Tutorial singkat yang akan kita bahas kali adalah cara menghitung hari di excel 2007 untuk pemula. Disini kita bisa menggunakan fungsi DAYS360 agar proses lebih cepat dan tentu saja caranya mudah dan praktis. Meskipun begitu, tentu saja hal ini tidak bisa kita anggap remeh, karena mempelajari excel memang butuh keseriusan.

Dalam menghitung hari di excel terutama pada dua rentang tanggal dalam satu tahun atau lebih, bertujuan untuk mencari tahu jumlah hari atau lebih tepatnya dikonversi dalam hari. Misanya 7 hari dalam seminggu, 100 hari dalam 3 bulan lebih atau yang lainnya.

Artikel lain: Cara Menghitung Umur di Excel 2007 dengan fungsi Datedif.

Jika jumlah hari tidak terlalu lama, mungkin kita bisa menggunakan dengan cara manual. Namun jika jumlah hari sudah mencapai angka diatas 100, tentu diperlukan sebuah fungsi excel yang nantinya akan mempermudah dan mempercepat proses perhitungan.

Salah satu fungsi excel yang bisa kita gunakan untuk menghitung hari adalah fungsi days360. Penulisan fungsi ini sangat mudah bahkan untuk Anda yang pemula sekalipun. Berikut ulasan selengkapnya.

Penulisan fungsi days360 adalah sebagai berikut:

=days360(start_date;end_date;[method])

Keterangan rumus:

Start_date dan end_date adalah dua tanggal berbeda yang sudah kita ketahui pada satu atau tahun tertentu.

Method adalah logika nilai yang terdapat dalam sebuah fungsi, TRUE dinyatakan dengan angka 1 dan FALSE dinyatakan dengan angka 0.

Contoh penerapan dalam excel 2007: Berapa jumlah hari yang terdapat pada rentang tanggal 1/1/2017 sampai 30/4/2017?

Maka dapat kita tuliskan rumus excelnya sebagai berikut: Pertama-tama kita tulis tanggal 1/12017 pada cell B2 dan tanggal 30/04/2017 pada cell C2 kemudian masukan rumus pada cell D2 =days360(b2;c2;0) dan hasilnya adalah 119 hari.

Lebih lanjut, silahkan Anda lihat pada gambar dibawah!

Nah, sampai pada tahap ini tutorial cara menghitung hari di excel sudah selesai kita bahas bersama. Untuk penerapan tingkat lanjut, misalnya beberapa rentang tanggal, akan kita bahas di kesempatan berbeda. Silahkan mencoba latihan dan praktek sendiri ini agar makin lancar dan tentunya semakin mahir.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *