Cara Mudah Membuat Laporan keuangan Sederhana dengan Excel 2007 untuk Pemula

Dalam sharing singkat ini, bloggerpontianak.net akan mencoba berbagi tutorial tentang cara membuat laporan keuangan dengan excel, tentunya bentuk laporan keuangan yang bersifat sederhana. Kenapa sederhana, ya karna hanya berupa buku kas sederhana yang hanya terdiri dari 5 atau 6 kolom.

Proses pembuatannya juga mudah dan tidak menggunakan banyak fungsi excel, dan yang kita gunakan adalah fungsi tambah dan kurang dan bukan fungsi sum, if, dan or. Dikatakan sederhana karena laporan keuangan ini hanya terdiri dari beberapa kolom yaitu: No; Tanggal; Keterangan/Uraian Transaksi; Debet; Kredit dan Saldo.

Meskipun laporan ini terbilang sederhana, menurut pemahaman penulis terkadang kurang dipahami teruma dari sisi pembukuan. Kelebihan dari laporan keuangan menggunakan Excel adalah saldo akan otomatis bertambah jika kolom debit di masukan angka dan otomatis berkurang jika kolom kredit di masukan angka.

Artikel terkait: Cara Membuat Garis di Excel 2007 untuk Pemula.

Laporan keuangan sederhana ini juga berfungsi untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran untuk periode tertentu, misalnya mingguan atau bulanan dalam satu tahun buku. Jika usaha Anda masih sederhana, alangkah baiknya dibuat pencatatan laporan seperti pada latihan ini, yang tujuannya untuk melihat apakah pemasukan sebanding dengan pengeluaran.

Nah, untuk mempersingkat waktu dalam latihan kita, berikut langkah-langkah dalam membuat laporan keuangan dengan excel.

Ikuti langkah-langkah Berikut:

1.Bikin format laporan keuangan menyerupai gambar dibawah, bisa dumulai dari kolom mana saja. Pada latihan ini, kita akan memulai dari kolom H dibaris pertama.

2.Kita asumsikan bahwa kita memiliki saldo awal sehingga harus kita tambahkan, anggap saja saldo awal kita Rp 1.000.000,-. Berikutnya, masukan rumus pada cell M4 dengan perincian rumus sebagai berikut =M4+K5-L5, dimana M4 adalah saldo; K5 adalah debet/pemasukan dan L5 adalah pengeluaran. Perhatikan gambar dibawah ini.

3.Setelah itu, copy rumus yang sudah kita buat pada cell M4 ke baris selanjutnya, dan lihat hasil yang ditampilkan. Dan sekarang, contoh laporan keuangan sederhana yang kita buat sudah selesai. Dibawah ini adalah hasil laporan keuangan:

Keterangan Tambahan:

  1. Pada bagian akhir laporan atau pada baris 14 pada cell K14 jumlahkan dengan rumus =SUM(K5:K12) dan pada cell L14 masukan rumus =SUM(L5:L12) untuk mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran.
  2. Laporan keuangan ini bentuknya sederhana, tidak diperlukan fungsi apapun dan kita hanya perlu menambahkan dan mengurangkan.

Sekarang setelah Anda membaca tutorial ini, diharapkan Anda mengetahui cara membuat laporan keuangan dengan excel yang bentuknya sederhana, yang tujuannnya untuk memantau posisi keuangan Anda. Jika Anda ingin belajar tentang excel, Anda bisa mempelajarinya DISINI. Untuk pelaporan keuangan yang lebih kompleks, lain waktu akan kita bahas secara mendalam.

Selamat mencoba!

One thought on “Cara Mudah Membuat Laporan keuangan Sederhana dengan Excel 2007 untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *