Cara Mengetahui Keaslian Artikel atau Postingan Blog dengan 2 Tools Berikut

Anda seorang blogger atau hanya sebatas peselancar di internet? Gak perlu di jawab bro/sis. Apapun yang Anda lakukan di internet, mungkin boleh luangkan waktu Anda untuk membaca ulasan singkat ini. Kali ini kita akan membahas cara mengecek plagiat pada postingan atau artikel.

Menerbitkan postingan atau artikel ke blog, sangat disarankan untuk menggunakan artikel atau konten yang asli tulisan tangan sendiri, jangan salin dan tempel baik keseluruhan atau bahkan sebagian dari artikel blogger lain.

Terutama jika Anda sudah memiliki tim penulis sendiri, sangat disarankan untuk memeriksa keaslian artikel yang dikirimkan oleh penulis satu per satu.

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk memastikan tulisan tim Anda terjaga. Pertama, menggunakan alat SmallSeoTools dan kedua menggunakan CopyScape.

1.SmallSeoTools

  • Buka web smallseotools https://smallseotools.com/plagiarism-checker/

  • Kemudian salin artikel Anda ke kolom yang disediakan, lalu klik Periksa Plagiarisme.

  • Tunggu sampai proses pemeriksaan selesai.
  • Setelah menyelesaikan 100%, Anda akan melihat seberapa asli tulisan yang diperiksa. Jika ternyata hasil Copas, itu akan terlihat di bagian mana.

  • Untuk memeriksa lebih dalam, klik Bandingkan maka Anda akan menemukan kalimat mana yang disalin dan sumbernya.


Nah sekarang prosesnya sudah selesar, sangat mudah bukan, hanya butuh kurang dari satu menit semua proses selesan dan tinggal klik…

2.CopyScape

  • Kunjungi web Copyscape: https://www.copyscape.com/

  • Alat ini tersedia dalam dua versi, gratis dan premium. Untuk versi gratis, mereka hanya menyediakan pencarian menggunakan URL. Jadi, artikel Anda pasti sudah dipublikasikan di blog terlebih dahulu. Jika Anda menginginkan fitur pemeriksaan non-url seperti di SmallseoTools, maka Anda harus meningkatkan ke versi berbayar.
  • Tempel URL, lalu periksa.

  • Jika artikel tersebut ternyata asli, hasilnya akan seperti ini.

  • Tetapi jika ternyata copas terdeteksi, hasilnya akan seperti ini. Klik tautan untuk melihat detail yang lebih lengkap.

  • Seperti jumlah kata yang disalin, halaman sumber dan bahkan kata tinggi yang disalin oleh kata.

 

Kedua metode ini menggunakan konsep yang berbeda. SmallSeoTools menggunakan hasil pencarian dari mesin pencari Google, sementara CopyScape tampaknya memiliki sistem pemindaian sendiri.

Karena cara kerjanya adalah hanya memindai konten yang sudah online, jadi dua alat ini tidak dapat memeriksa keaslian artikel yang disalin dari buku, majalah, surat kabar, atau bentuk cetakan lainnya.

Anda juga bisa mengirim sebuah dokumen berupa file untuk mengecek plagiarisme di https://smallseotools.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *