan Fungsi Excel.

Penggunaan keuangan dan akuntansi

Excel digunakan secara luas dalam fungsi keuangan dan akuntansi. Faktanya, banyak organisasi menjalankan seluruh fungsi penganggaran, perkiraan, dan akuntansi mereka sepenuhnya dari lembar kerja Excel.

Sementara Excel didefinisikan sebagai alat manajemen “data”, data yang paling umum dikelola adalah keuangan. Saya pribadi mendefinisikan Excel sebagai perangkat lunak finansial terbaik.

Meskipun ada bagian lain dari perangkat lunak keuangan yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu, poin terkuat tentang Excel adalah kekokohan dan keterbukaannya. Model Excel sekuat yang diinginkan analis.

Profesi seperti Akuntan, Bankir investasi, Analis, dan Orang-orang di semua jenis jalur karier keuangan sangat mengandalkan excel untuk menjalankan fungsi pekerjaan mereka sehari-hari.

 

Keuntungan dari Microsoft Excel

fungsi utama program microsoft excel adalah

Apa saja keuntungan menggunakan Microsoft Excel?

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa excel sangat handal digunakan untuk entri data, mengolah data dan analisa sampai pada penyajian hasil analisis.

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang terdapat dalam Microsoft Excel mencakup:

  1. Kemudakan Mengolah data dan angka
  2. Rumus excel lengkap
  3. Dukungan Pihak Ketiga
  4. Bisa diintegrasikan dengan MS Office

Kemudahan Mengolah data dan angka

Salah satu manfaat terbesar dari Excel adalah kemampuan untuk mengatur sejumlah besar data secara teratur di mana spreadsheet memiliki logika dan grafik yang baik.

Dengan data yang terorganisir, akan mudah untuk menganalisis data dan merangkum hasil pekerjaan, terutama ketika mereka digunakan untuk membuat grafik dan menyajikan data visual.

Memiliki Rumus yang Lengkap

Excel dapat menghitung angka hampir secara instan. Melakukan perhitungan dengan Microsoft Excel jauh lebih mudah daripada menggunakan kalkulator.

Namun, ini tergantung pada pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Excel, seperti bagaimana menerapkan rumus Excel yang digunakan untuk dengan cepat menghitung persamaan sederhana atau kompleks menggunakan data dalam jumlah besar.

Dukungan pihak ketiga

Excel pada dasarnya dianggap sebagai standar terbaik untuk perangkat lunak spreadsheet dan dapat dinikmati di berbagai perangkat lain, termasuk smartphone dan tablet.

Sebagian besar program spreadsheet lain juga memungkinkan Anda mengimpor lembar Excel dalam format asli dan mengekspor spreadsheet Anda sendiri sebagai file Excel.

Artikel terkait:   Cara Memindahkan Sheet pada Microsoft Excel 2007 dengan Perintah “Move or Copy”

Bisa Diintegrasikan dengan Microsoft Office

Sebagai bagian dari Microsoft Office, Excel bekerja di hampir semua perangkat lunak Microsoft Office lainnya.

Lembar kerja Excel dapat dengan mudah ditambahkan ke Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi laporan yang dinamis dan lebih visual.

 

Kekurangan Microsoft Excel

Selain memiliki kelebihan, wajar jika Microsoft Excel juga memiliki kekurangan. Karena tidak ada aplikasi komputer yang sempurna didunia ini, bahkan kecanggihan teknologi pada kecerdasan buatan (AI) tak luput dari kekurangan.

Kekurangan dari Microsoft Excel meliputi yang berikut ini:

  1. Perlu latihan rutin
  2. Rawan terjadi kekeliruan perhitungan
  3. Memakan waktu untuk entri data
  4. Perlu biaya tambahan

Memerlukan latihan terus menerus

Ketika hampir semua orang dapat menggunakan Excel dan mulai mengisi tabel dan menuai manfaat penuh dari berbagai fungsinya, pengguna Excel masih membutuhkan banyak latihan untuk menjadi mahir menggunakannya.

Pengguna yang tidak terbiasa menggunakan sintaks atau rumus Excel Excel dengan mengetikkan perhitungan dan menggunakan fungsi lain, pengguna Excel akan menghadapi frustrasi atau dendam karena mereka tidak memiliki pemahaman yang kuat.

Kesalahan perhitung

Ketika fungsi perhitungan otomatis Excel membuat kelompok besar perhitungan terlihat, itu sebenarnya tidak benar karena itu tidak benar-benar sangat mudah.

Ini karena program Excel tidak memiliki sarana untuk memverifikasi kesalahan yang dibuat oleh pengguna selama proses entri data, yang dapat menyebabkan kesalahan informasi yang dapat menyebabkan masalah.

Misalnya, seperti yang dilaporkan oleh majalah Tim Worstall dari Forbes, yang melaporkan bahwa JP Morgan kehilangan miliaran dolar karena persamaan kesalahan di Excel yang mereka gunakan.

Memakan waktu

Memasukkan data secara manual di Excel dapat memakan waktu, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang diperlukan untuk memasukkan data secara manual sangat tidak efisien.

Memerlukan biaya tambahan

Menggunakan Microsoft Excel asli tidaklah gratis. Versi Excel berbasis cloud membutuhkan langganan Office 365, sementara edisi desktop terikat dengan harga pembelian yang murah, terutama untuk pengguna rumahan.

Kesimpulan

Fungsi utama excel adalah untuk entri data, mengolah data, analisis laporan keuangan, manajemen waktu, membuat grafik, menjalankan fungsi akuntansi hingga membuat aplikasi berbasis VBA (Visual Basic for Aplication).

Dikutip dari Brainly.co.id, Microsoft excel ialah merupakan sebuah aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dimana bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika. Pada microsoft excel bekerja dengan system workbook, sedangkan didalam workbook ini terdapat worksheet atau lembar kerja. [sumber]

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *