Tutorial singkat kali ini akan membahas cara mengunci rumus excel dengan password. Hal ini menjadi salah satu yang terpenting dalam excel yang wajib untuk diketahui guna melindungi lembar kerja excel baik dari ketidak sengajaan edit rumus saat entri data atau ulah tangan jahil.

Menggunakan beberapa rumus atau fungsi secara bersamaan dalam satu worksheet seringkali menuntut kita untuk berhati-hati agar fungsi tidak terhapus tanpa disengaja. Untuk meminimalisir hal itu, mau gak mau kita harus mengunci rumus excel. Dan langkah-langkah untuk melakukannya tidaklah sulit, bahkan untuk Anda pemula sekalipun.

Cukup dengan tiga langkah mudah, worksheet Anda yang berisi sejumlah fungsi yang berjumlah ratusan cell akan terlindungi. Dan  anda tidak perlu repot-repot untuk memilih satu per satu rumus yang akan dikunci dengan password.

Artikel lain: Cara Mengunci File Excel 2007 dengan Password.

Dalam tutorial ini juga diajarkan cara memilih dan memblok cell yang berisi rumus atau formula secara otomatis. Selain menghemat waktu, hal ini akan meminimalisir kekeliruan. Nah, untuk mempersingkat waktu Anda memahami tutorial ini, berikut akan dijelaskan cara mengunci rumus excel 2007 dengan password.

Perhatikan penjelasan dan gambar dibawah:

1.Pertama, buka lembar kerja excel atau file excel dengan sejumlah rumus yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

2.Pilih menu Find and Select > Go To Special > pilih Formula > centang Number, Text, Logicals, Errors > klik OK.

3.Semua cel yang formula akan terblok atau disorot otomatis, selanjutnya Klik kanan pada cell yang disorot > pilih Format Cells > Protection > centang Locked > klik OK.

4.Pilih menu Review > Protect Sheet > centang Protect Worksheet and content of Locked Cells > centang Sellect Locked Cells > centang Sellect Unlocked Cells > masukan password, kemudian ketika sekali lagi untuk konfirmasi password dan terakhir  klik OK atau Enter. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Sampai pada tahapan ini, Anda sudah berhasil mengunci rumus excel, namun Anda jangan langsung percaya begitu saja. Anda perlu melakukan ujicoba barulah Anda boleh bercaya. Jika Anda mau langsung percaya sih gak masalah juga.

Untuk itu, silahkan Anda edit data pada cell atau hapus salah satu cell yang ada rumus, dan tara….hasilnya anda akan melihat peringatan bahwa cell tersebut diprotect, seperti pada gambar berikut.

Nah, usai sudah tugas saya untuk menyampaikan tutorial cara mengunci rumus excel pada satu worksheet dengan password. Teruslah berlatih agar Anda semakin mahir dalam memahami berbagai fungsi yang terdapat dalam excel.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *