Cara Menghitung Masa Kerja di Excel 2010/2007 untuk Pemula

Halo, berjumpa lagi dengan kami dalam sesi singkat ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang fungsi datedif yang berfungsi untuk menghitung masa kerja di excel.

Tutorial ini akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu langkah sederhana dan langkah yang panjang dengan menggabungkan fungsi lain di excel.

Oke, untuk memulai tutorial ini, perlu diketahui bahwa masa kerja itu tidak selamanya genap pada tahun tertentu, namun adakalanya menjadi tahun bulan dan hari.

Karena itulah, dari awal tutorial ini dibuat lengkap untuk membantu Anda ketika diminta menghitung masa kerja yang belum genap seperti yang dikelaskan diatas.

Baca juga: Memahami Fungsi End pada Excel.

Rumus untuk menghitung masa kerja yang kita gunakan adalah “datedif”

Syntax

Penulisan rumus datedif =datedif(start_date;end_date;unit)

Keterangan:

Start_date merupakan tanggal awal pada perhitungan masa kerja.

End_date merupakan tanggal akhir atau tanggal yang kita kehendaki unttuk diketahui masa kerjanya.

Unit merupakan penulisan unit dalam Tahun yang tulis dengan “Y” , Bulan yang ditulis dengan “YM” dan hari yang ditulis dengan “D”.

 

Sebagai ilustrasi, berikut ini data karyawan yang dimiliki oleh PT. Mekar Bersama Matahari.

Data Karyawan

cara menghitung masa kerja di excel

Perintah: Berdasarkan data diatas, hitunglah masa kerja semua karyawan dan berapa orang karyawan yang sudah genap 5 tahun pada tanggal 30 juli 2020.

Untuk mengerjakan perintah diatas, katakanlah Anda adalah seorang karyawan dibagian HRD yang diberi tugas oleh atasan untuk menghitung masa kerja karyawan, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Untuk menjawab perintah pertama: kita ingin mengetahui masa kerja berdasarkan tahun saja maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut:

=DATEDIF(D5;”30/7/2020″;”Y”) &” Tahun”

Dengan begini, maka hasil yang diperoleh adahal masa kerja berdasarkan tahun. Jika belum genap atau tanggal belum mencukupi, maka hasil akan dibulatkan kebawah. Misalnya 3 tahun 5 bulan maka hasilnya berdasarkan perhitungan datedif adalah 3 tahun.

Artikel terkait:   Trik Mudah Menggunakan Rumus Excel Vlookup pada Sheet Berbeda

Untuk lebih jelas, perhatikan penulisannya pada gambar berikut ini:

Akan tetapi jika kita ingin mengetahui detil berapa lama masa kersa seseorang karyawab (tahun dan bulan) maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut:

=DATEDIF(D29;”30/7/2020″;”Y”) &” Tahun “&DATEDIF(D29;”30/7/2020″;”YM”) &” Bulan”

Hasil dari rumus berikut adalah 3 tahun 5 bulan.

Lebih lanjut, silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Untuk menjawab perintah kedua: berapa orang yang masa kerjanya 5 tahun, maka Anda bisa menghitungnya secara manual. Dalam kasus data karyawan PT. Mekar bersama Matahari ini, jawabannya adalah 7 orang (pada gambar diatas diberi warna kuning).

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, untuk menghitung masa kerja di excel 2010/2007, gunakan rumus datedif dan penulisan ekstensi tahun/bulan dengan &” Tahun “.

 

Untuk bahan latihan, silahkan DOWNLOAD file Latihan DISINI.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *