Google mengumpulkan sejumlah besar data tentang Anda, Jadi Lebih Baik Anda dapat Mencari dan Menghapusnya Sekarang

Google akan menghapus data secara otomatis, untuk beberapa pengguna, tetapi hanya setelah satu setengah tahun. Anda bisa melakukan lebih baik dari itu. Kami akan menunjukkan caranya.

Google mungkin mengumpulkan lebih banyak data pribadi tentang penggunanya daripada yang mungkin Anda sadari. Perusahaan merekam setiap pencarian yang Anda lakukan dan setiap video YouTube yang Anda tonton.

Baik Anda memiliki iPhone atau Android, Google Maps mencatat ke mana pun Anda pergi, rute yang Anda gunakan untuk sampai ke sana, dan berapa lama Anda tinggal – bahkan jika Anda tidak pernah membuka aplikasinya.

Jika Anda melihat lebih dekat pada semua yang diketahui Google tentang Anda, hasilnya bisa membuka mata, dan bahkan mungkin sedikit mengganggu. Untungnya, ada sesuatu yang dapat Anda lakukan.

Mulai bulan Juni, akun Google baru secara otomatis akan menghapus data pribadi untuk Anda. Tetapi hanya setelah 18 bulan secara default.

Dan hanya jika Anda adalah pengguna Google baru. Itu bagus jika Anda baru saja memutuskan untuk membuat alamat Gmail atau Anda baru saja mendapatkan ponsel Android pertama Anda, tetapi jika Anda termasuk di antara 1,5 miliar orang di Gmail atau 2,5 miliar orang yang sudah menggunakan Android, akun Anda disetel untuk ditahan ke data pribadi Anda selamanya kecuali Anda memberi tahu Google sebaliknya.

Kami akan memotong semua kekacauan dan menunjukkan kepada Anda cara mengakses data pribadi yang dimiliki Google tentang Anda, serta cara menghapus sebagian atau semuanya.

Kemudian kami akan membantu Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara privasi Anda dan layanan Google yang Anda andalkan dengan memilih setelan yang membatasi akses Google ke informasi Anda tanpa mengganggu pengalaman Anda.

Cari tahu informasi pribadi apa yang dianggap Google sebagai ‘publik’

Kemungkinannya adalah, Google mengetahui nama Anda, wajah Anda, tanggal lahir Anda, jenis kelamin, alamat email lain yang Anda gunakan, sandi, dan nomor telepon Anda.

Beberapa di antaranya terdaftar sebagai informasi publik (tentu saja bukan kata sandi Anda). Berikut cara melihat apa yang Google bagi dengan dunia tentang Anda.

  1. Buka jendela browser dan arahkan ke halaman Akun Google Anda.
  2. Ketikkan nama pengguna Google Anda (dengan atau tanpa “@ gmail.com”).
  3. Dari bilah menu, pilih Info pribadi dan tinjau informasinya. Anda dapat mengubah atau menghapus foto, nama, ulang tahun, jenis kelamin, kata sandi, email dan nomor telepon lainnya.
  4. Jika Anda ingin melihat informasi Anda yang tersedia untuk umum, gulir ke bawah dan pilih Buka Tentang saya.
  5. Pada halaman ini, setiap baris diberi label dengan ikon orang (dapat dilihat oleh siapa saja), ikon gedung kantor (hanya dapat dilihat oleh organisasi Anda) atau ikon gembok (hanya dapat dilihat oleh Anda). Pilih item untuk memilih apakah akan menjadikannya publik, semi-publik, atau pribadi. Saat ini tidak ada cara untuk membuat akun Anda benar-benar pribadi.

Lihatlah catatan Google tentang aktivitas online Anda

Jika Anda ingin melihat data induk yang dimiliki Google tentang Anda, ikuti langkah-langkah ini untuk menemukannya, memeriksanya, menghapusnya, atau menyetelnya agar otomatis dihapus setelah jangka waktu tertentu.

Jika tujuan Anda adalah untuk menggunakan lebih banyak kontrol atas data Anda, tetapi Anda masih ingin layanan Google seperti penelusuran dan peta mempersonalisasi hasil Anda, sebaiknya setel data Anda ke hapus otomatis setelah tiga bulan.

Jika tidak, silakan hapus semua data Anda dan setel Google untuk berhenti melacak Anda. Untuk sebagian besar hal sehari-hari yang Anda lakukan dengan Google, Anda bahkan tidak akan menyadari perbedaannya.

  1. Masuk ke Akun Google Anda dan pilih Data & Personalisasi dari bilah navigasi.
  2. Untuk melihat daftar semua aktivitas Anda yang telah dicatat Google, gulir ke Kontrol aktivitas dan pilih Aktivitas Web & Aplikasi. Di sinilah semua pencarian Google Anda, riwayat penayangan YouTube, perintah Asisten Google, dan interaksi lainnya dengan aplikasi dan layanan Google dicatat.
  3. Untuk mematikannya sepenuhnya, pindahkan sakelar ke posisi mati. Namun berhati-hatilah – mengubah pengaturan ini kemungkinan besar akan membuat perangkat Asisten Google yang Anda gunakan, termasuk Google Home dan speaker dan layar pintar Google Nest, hampir tidak dapat digunakan.
  4. Jika Anda ingin Google berhenti melacak hanya riwayat browser Chrome dan aktivitas dari situs yang Anda masuki dengan akun Google, hapus centang pada kotak pertama. Jika Anda tidak ingin Google menyimpan rekaman audio dari interaksi Anda dengan Asisten Google, hapus centang pada kotak kedua. Jika tidak, lanjutkan ke langkah 5.
  5. Untuk menyetel Google agar secara otomatis menghapus jenis data ini baik tidak pernah atau setiap tiga atau 18 bulan, pilih Hapus otomatis dan pilih jangka waktu yang Anda rasa paling nyaman. Google akan segera menghapus data saat ini yang lebih lama dari jangka waktu yang Anda tentukan. Misalnya, jika Anda memilih tiga bulan, informasi apa pun yang lebih lama dari tiga bulan akan segera dihapus.
  6. Setelah Anda memilih pengaturan Hapus otomatis, popup akan muncul dan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Pilih Hapus atau Konfirmasi.
  7. Selanjutnya, klik Kelola Aktivitas. Halaman ini menampilkan semua informasi yang dikumpulkan Google tentang Anda dari aktivitas yang disebutkan di langkah sebelumnya, disusun berdasarkan tanggal, dari hari Anda membuat akun atau terakhir kali Anda menghapus daftar ini.
  8. Untuk menghapus hari tertentu, pilih ikon tempat sampah di sebelah kanan hari, lalu pilih Oke. Untuk mendapatkan detail yang lebih spesifik atau untuk menghapus item satu per satu, pilih ikon tiga titik bertumpuk di samping item lalu pilih Hapus atau Detail.
  9. Jika Anda lebih suka menghapus sebagian atau seluruh riwayat Anda secara manual, pilih ikon tiga titik bertumpuk di sebelah kanan bilah pencarian di bagian atas halaman dan pilih Hapus aktivitas lalu pilih Satu jam terakhir, Hari terakhir, Semua waktu atau Rentang khusus.
  10. Untuk memastikan pengaturan baru Anda dilakukan, kembali ke Kelola Aktivitas (langkah 4) dan pastikan apa pun yang ada di sana hanya kembali tiga atau 18 bulan yang Anda pilih di langkah 5.
Artikel terkait:   Menguak Fakta Empiris Radiasi Ponsel Terhadap Kanker Otak

Akses catatan Google tentang riwayat lokasi Anda

Mungkin lebih tidak menyenangkan daripada Google yang mengetahui resep apa yang telah Anda masak, tujuan liburan apa yang Anda minati atau seberapa sering Anda memeriksa nomor Powerball, ketepatan catatan Google tentang keberadaan Anda bisa sangat mengerikan, bahkan jika Anda jangan pernah melakukan apa pun yang seharusnya tidak Anda lakukan.

Jika Anda masuk ke Google Maps pada perangkat seluler, mata Google mengawasi setiap gerakan Anda. Ini cukup untuk membuat Anda ingin meninggalkan ponsel di rumah. Untungnya, itu tidak perlu. Berikut cara mengakses, mengelola, dan menghapus data lokasi Google Anda:

  1. Masuk ke Akun Google Anda dan pilih Data & Personalisasi dari bilah navigasi.
  2. Untuk melihat daftar semua data lokasi Anda yang telah dicatat Google, gulir ke Kontrol aktivitas dan pilih Riwayat Lokasi.
  3. Jika Anda ingin Google berhenti melacak lokasi Anda, matikan sakelar di halaman ini.
  4. Untuk mengatur Google agar secara otomatis menghapus jenis data ini baik tidak pernah atau setiap tiga atau 18 bulan, pilih Hapus otomatis lalu pilih jangka waktu yang paling Anda sukai. Google akan menghapus data saat ini yang lebih lama dari jangka waktu yang Anda tentukan. Misalnya, jika Anda memilih tiga bulan, informasi apa pun yang lebih lama dari tiga bulan akan segera dihapus.
  5. Setelah Anda memilih pengaturan Hapus otomatis, popup akan muncul dan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Pilih Hapus atau Konfirmasi.
  6. Selanjutnya, klik Kelola Aktivitas. Halaman ini menampilkan semua informasi lokasi yang dikumpulkan Google tentang Anda sebagai garis waktu dan peta, termasuk tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi, rute yang Anda ambil ke sana dan kembali, serta frekuensi dan tanggal kunjungan.
  7. Untuk menghapus semua riwayat lokasi secara permanen, klik ikon tempat sampah di pojok kanan bawah dan pilih Hapus Riwayat Lokasi saat diminta. Untuk menghapus perjalanan individu, pilih titik di peta atau bilah di garis waktu, lalu, di halaman berikutnya, klik ikon tempat sampah di samping tanggal perjalanan yang ingin Anda hapus.
  8. Untuk memastikan data lokasi Anda benar-benar hilang, mulai lagi dengan Kontrol Aktivitas di langkah 2, lalu setelah Kelola Aktivitas di langkah 4, pastikan garis waktu di sudut kiri atas kosong dan tidak ada titik di peta yang menunjukkan Anda sebelumnya lokasi.
Artikel terkait:   8 Dampak Negatif Kecanduan Internet bagi Kesehatan dan Tips Bijak untuk Mengatasinya

Kelola penelusuran YouTube dan riwayat tontonan Anda

Dari semua data pribadi yang dilacak Google, riwayat penelusuran dan tontonan YouTube Anda mungkin yang paling tidak berbahaya.

Tidak hanya itu, mengizinkan Google untuk melacak riwayat YouTube Anda mungkin memiliki manfaat yang paling jelas – ini membantu YouTube mencari tahu jenis video apa yang Anda suka sehingga dapat menyajikan lebih banyak jenis konten yang akan Anda nikmati.

Berikut cara untuk melihat riwayat YouTube Anda dan, jika Anda mau, cara menghapusnya, baik secara manual atau dengan interval tiga atau 18 bulan. Sama seperti Aktivitas Web & Aplikasi, sebaiknya setel YouTube untuk membersihkan data Anda setiap tiga bulan.

Itu sudah cukup lama sehingga rekomendasi YouTube akan tetap segar, tetapi tidak meninggalkan jejak data pribadi selama bertahun-tahun.

  1. Masuk ke Akun Google Anda dan pilih Data & Personalisasi dari bilah navigasi.
  2. Untuk melihat daftar semua data YouTube Anda yang telah dicatat oleh Google, gulir ke Kontrol aktivitas dan pilih Riwayat YouTube.
  3. Jika Anda ingin Google berhenti melacak pencarian YouTube dan riwayat penayangan Anda sepenuhnya, matikan sakelar di halaman ini. Untuk menghentikan Google melacak baik hanya video yang Anda tonton atau hanya penelusuran Anda, hapus centang pada kotak yang sesuai.
  4. Untuk menyetel Google agar secara otomatis menghapus data YouTube Anda tidak pernah atau setiap tiga atau 18 bulan, pilih Hapus otomatis dan pilih jangka waktu yang Anda rasa paling nyaman. Google akan menghapus data saat ini yang lebih lama dari jangka waktu yang Anda tentukan. Misalnya, jika Anda memilih tiga bulan, informasi apa pun yang lebih lama dari tiga bulan akan segera dihapus.
  5. Setelah Anda memilih pengaturan Hapus otomatis, popup akan muncul dan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Pilih Hapus atau Konfirmasi.
  6. Selanjutnya, klik Kelola Aktivitas. Di sinilah setiap pencarian yang Anda lakukan dan setiap video yang Anda tonton terdaftar.
  7. Untuk menghapus hari tertentu, pilih ikon tempat sampah di sebelah kanan hari, lalu pilih Oke. Untuk mendapatkan detail yang lebih spesifik atau untuk menghapus item satu per satu, pilih ikon tiga titik bertumpuk lalu pilih Hapus atau Detail.
  8. Jika Anda lebih suka menghapus sebagian atau seluruh riwayat Anda secara manual, pilih ikon tiga titik bertumpuk di sebelah kanan bilah pencarian di bagian atas halaman dan pilih Hapus aktivitas lalu pilih Satu jam terakhir, Hari terakhir, Semua waktu atau Rentang khusus.
  9. Untuk memastikan data YouTube Anda benar-benar hilang, mulai lagi dengan Kontrol Aktivitas di langkah 2, lalu setelah Kelola Aktivitas di langkah 4 pastikan apa pun yang ada di sana (jika Anda menghapus semuanya, tidak akan ada apa-apa) hanya kembali selama tiga atau 18 bulan yang Anda pilih di langkah 5. Diadaptasi dari [SUMBER]

Satu hal lagi yang penting tentang privasi Anda

Diperingatkan, hanya karena Anda menyetel Google untuk tidak melacak aktivitas online atau offline Anda tidak berarti Anda telah menutup data Anda ke Google sepenuhnya.

Google telah mengakui dapat melacak lokasi fisik Anda meskipun Anda mematikan layanan lokasi menggunakan informasi yang dikumpulkan dari Wi-Fi dan sinyal nirkabel lainnya di dekat ponsel Anda.

Selain itu, seperti yang telah dilakukan Facebook selama bertahun-tahun, Google bahkan tidak membutuhkan Anda untuk masuk untuk melacak Anda.

Belum lagi, terkadang ada kontradiksi antara pernyataan Google tentang masalah privasi.

Misalnya, Google telah mengaku memindai pesan Gmail Anda untuk menyusun daftar pembelian Anda meskipun secara publik menyatakan dalam rilis pers 2018, “Untuk menjadi sangat jelas: tidak seorang pun di Google membaca Gmail Anda, kecuali dalam kasus yang sangat spesifik di mana Anda meminta kami dan memberikan persetujuan, atau jika perlu untuk tujuan keamanan, seperti menyelidiki bug atau penyalahgunaan.

” Mungkin yang dimaksud dengan “tidak ada” Google berarti “bukan manusia”, tetapi di zaman AI yang semakin kuat, perbedaan seperti itu masih diperdebatkan.

Intinya adalah, pada akhirnya terserah Anda untuk melindungi diri dari praktik data invasif.

Delapan aplikasi ponsel cerdas ini dapat membantu mengelola kata sandi Anda dan mengaburkan data browser Anda, serta melakukan beberapa tugas terkait privasi lainnya. Jika Anda memiliki smart speaker Google Home di rumah, berikut cara mengelola privasi Anda dengan Asisten Google.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *