[User Wajib Tahu] Panduan Shortcut pada Microsoft Excel dan Fungsinya

Saat kamu bekerja menggunakan komputer atau lebih spesifik di lembar kerja excel, kamu wajib mengetahui apa saja fungsi shortcut pada ms excel dan juga fungsinya.

karena jika kamu sering menggunakan mouse, jelas itu akan memakan waktu dan yang pasti kamu akan semakin lamban.

apalagi, tuntukan kecepatan kian hari kian kenceng terdengar, belum lagi bos sudah minta laporan, jika kamu lamban, maka besar kemungkinan kamu akan rugi.

so, ini sudah kewajiban kamu ketika menggunakan excel, dan shortcut ini juga berlaku untuk ms office yang lain.

oke, sebelum lanjut, mungkin kamu boleh membaca juga artikel lain: Cara mengoperasikan MS Excel 2007 untuk Pemula.

o iya guys, tutorial ini sudah pernah diposting di support windows dan blogger lain juga udha banyak banget mengulasnya. Bukan berarti saya juga ingin kopas, tapi sekedar berbagi, makanya diakhir tulisan ini saya sertakan link kredit.

Berikut selengkapnya:

Tombol shortcut (Pemintas) kombinasi Ctrl

KunciDeskripsi
Ctrl+PgDnBeralih dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja lainnya, dari kiri ke kanan.
Ctrl+PgUpBeralih antar tab lembar kerja, dari kanan ke kiri.
Ctrl+Shift+&Menerapkan batas kerangka ke sel-sel pilihan.
Ctrl+Shift_Menghapus batas kerangka dari sel-sel pilihan.
Ctrl+Shift+~Menerapkan format angka Umum.
Ctrl+Shift+$Menerapkan format Mata Uang dengan dua tempat desimal (angka negatif dalam tanda kurung).
Ctrl+Shift+%Menerapkan format Persentase tanpa tempat desimal.
Ctrl+Shift+^Menerapkan format angka Ilmiah dengan dua tempat desimal.
Ctrl+Shift+#Menerapkan format Tanggal dengan hari, bulan, dan tahun.
[email protected]Menerapkan format Waktu dengan jam dan menit, serta AM atau PM.
Ctrl+Shift+!Menerapkan format Angka dengan dua tempat desimal, pemisah ribuan, dan tanda minus (-) untuk nilai negatif.
Ctrl+Shift+*Memilih kawasan saat ini di sekeliling sel aktif (area data yang dikelilingi baris kosong dan kolom kosong).Dalam PivotTable, pintasan ini memilih keseluruhan laporan PivotTable.
Ctrl+Shift+:Memasukkan waktu saat ini.
Ctrl+Shift+”Menyalin nilai dari sel di atas sel aktif ke dalam sel atau Bilah Rumus.
Ctrl+Shift+Plus (+)Menampilkan kotak dialog Sisipkan untuk menyisipkan sel kosong.
Ctrl+Minus (-)Menampilkan kotak dialog Hapus untuk menghapus sel pilihan.
Ctrl+;Memasukkan tanggal saat ini.
Ctrl+`Bergantian menampilkan nilai sel dan menampilkan rumus dalam lembar kerja.
Ctrl+’Menyalin rumus dari sel di atas sel aktif ke dalam sel atau Bilah Rumus.
Ctrl+1Menampilkan kotak dialog Format Sel.
Ctrl+2Menerapkan atau menghapus pemformatan font tebal.
Ctrl+3Menerapkan atau menghapus pemformatan font miring.
Ctrl+4Menerapkan atau menghapus garis bawah.
Ctrl+5Menerapkan atau menghapus coret.
Ctrl+6Bergantian antara menyembunyikan dan menampilkan objek.
Ctrl+8Menampilkan atau menyembunyikan simbol kerangka.
Ctrl+9Menyembunyikan baris yang dipilih.
Ctrl+0Menyembunyikan kolom yang dipilih.
Ctrl+AMemilih seluruh lembar kerja.Jika lembar kerja tersebut berisi data, Ctrl+A akan memilih daerah saat ini. Menekan Ctrl+A yang kedua akan memilih seluruh lembar kerja.Menampilkan kotak dialog Argumen Fungsi pada saat titik penyisipan terletak di sebelah kanan nama fungsi dalam sebuah rumus.Ctrl+Shift+A menyisipkan nama argumen dan tanda kurung bila titik penyisipan terletak di sebelah kanan nama fungsi dalam sebuah rumus.
Ctrl+BMenerapkan atau menghapus pemformatan cetak tebal.
Ctrl+CMenyalin sel yang dipilih.
Ctrl+DMenggunakan perintah Isi ke Bawah untuk menyalin konten dan format sel paling atas dari rentang yang dipilih ke sel-sel di bawahnya.
Ctrl+EMenggunakan Isi Cepat untuk secara otomatis mengenali pola dalam kolom yang berdekatan dan mengisi kolom saat ini
Ctrl+FMenampilkan kotak dialog Temukan dan Ganti dengan tab Temukan dipilih.Shift+F5 juga menampilkan tab ini, sedangkan Shift+F4 mengulangi tindakan Temukanyang terakhir.Ctrl+Shift+F membuka kotak dialog Format Sel dengan tab Font dipilih.
Ctrl+GMenampilkan kotak dialog Buka.F5 juga menampilkan kotak dialog ini.
Ctrl+HMenampilkan kotak dialog Temukan dan Ganti dengan tab Ganti dipilih.
Ctrl+IMenerapkan atau menghapus pemformatan cetak miring.
Ctrl+KMenampilkan kotak dialog Sisipkan Hyperlink untuk hyperlink baru atau kotak dialog Edit Hyperlink untuk hyperlink terpilih yang sudah ada.
Ctrl+LMenampilkan kotak dialog Buat Tabel.
Ctrl+NMembuat buku kerja kosong yang baru.
Ctrl+OMenampilkan kotak dialog Buka untuk membuka atau menemukan file.Ctrl+Shift+O memilih semua sel yang berisi komentar.
Ctrl+PMenampilkan tab Cetak dalam Tampilan Backstage Microsoft Office.Ctrl+Shift+P membuka kotak dialog Format Sel dengan tab Font dipilih.
Ctrl+QMenampilkan opsi Analisis Cepat untuk data Anda bila Anda memiliki sel yang berisi data yang dipilih.
Ctrl+RMenggunakan perintah Isi ke Bawah untuk menyalin konten dan format sel paling kiri dari rentang yang dipilih ke sel-sel di kanannya.
Ctrl+SMenyimpan file aktif dengan nama, lokasi, dan format file saat ini.
Ctrl+TMenampilkan kotak dialog Buat Tabel.
Ctrl+UMenerapkan atau menghapus garis bawah.Ctrl+Shift+U beralih antara perluasan atau penciutan bilah rumus.
Ctrl+VMenyisipkan konten Clipboard pada titik penyisipan dan mengganti pilihan apa pun. Tersedia hanya setelah Anda memotong atau menyalin objek, teks, atau konten sel.Ctrl+Alt+V menampilkan kotak dialog Tempel Spesial. Tersedia hanya setelah Anda memotong atau menyalin objek, teks, atau konten sel pada lembar kerja atau program lain.
Ctrl+WMenutup jendela buku kerja yang dipilih.
Ctrl+XMemotong sel yang dipilih.
Ctrl+YMengulangi perintah atau tindakan terakhir, jika memungkinkan.
Ctrl+ZMenggunakan perintah Batalkan untuk membalik perintah terakhir atau menghapus entri terakhir yang Anda ketikkan.

Tombol fungsi

KunciDeskripsi
F1Menampilkan panel tugas Bantuan Excel.Ctrl+F1 menampilkan atau menyembunyikan Pita.Alt+F1 membuat bagan data yang disematkan dalam rentang saat ini.Alt+Shift+F1 menyisipkan lembar kerja baru.
F2Mengedit sel aktif dan memposisikan titik penyisipan pada akhir konten sel. Tombol ini juga memindahkan titik penyisipan ke Bilah Rumus saat pengeditan dalam sel dinonaktifkan.Shift+F2 menambahkan atau mengedit komentar sel.Ctrl+F2 menampilkan area pratinjau cetak pada tab Cetak di Tampilan Backstage.
F3Menampilkan kotak dialog Tempel Nama. Hanya tersedia bila nama sudah ditentukan dalam buku kerja (tab Rumus, grup Nama yang DitentukanTentukan Nama).Shift+F3 menampilkan kotak dialog Sisipkan Fungsi.
F4Mengulangi perintah atau tindakan terakhir, jika memungkinkan.Saat referensi atau rentang sel dipilih dalam rumus, F4 memeriksa seluruh kombinasi referensi absolut dan relatif yang beragam.Ctrl+F4 menutup jendela buku kerja yang dipilih.Alt+F4 menutup Excel.
F5Menampilkan kotak dialog Buka.Ctrl+F5 mengembalikan ukuran jendela dari jendela buku kerja yang dipilih.
F6Beralih di antara lembar kerja, Pita, panel tugas, dan kontrol Zoom. Pada lembar kerja yang telah dipisah (menu Tampilan, perintah Kelola Jendela IniBekukan PanelPisahkan Jendela), F6 menyertakan panel terpisah saat beralih di antara area Pita dan panel.Shift+F6 beralih di antara lembar kerja, kontrol Zoom, panel tugas, dan Pita.Ctrl+F6 beralih ke jendela buku kerja berikutnya ketika ada lebih dari satu jendela buku kerja yang terbuka.
F7Menampilkan kotak dialog Ejaan untuk memeriksa ejaan dalam lembar kerja aktif atau rentang pilihan.Ctrl+F7 melakukan perintah Pindahkan pada jendela buku kerja saat tidak dimaksimalkan. Gunakan tombol panah untuk memindahkan jendela, dan saat selesai, tekan Enter, atau Esc untuk membatalkan.
F8Mengaktifkan atau menonaktifkan mode perluasan. Dalam mode perluasan, Pilihan Terluaskanakan tampil pada baris status, dan tombol panah akan memperluas pemilihan.Shift+F8 memungkinkan Anda menambahkan sel atau rentang tak berdekatan ke pilihan sel dengan menggunakan tombol panah.Ctrl+F8 menjalankan perintah Ukuran (pada menu Kontrol untuk jendela buku kerja) saat buku kerja tidak dimaksimalkan.Alt+F8 menampilkan kotak dialog Makro untuk membuat, mengedit, atau menghapus makro.
F9Menghitung semua lembar kerja dalam semua buku kerja yang terbuka.Shift+F9 menghitung lembar kerja aktif.Ctrl+Alt+F9 menghitung semua lembar kerja dalam semua buku kerja yang terbuka, tanpa melihat ada tidaknya perubahan sejak perhitungan terakhir.Ctrl+Alt+Shift+F9 memeriksa ulang rumus-rumus dependen, lalu menghitung semua sel dalam semua buku kerja yang terbuka, termasuk sel-sel yang tidak ditandai sebagai perlu dihitung.Ctrl+F9 meminimalkan jendela buku kerja menjadi ikon.
F10Mengaktifkan atau menonaktifkan tip tombol. (Menekan Alt akan menjalankan hal yang sama.)Shift+F10 menampilkan menu pintasan untuk item yang dipilih.Alt+Shift+F10 menampilkan menu atau pesan untuk tombol Pemeriksaan Kesalahan.Ctrl+F10 memaksimalkan atau memulihkan jendela buku kerja yang dipilih.
F11Membuat bagan data dalam rentang saat ini dalam lembar Bagan terpisah.Shift+F11 menyisipkan lembar kerja baru.Alt+F11 membuka Microsoft Visual Basic For Applications Editor, di mana Anda dapat membuat makro dengan menggunakan Visual Basic for Applications (VBA).
F12Menampilkan kotak dialog Simpan Sebagai.

Shortcuts penting lainnya

KunciDeskripsi
AltMenampilkan Tips Tombol (pintasan baru) di Pita.Misalnya:Alt, W, P mengalihkan lembar kerja ke tampilan Tata Letak Halaman.Alt, W, L mengalihkan lembar kerja ke tampilan Normal.Alt, W, I mengalihkan lembar kerja ke tampilan Pratinjau Hentian Halaman.
Tombol panahBerpindah satu sel ke atas, bawah, kiri, atau kanan di lembar kerja.Ctrl + tombol panah memindahkan ke tepi saat ini kawasan data dalam lembar kerja.Shift + tombol panah memperluas pilihan sel sebanyak satu sel..Ctrl + Shift + tombol panah memperluas pilihan sel sampai sel yang tidak kosong terakhir dalam kolom atau baris yang sama dengan sel aktif, atau jika sel berikutnya kosong, memperluas pilihan ke sel berikutnya yang tidak kosong.Tombol panah kiri atau kanan memilih tab ke kiri atau kanan saat pita dipilih. Ketika submenu Buka atau dipilih, tombol panah ini beralih antara menu utama dan submenu. Ketika tab pita dipilih, tombol ini navigasi tombol tab.Ke bawah atau tombol panah atas memilih perintah berikutnya atau sebelumnya saat menu atau submenu yang terbuka. Ketika tab pita dipilih, tombol ini navigasi atas atau bawah tab grup.Dalam kotak dialog, tombol panah dapat digunakan untuk berpindah antar opsi dalam daftar menurun terbuka, atau antar opsi dalam sekelompok opsi.Bawah atau Alt + panah bawah panah membuka kunci dipilih drop-down daftar.
BackspaceMenghapus satu karakter ke kiri dalam Bilah Rumus.Juga menghapus konten sel aktif.Dalam mode pengeditan sel, tombol ini menghapus karakter di sebelah kiri titik penyisipan.
MenghapusMenghapus konten sel (data dan rumus) dari sel yang dipilih tanpa mempengaruhi format atau komentar sel.Dalam mode pengeditan sel, tombol ini menghapus karakter di sebelah kanan titik penyisipan.
EndEnd mengaktifkan atau menonaktifkan mode End. Dalam mode End, Anda dapat menekan tombol panah untuk berpindah ke sel tidak kosong berikutnya dalam kolom atau baris yang sama dengan sel aktif. Mode End akan nonaktif secara otomatis setelah tombol panah ditekan. Pastikan Anda menekan End lagi sebelum menekan tombol panah berikutnya. Mode End ditampilkan pada bilah status bila aktif.Jika sel kosong, menekan End diikuti tombol panah akan memindahkan ke sel terakhir dalam baris atau kolom.End juga memilih perintah terakhir pada menu saat menu atau submenu terlihat.Ctrl+End memindahkan ke sel terakhir pada lembar kerja, ke baris terbawah yang digunakan pada kolom paling kanan yang digunakan. Jika kursor ada pada bilah rumus, Ctrl+End memindahkan kursor ke akhir teks.Ctrl+Shift+End memperluas pilihan sel sampai ke sel yang terakhir digunakan pada lembar kerja (sudut kanan bawah) Jika kursor ada pada bilah rumus, Ctrl+Shift+End memilih seluruh teks dalam bilah rumus dari posisi kursor sampai akhir—ini tidak mempengaruhi tinggi bilah rumus.
EnterMengakhiri entri sel dari sel atau Bilah Rumus, dan memilih sel di bawahnya (secara default).Dalam formulir data, Enter memindahkan ke bidang pertama dalam catatan berikutnya.Membuka menu yang dipilih (tekan F10 untuk mengaktifkan bilah menu) atau menjalankan tindakan untuk perintah yang dipilih.Dalam kotak dialog, tombol ini menjalankan tindakan untuk tombol perintah default dalam kotak dialog (tombol dengan kerangka tebal, seringkali berupa tombol OK).Alt+Enter memulai baris baru dalam sel yang sama.Ctrl+Enter memenuhi rentang sel yang dipilih dengan entri saat ini.Shift+Enter mengakhiri entri sel dan memilih sel di atasnya.
EscMembatalkan entri dalam sel atau Bilah Rumus.Menutup menu atau submenu yang terbuka, kotak dialog, atau jendela pesan.Tombol ini juga menutup mode layar penuh ketika mode ini diterapkan, dan mengembalikan ke mode layar normal untuk menampilkan Pita dan bilah status lagi.
HomeBerpindah ke awal baris dalam lembar kerja.Berpindah ke sel di sudut kiri atas jendela saat Scroll Lock diaktifkan.Memilih perintah pertama pada menu saat menu atau submenu terlihat.Ctrl+Home memindahkan ke awal lembar kerja.Ctrl+Shift+Home memperluas pilihan sel sampai ke sel pada awal lembar kerja.
Page DownBerpindah satu layar ke bawah dalam lembar kerja.Alt+Page Down memindahkan satu layar ke sebelah kanan lembar kerja.Ctrl+Page Down memindahkan ke lembar berikutnya dalam buku kerja.Ctrl+Shift+Page Down memilih lembar saat ini dan berikutnya dalam buku kerja.
Page UpBerpindah satu layar ke atas dalam lembar kerja.Alt+Page Up memindahkan satu layar ke sebelah kiri dalam lembar kerja.Ctrl+Page Up memindahkan ke lembar sebelumnya dalam buku kerja.Ctrl+Shift+Page Up memilih lembar saat ini dan sebelumnya dalam buku kerja.
Bilah SpasiDalam kotak dialog, tombol ini menjalankan tindakan untuk tombol yang dipilih, atau memilih atau mengosongkan kotak centang.Ctrl+Bilah Spasi memilih satu kolom penuh dalam lembar kerja.Shift+Bilah Spasi memilih satu baris penuh dalam lembar kerja.Ctrl+Shift+Bilah Spasi memilih seluruh lembar kerja.Jika lembar kerja tersebut berisi data, Ctrl+Shift+Bilah Spasi akan memilih kawasan saat ini. Menekan Ctrl+Shift+Bilah Spasi untuk kedua kalinya akan memilih kawasan saat ini dan baris ringkasannya. Menekan Ctrl+Shift+Bilah Spasi untuk ketiga kalinya akan memilih seluruh lembar kerja.Bila suatu objek dipilih, Ctrl+Shift+Bilah Spasi memilih seluruh objek pada lembar kerja.Alt+Bilah Spasi menampilkan menu Kontrol untuk jendela Excel.
TabMemindahkan satu sel ke kanan dalam lembar kerja.Berpindah antara sel-sel tak terkunci pada lembar kerja yang diproteksi.Berpindah ke opsi atau grup opsi berikutnya dalam kotak dialog.Shift+Tab memindahkan ke sel sebelumnya dalam lembar kerja atau opsi sebelumnya dalam kotak dialog.Ctrl+Tab beralih ke tab berikutnya dalam kotak dialog.Ctrl+Shift+Tab beralih ke tab sebelumnya dalam kotak dialog.

Nah, itulah sejumlah pemintas atau shortcut pada keyboard yang sangat berguna ketika kamu mengoperasikan ms excel, dan next kamu hafal deh itu satu per satu. opps bukan hafal, maksudnya kamu pahami dan ingat mana yang paling sering kamu gunakan.

selamat mencoba

Link Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *