READ MOREDapatkan Info Seputar Tutorial Excel

Cara Menghitung Diskon di Excel 2007 dan Versi Setelahnya

Halo pembaca yang berbahagia, senang sekali menjumpai Anda kembali dalam keadaan sehat. Oke, kali ini kita akan share tutorial excel yaitu tentang cara menghitung diskon di excel 2007 dan versi setelahnya.

Oke, sekilas tentang pengertian diskon atau yang dulu juga dikenal dengan rabat yang artinya adalah potongan harga kepada pembeli atau konsumen. Nah, konsumen akan mendapatkan harga murah dari suatu produk atau jasa karena sudah ada potongan harga dari harga normal/sebelum diskon.

Diskon umumnya dalam satuan persen atau perseratus yang kemudian dikonversi kedalam potongan harga. Ada juga yang langsung menampilkan jumlah dan saya pikir itu sama saja.

Akan tetapi jangan juga termakan buaian diskon yang sering kita jumpai di pusat perbelanjaan. Karena pada umumnya harga juga akan sama dengan harga normal, itu artinya juga diskon semu. Kecuali diskon karena pembelian dalam jumla besar atau grosir, itu memang real, tapi kita tidak fokus pada topik ini yang kita ingin bagikan adalah cara menghitungnya di excel, oke, saya harap ini bisa diterima.

Sekarang mari kita mulai pembahasan yang sesungguhnya, dan ijinkan kami untuk berbagi kepada Anda.

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

1.Pertama-tama siapkan dulu data pada lebar kerja excel, asumsinya data harga jual yang terdiri dari 5 kolom (No, Jenis barang, harga Normal, Diskon (%) dan Harga Setelah Diskon.

2.Masukan data barang/penjualan yang Anda miliki (kami menggunakan contoh penjualan sepatu dan sandal)

3.Berikutnya masukan rumus sebagai berikut: Harga dikurangi Diskon. Berhubung Diskon dalam satuan persen, maka harga dkurangi terlebih dahulu dengan persentase diskon. Atau masukan rumus pada kolom E dengan penulisan sbb:

Artikel terkait:   Cara Mudah Membuat Grafik Line di Excel 2007 untuk Pemula

Rumus 1 =Harga-(harga X %diskon). Hal ini menjelaskan bahwa harga di kali % diskon untuk mendapatkan hasil potongan harga/pengurangan)

Rumus 2 adalah =harga-(1-%diskon). Hal ini hendak menjelaskan bahwa 1 itu harga dan diskon adalah pengurang).

4.Terakhir, copy dan paste hasil pada kolom E ke baris berikutnya. Untuk lebih jelas, perhatikan gambar dibawah ini.

Nah, demikianlah pembahasan singkat kita kali ini tentang cara menghitung diskon di excel 2007. Kami harapkan penjelasan singkat ini dapat membantu Anda dalam menghitung diskon excel sehingga laporan penjualan dapat diselesaikan dengan cepat.

PS: Jika Anda memiliki cara berbeda dalam menghitung diskon, silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah.

PSS: Buat yang udah berkunjung, kami ucapkan terima kasih, jika berkenan tekan tombol subscriber dan share artikel ini, biar banyak yang terbantu dengan artikel ini.

 

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *