Sakit leher dan bahu sering kali disebabkan oleh ketegangan pada saat bekerjas dan Anda baru merasakan ketika hari sudah berakhir. Bisa jadi karena bekerja terlalu lama di depan komputer atau beraktivitas monoton seharian tanpa peregangan otot. Atau bisa juga karena posisi tidur yang kurang nyaman.

Hal ini biasa terjadi dan sebenarnya bukan masalah besar. Namun jika dibiarkan terus menerus, tentu akan membahayakan kesehatan dan juga bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Untuk jangka panjang, leher dan bahu bahkan tak bisa digerakan dan kalau sudah begitu sulit disembuhkan.

Baca juga: Bahaya Kecanduan Internet bagi Kesehatan Anda.

Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda sering mengalami sakit leher dan bahu atau mengalami ketagangan pada pundak saat beraktivitas, berikut cara mengatasi sakit leher dengan mudah.

1.Pilih Bantal Terbaik

Bantal yang terlalu keras atau terlalu empuk, memaksa leher berada pada sudut janggal selama  berjam-jam ketika tidur. Pilih bantal menurut posisi favorit anda. Yang suka tidur dengan posisi miring piliih bantal yang sangat keras, tidur telentang, pilih bantal sedang, dan tidur tengkurap pilih bantal ultra empuk dan tipis, saran dari Better Sleep Council.

 

2.Postur Tegak

Postur tubuh yang buruk dapat mengakibatkan sakit leher. Untuk mencegah, ketika duduk didepan komputer, tapakan kaki datar di lantai, pinggul dibelakang kursi, dan kepala dan leher satu garis dengan torso. Ketika berdiri jangan bungkuk, dorong dada keluar dan tarik bahu ke belakang.

 

3.Kecilkan Tas

Tas besar mungkin modis, tapi juga dapat menyebabkan sakit otot leher dan otot bahu. Hindari rasa sakit dengan memastikan berat tas kurang dari 3 pon.

 

4.Istirahat

Para periset menemukan, pekerja kantor yang disuruh istirahat secara teratur berkemungkinan lebih kecil 21% menderita sakit leher dan bahu dibanding yang kurang tidur. Minimal waktu tidur malam untuk istirahat yang optimal sekitar 6-8 jam.

 

5.Manjakan dengan Pijat

Pijat merupakan cara yang lebih efektif dan lebih murah dalam mengatasi sakit leher dibanding fisioterapi atau pengobatan dokter, begitu menurut para periset. Pijat meredakan sakit otot dan meningkatkan range gerakan dengan melepaskan Endorphin alamiah.

 

6.Gerakan Bahu dan Ucapkan Ahhh

Kita cenderung memendam ketegangan di otot bahu dan leher. Kali berikutnya jika merasa tegang, gunakan beberapa menit untuk melepas ketegangan sebelum menimbulkan rasa sakit. Cara melakukannya: perlahan gerakan bahu keatas dan kebelakang beberapa kali, kemudian ucapkan ahhh.

 

Nah, demikianlah beberapa hal yang bisa kami sampaikan terkait cara mengatasi sakit leher dan bahu serta ketegangan di pundak saat beraktivitas. Semoga Anda belum terlambat menyadari dan segera lakukan tips diatas secara rutin, maka Anda akan melihat hasil yang mengagumkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *