Cara Mencari Nilai Rata – Rata di Excel 2007 dengan Fungsi Average untuk Pemula

Setelah sebelumnya kita belajar cara membuat garis (border) dan cara membuat grafik line di excel 2007, kali ini kita akan mempelajari materi yang agak serius tentang statistik, yaitu cara menghitung nilai rata-rata. Fungsi Average sebenarnya sangat mudah untuk dipahami, sekalipun Anda yang masih pemula.

Rumus rata-rata excel (average) sering digunakan untuk mencari nilai rata-rata berdasarkan data yang sudah ditentukan pada satu periode atau kelompok data tertentu dalam tabel excel.

Dalam latihan ini, kami telah menyiapkan data berupa poin yang diperoleh setiap karyawan. Kita bisa melihat pada gambar yang sudah kita tampilkan dibawah ini. Dan latihan kita kali ini adalah menghitung nilai rata-rata menggunakan rumus rata rata excel yaitu fungsi average.

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita lihat pada tabel data yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah membaca, Anda boleh siapkan sendiri data sesuai keinginan Anda. Baca selengkapnya…

 

Berikut ini Langkah-langkahnya:

  • Letakkan kursor ke garis nilai rata-rata lalu ketik rumus = rata-rata (C2: C11) lalu masukkan. Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus = rata-rata (, tandai semua data dari kolom C baris 2 ke baris 11 lalu beri tanda kurung dan tekan enter.

  • Setelah selesai, tekan enter dan nilai rata-rata telah didapat.

  • Untuk menghitung rata-rata yang terdiri dari banyak kolom kita hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian. Mari kita lakukan bersama…

  • Hitung nilai rata-rata di kolom pertama terlebih dahulu dulu, rumusnya sama seperti sebelumnya.

  • Jika sekarang Anda mengarahkan kursor ke kotak nilai rata-rata kolom pertama sampai tanda tambah (+) muncul, lalu klik dan seret ke akhir kolom data. Dropout dan formula akan otomatis diterapkan ke semua kolom. Dengan begitu Anda tidak perlu memasukkan formula satu-ke-satu ke dalam bidang data.

  • Cara pintas untuk melakukan copy rumus adalah: letakan kursor pada cell yang yang terdapat rumus, tekan CTRL + C, kemudian pindahkan kursor pada cell yang diinginkan, lalu tekan CTRL + V.

 

  • Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

  • Dengan cara yang sama Anda bisa mulai untuk menemukan nilai rata-rata pada setiap baris. Masukkan rumus rata-rata ke dalam cell di kolom paling kanan dari baris paling atas.

 

  • Setelah hasilnya diperoleh, arahkan kursor ke tepi kanan nilai rata-rata pertama lalu klik dan seret ke baris bawah. Untuk cara pintas, silahkan lihat cara copy paste rumus dibagian atas.

 

  • Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini. Nilai rata-rata telah berhasil dihitung baik untuk kolom maupun baris.

Dari hasil diatas, kita bisa melihat bahwa langkah demi langkah tidak sulit untuk dicoba.

Nah, demikianlah materi kita kali ini tentang cara menghitung nilai rata rata di excel 2007 untuk pemula. Mudahnya, Anda bisa menggunakan rumus rata rata excel dengan fungsi average sesuai keperluan Anda.

Selamat mencoba, dan mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

sumber artikel dan gambar: https://dailysocial.id/post/cara-menghitung-nilai-rata-rata-di-microsoft-excel-2007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *