Inilah Fungsi Tab Home pada Microsoft Excel 2007, Pengguna MS Office Masuk Sini!

Melanjutkan sharing sebelumnya tentang cara mengoperasikan microsoft excel 2007, kali ini kita akan membahas tentang fungsi tab home pada microsoft excel 2007. Karena sejatinya hal ini jarang sekali diperhatikan, maka dalam kesempatan ini akan kita kupas secara mendalam.

 

Fungsi tab home merupakan tab menu yang paling banyak digunakan untuk formating dasar dalam excel. Fungsinya adalah untuk formating font, alignment, number, cell dan editing.

 

Mungkin terasa membosankan bagi Anda yang sudah sehari-hari bekerja dengan excel, oleh karenanya hal ini dikhususkan bagi pemula. Sebelum melanjutkan, ada baiknya kita perhatikan dulu hal-hal berikut.

 

Tab Menu

Tab Menu adalah sebuah menu utama yang mengawasi sejumlah menu yang akan kita sebut menu Ribbon. Dalam Tab Menu ini bisa kita lihat pengaturan tata letak (page layout), data, insert dan lain sebagainya. Diskusi berikut dari ikon Tab berfungsi pada Microsoft Excel 2007. Untuk MS Excel 2010 terdapat sejumlah menu yang berubah letaknya, namun tetap pada koridor yang sama.

 

Baiklah, mari kita lanjutkan pembahasan tentang fungsi tab home pada microsoft excel 2007, karena tab home tidak bisa terpisahkan dari tab menulainnya, makanya akan kita bahas secara keseluruhan untuk semua tab menu yang ada pada MS Excel.

 

1.Tab Beranda (Home)

Setidaknya ada tujuh grup menu turunan di Tab Menu “Beranda”. Mari kita bahas satu persatu dengan diskusi dan penjelasan yang cukup singkat.

 

Papan klip

Seperti di Microsoft Word, di Excel ada juga Clipboard yang berfungsi untuk menyalin, memotong, dan menempel. Fungsi ini juga dapat muncul pada menu Access untuk kemudahan penggunaan.

 

Font

Sesuai dengan nama grup menu “Font” berisi ikon – ikon yang berfungsi untuk penyebaran pada Font atau teks. Atur font, ukuran (ukuran), karakter (Bold, Italic, Underline) untuk mengatur warna font.

 

Penjajaran (Alignment)

Ternyata di sini kita juga menemukan menu “Alignment” yang berisi pengaturan ikon pelurusan teks seperti rata kanan, tengah datar, teks atas, tengah dan bawah. Lalu ada juga menu gabungan & tengah untuk menggabungkan dua “cel” di Microsoft Excel.

 

Number

Dalam menu ini terdapat beberapa ikon gambar yang berfungsi terkait dengan pengaturan nomor yang ada pada microsoft exce seperti mengubah angka menjadi teks (huruf), prosestase dan sebagainya.

 

Gaya (Style)

Berisi beberapa ikon menu yang terkait dengan gaya seperti format tabel, gaya Sel dan pemformatan bersyarat.

 

Cell

Menu Cells berisi beberapa menu untuk mengatur Cells pada lembar kerja Microsoft Excel, yaitu Format Cells, Delet dan juga menambahkan Cells.

 

Editing

Dalam grup menu Pengeditan ini berisi menu Edit seperti filter dan Sortir di mana kita dapat menyaring dan menyortir isi kolom dalam sel di Microsoft Excel. Selain itu ada juga Auto Sum dimana kita bisa langsung menambahkan beberapa Cell dengan hanya mengklik menu Auto Sum.

 

Nah, itu adalah deretan menu – menu atau ikon yang ada di Tab Menu “Home”. Kami terus memperbaharui fungsi icon di Microsoft Excel 2007 dan gambarnya dengan menu Tab “Insert”

 

 

2.Tab Menu Insert

Masih di Tab Menu, melanjutkan dari menu Beranda ke menu berikutnya yaitu ‘Sisipkan’, seperti namanya, fungsi menu ini untuk input atau inport atau dapat juga dikatakan untuk membuat berbagai komponen seperti tabel, menyisipkan gambar, bagan Dan seterusnya.

 

Table

Dalam grup menu ini ada dua ikon tabel dan tabel pivot. Kedua menu ini berfungsi untuk pengaturan dalam tabel di Excel

 

Ilustrasi

Seperti di Microsoft Word di Excel kami juga dapat menambahkan gambar, Clip Art, Shapes dengan Insert Illustrations menu.

 

Grafik (Chart)

Buat bagan, diagram batang, diagram cuplikan dengan mudah menggunakan menu Insert Chart yang memiliki desain dan tata letak yang lengkap. Baca juga: Cara Membuat Grafk Batang di Excel 2007 untuk Pemula.

 

Hiperlink

Untuk memasukkan Link baik online dengan jaringan internet atau offline (lokal) file lain di komputer Anda.

 

Teks

Berfungsi untuk memasukkan beberapa fungsi teks di Microsoft Excel seperti Symbol, Object, Word Art to Header and Footer.

 

Symbol

Berfungsi untuk insert symbol dan equation.

 

 

3.Tab Menu Tata Letak Halaman (Page Layout)

Selanjutnya adalah tab menu Page Layout. Ada berbagai menu yang tersedia di Halaman Layout ini seperti pengaturan pada ukuran kertas, margin, area cetak dan kemudian tema dan banyak lagi. Berikut detailnya:

 

Tema (Theme)

Tentu saja menu ini berfungsi untuk mengatur Tema. Bukan hanya tampilan tetapi banyak pengaturan lainnya. Cobalah Anda memilih salah satu tema yang ada. Anda akan tahu di mana perubahan itu.

 

Pengaturan halaman (Page Setup)

Kebanyakan orang tahu menu ini. Pengaturan Halaman berisi menu yang berfungsi untuk mengelola dokumen seperti ukuran kertas atau jenis kertas, margin dan orientasi penulisan (lanskap / Potret).

 

Scale to Fit

Menu berfungsi untuk mengatur scala pada sel, yang mengatur lebar kolom dan tinggi kolom ketika ada tulisan di dalamnya. Lebar akan disesuaikan dengan tulisan secara otomatis atau dapat diatur secara manual.

 

Artikel lainnya: Cara Memindahkan Sheet pada Microsoft Excel 2007 untuk Pemula.

 

 

4.Tab Menu Formula

Ini masih ada di bagian Menu Tab menu dan fungsi ikon di Microsoft Excel 2007. Kali ini Formula berisi banyak ikon yang hampir semuanya berhubungan dengan Formula atau formula. Di sana kita bisa melihat ada menu “Function Library” di mana kita dapat menemukan fungsi perhitungan yang kita lupa atau kita dapat masuk langsung dari menu. Dan beberapa menu lain yang berfungsi untuk pengaturan dan perumusan formula. Define Name, Formula Auditing dan Calculation.

 

5.Tab Menu Data

Selanjutnya Tab Menu “Data” berisi pengaturan – pengaturan untuk memproses data, seperti mengurutkan dan menyaring data, kemudian teks ke colom adalah memisahkan atau menggabungkan kolom yang memiliki data isisi. Dan banyak lagi yang semuanya terkait dengan data – data di Microsoft Excel 2007.

 

6.Tab Menu Review (Ulasan)

Pada menu Review Anda dapat memeriksa Speling (menu proofing), lalu menambahkan komentar (comment) dan juga Anda dapat melakukan perlindungan atau proteksi pada Workbook.

 

7.Tab Menu View

Dalam menu “tab view” ada berbagai pengaturan termasuk untuk mengatur Lihat atau menampilkan lembar kerja, menampilkan atau menyembunyikan beberapa menu seperti penggaris, bilah rumus dan sebagainya. Di menu ini ada juga Freeze di mana Anda dapat memotong salah satu kolom untuk tetap ditampilkan ketika lembar kerja dipindahkan. Dan ada banyak pengaturan lain di menu ini seperti zoom, Windows dan Macros.

 

Bonus Tambahan

Sebagai bonus tambahan, berikut kami lampirkan juga 2 menu yang luput dari perhatian kita, berikut selengkapnya.

 

1.Office Buton (Tombol Office)

Ada yang hilang. “Office Buton” adalah tombol bertuliskan Microsoft Office Excel yang terletak di sudut kiri atas. Dari sini kita dapat mengakses berbagai menu standar seperti Simpan, buka dokumen, lembar kerja baru juga perintah pencetakan.

 

2.Scroll Bar

Di Microsoft Excel juga dilengkapi dengan Scoll Bar untuk memudahkan mengakses halaman yang sudah terlampaui. Ada juga mode zoom, dan tampilan pengaturan worksheet.

Nah, demikianlah pembahasan tentang fungsi tab home pada microsoft excel 2007, serta tab menu lain yang terdapat pada excel. Jika mengalami kesulitan untuk memahami, silahkan baca sekali lagi, atau bookmark halaman ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *