Cara Mudah Menggunakan Rumus Pembagian di Excel 2007/2010 [Tutorial Pemula]

Ini adalah tutorial Excel tentang rumus pembagian di Excel. Dan kami yakin bahwa Anda akan sering (ada yang selalu) menggunakan pembagi

Jangan kehilangan waktu lagi, ketika Anda mulai mengolah data dan angka pada excel 2007/2010, dan beginilah caranya.

Untuk memulainya, penting untuk menyadari bahwa ada lebih dari satu cara bagaimana melakukan pembagian di Excel, dan metode ini lebih maju. Di sini kita akan berkonsentrasi pada cara sederhana dan dasar cara membagi dua angka dalam sebuah tabel.

 

Cara #1 Membagi antar kolom

Kami akan menggunakan tabel ini untuk menunjukkan cara mengerjakan apa pun yang kami butuhkan, langkah demi langkah. Ada angka yang ditulis di kolom H dan I. Berkat rumus yang mudah, kami akan membaginya dan hasilnya akan muncul di kolom J.

Penulisan rumus =H4/I4

Pertama, klik pada sel di mana Anda ingin menampilkan hasilnya. Mari pilih sel I2 untuk perhitungan pertama kami.

Sekarang, cari tombol ‘sama’ dan tekan. Ini berfungsi sebagai semacam sinyal ke Excel yang ingin kita masukkan formula di dalam sel.

Lalu kami klik pada sel yang berisi angka pertama yang akan dibagi, dalam hal ini sel H4. Setelah anda memilih sel, kita dapat melihat bagaimana bagian lain dari formula muncul setelah tanda ‘sama’ – itu adalah referensi sel, I4.

Selanjutnya, kita perlu menambahkan simbol untuk operasi matematika yang ingin kita lakukan, jadi kita akan menggunakan garis miring, yang digunakan untuk pembagian di Excel.

Setelah itu, klik pada sel yang berisi pembagi, yaitu J4.

Jadi, apa yang baru saja kami lakukan adalah kami memberi tahu Excel untuk membagi angka dalam sel H4 dengan angka di sel I4.

Artikel terkait:   Inilah Rumus Excel untuk Menghitung Jumlah Data [Tutorial Pemula]

Tekan ‘Enter’ dan Anda selesai! Hasilnya tersedia sekaligus.

Anda bisa menggunakan langkah-langkah serupa untuk menambah, mengurangi atau bahkan mengalikan dalam Excel. Anda dapat menonton tutorial terpisah yang menjelaskan cara melakukan perhitungan ini secara lebih rinci.

Tapi ini tidak semua! Di sinilah ‘lifehack’ kecil yang berguna hanya untuk Anda!

Jika Anda perlu membagi angka dalam baris 5 – 8, lalu klik pada sel yang berisi formula yang baru saja kita buat, yaitu sel J4.

Arahkan kursor ke sudut kanan bawah sel hingga Anda melihat simbol silang, lalu gunakan klik kiri untuk menyeret rumus ke bawah melalui sisa baris.

Dan ini dia! Kerja bagus! Anda telah berhasil membagi angka dalam ketiga baris!

Baca juga: Cara Menjumlahkan Angka di Excel dengan Mudah.

Cara #2 Menuliskan Langsung Angka Pembagi dan yang Dibagi

Penulisan rumus pembagian di excel yang kedua ini sangat gampang sekali, akan tetapi hanya bisa digunakan untuk angka yang sangat sedikit. Karena kita tidak memiliki datanya, jadi langkah ini hanya sekali digunakan dan tidak bisa berulang ulang.

Dengan kata lain, kita hanya mencarinya seperti menggunakan kalkulator saja. Untuk mengolah angka, cara ini tidak direkomendasikan, namun Anda perlu tahu ini.

Caranya begini.

Pilih range cell E7, kemudian ketik angka berikut: =15/2/2

Dan hasilnya adalah 3,75 (desimal 2 angka dibelakang koma).

Cara #3. Menggunakan Fungsi =QUOTIENT

Perlu Anda ketahu bahwa fungsi ini digunakan untuk membagi dengan hasil pembagian yang langsung pembulatan kebawah. Dengan kata lain, tidak ada hasil desimal dalam rumus ini, jadi Anda boleh saja pakai rumus ini jika operasi pembagian Anda tidak menghendaki adanya desimal.

Artikel terkait:   Cara Mudah Menghitung Standar Deviasi di Excel 2010/2007

Begini cara menggunakan rumusnya.

=quotient(numerator;denominator)

Pertama, buat data seperti yang kami siapkan pada kolom A, B, C dan D. Dengan rincian, kolom A = angka yang dibagi, kolom B= angka pembagi, kolom C = hasil operasi dan kolom D = penulisan rumus.

Kedua, pilih cell pada kolom C4, kemudian ketik rumus =quotient(A4;B4) kemudian enter.

Untuk mencopy paste rumus pada baris 5-8, silahkan lakukan sesuka Anda, bisa dengan CTRL + C (copy) kemudian pilih baris/kolom dan  CTRL + V untuk paste rumus tadi.

Bisa juga dengan cara menarik rumus kebawah dengan cara mengarahkan kursor pada sudut bawah cell sampai kursor berubah menjadi tanda + berwarna hitam. Perhatikan caranya dalam video ini.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *