READ MOREDapatkan Info Seputar Tutorial Excel

Cara Menghitung Present Value dengan Excel 2010/2007 [Panduan Pemula]

Present Value adalah salah satu fungsi keuangan untuk menghitung nilai pinjaman atau investasi saat ini, berdasarkan suku bunga tetap. Dalam ms excel, cara menghitung present value di excel di tulis dengan syntax PV. Anda bisa menggunakan fungsi PV dengan pembayaran berkala, tetap (contohnya pinjaman hipotek), atau nilai hasil investasi di masa yang akan datang.

Pada tutorial kali ini, kita akan mengulas sedikit informasi tentang PV yang dicontohkan pada table excel berikut. Caranya menghitungnya sebenarnya sangat sederhana, dan tidak serumit penghitungan rasionya pada fungsi keuangan.

Serius nih, untuk Anda yang pemula sekalipun, hal ini bisa dengan cepat untuk dilakukan.

Dalam hitungan menit atau bahkan kurang dari 1 menit. Catatannya, semua data yang dibutuhkan telah disiapkan, termasuk untuk rate dan npernya.

Artikel menarik: Cara Mudah menghitung diskon di excel 2007.

Syntax

=PV(rate, nper, pmt, [fv], [type])

Sintaks pada fungsi PV mempunyai argumen berikut:

Rate: wajib/diperlukan. Suku bunga masing-masing periode. Contohnya, jika Anda berencana kredit mobil dengan bunga 10% pertahun dan cicilan dilakukan secara bulanan, maka suku bunga per bulan kredit Anda menjadi 10% dibagi 12, atau 0.83% perbulan. Anda akan memasukkan 10%/12, atau 0.83%, atau 0.0083, pada rumus sebagai suku bunga (RATE).

Nper, wajib/Diperlukan. Total jumlah periode pembayaran dalam satu anuitas. Contohnya, Anda mendapatkan fasilitas kredit mobil selama empat tahun dan cicil bulanan, maka pinjaman Anda memiliki periode 4×12 (atau 48 bulan). Anda akan memasukkan angka 48 ke dalam rumus nper.

Pmt, wajib/Diperlukan. Pembayaran yang dilakukan setiap periode dan tidak bisa berubah sepanjang hidup anuitas. Umumnya, pmt mencakup angsuran pokok pinjaman dan bunga tanpa biaya lain dan pajak.

Artikel terkait:   Cara Mudah Menghitung Hari di Excel 2007 untuk Pemula

Contohnya, pembayaran cicilan kredit mobil sebesar Rp 10.000 selama empat tahun dengan bunga 12 persen adalah Rp 263.33. Anda akan memasukkan -263.33 ke dalam rumus sebagai pmt. Jika baris pmt dikosongkan, Anda harus memasukkan argumen fv.

Fv, bersifat opsional. Nilai masa mendatang, atau keseimbangan kas yang ingin Anda capai setelah pembayaran terakhir dilakukan. Jika fv dikosongkan, maka diasumsikan sebagai 0 (misalnya, nilai masa depan sebuah pinjaman adalah 0).

Contohnya, Anda ingin menabung sebesar Rp 50.000 untuk membayar sebuah proyek khusus dalam waktu 18 tahun, maka Rp 50.000 adalah nilai masa depan. Setelah itu Anda dapat membuat perkiraan konservatif terhadap suku bunga dan menentukan berapa banyak yang harus Anda tabung setiap bulan. Jika pmt dikosongkan, Anda harus memasukkan argumen pmt.

Type, bersifat Opsional. Angka 0 atau 1 dan menunjukkan kapan pembayaran jatuh tempo.

Oke, kita lanjut. Pada contoh kali ini kita menghitung simpanan ya.

Untuk mempersingkat waktu mari kita mulai latihan kali ini dan selamat mengikuti.

Rumus Present Value di Excel 2010

1.Pertama, siapkan table yang terdiri dari judul table, baris Rate, Nper, PMT, FV. Sebagai contoh, Anda boleh mengikuti contoh yang kami buat, atau silahkan sesuaikan sendiri.

2.Selanjutnya, pada baris akhir (Nilai Saat Iini), atau pada Cell D7, ketik atau masukan rumus berikut =-PV(D3;D4;D5;D6;0). Setelah memasukan/ketik rumus, silahkan tekan enter.

3.Penulisan rumus ditambahkan tanda (-), tujuannya jelas agar hasil perhitungan tidak negative. Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar pada gambar dibawah ini ya.

Jika masih ada yang belum jelas, silahkan diskusi pada kolom komentar ya, ditunggu tanggapannya.

Demikian pembahasan kali ini tentang  cara menghitung present value dengan ms excel 2010 dan mudah-mudahan pembahasan ini bermanfaat.

Artikel terkait:   Cara Menghapus Baris Kosong di Excel 2007 Secara Bersamaan untuk Pemula

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *