Secara umum, fungsi dari ms word adalah untuk mengolah dokumen, seperti membuat dokumen atau ketikan baru, editing, formating hingga pencetakan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas cara membuat kolom pada microsoft word 2007, khusus untuk pemula.

 

Nah, fitur columns ini sebenarnya merupakan fitur yang berfungsi untuk mempercantik tampilan, baik pada desktop atau pencetakan dokumen. Nanti akan saya tunjukan caranya kepada Anda, mudah-mudahan hal ini bisa membantu.

 

Bagi Anda yang sudah terbiasa bekerja dengan word mungkin hal ini bukan sesuatu yang sulit, namun bagi pemula tentu saja perlu menelaah lebih teliti. Namun tenang saja, langkah-langkahnya tidak sulit kok, bahkan lebih lama dari sekedar mencetak selembar dokumen.

 

Pada dasarnya, tampilan ms word standart terdiri dari satu kolom, untungnya dengan fitur columns, Anda bisa membuat tampilan dokumen atau tulisan Anda mejadi lebih menarik. Mungkin jika ada masih ingat tampilan kolom dalam majalah atau surat kabar, kira-kira seperti itulah tampilannya nanti.

 

Artikel lainnya: Cara Mengetik Cepat 10 Jari di MS Word 2007.

 

Baiklah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita mulai tahap demi tahap cara membuat kolom pada microsoft word 2007, geser kebawah ya bro.

Tahapan Membuat Kolom di Word

1.Buka lembar baru atau file yang berisi dokumen atau ketikan yang sebelumnya Anda simpan. Nantinya, dokumen ini akan kita gunakan sebagai bahan latihan saja, anda boleh menyimpannya atau tidak.

 

2.Sorot satu atau beberapa paragraf pada dokumen yang akan Anda tampilkan dalam bentuk kolom. Jika anda ingin melakukan semuanya pada dokumen, mudahnya tinggal tekan CTRL + A.

3.Kemudian, pilih menu Page Setup, pilih menu Columns. Pada menu ini, terdapat 6 pilihan yaitu One, Two, Three, Right, Left dan More Columns. Silahkan pilih kolom sesuai keinginan Anda.

 

4.Pilihan Two, untuk membagi dokumen menjadi 2 kolom, Three menjadi 3 kolom, Left, bagian kiri lebih kecil dan kanan lebih besar, dan Right untuk membagi kolom menjadikan bagian kanan yang terbesar dan bagian kiri lebih kecil. Perhatikan Contohnya pada Gambar diatas!!

5.Untuk pilihan More Columns, anda akan menemukan jendela yang menampilkan preview editing Anda, jadi Anda bisa melihat hasilnya secara langsung. Berikut tampilan menu More Columns.

6.Jika Anda ingin melakukan editing pada paragraf lain, silahkan ulangi langkah 1 dan 2 pada paragraf yang Anda kehendaki. Bila sudah selesai, silahkan simpan dokumen yang suda Anda lakukan dengan cara menyimpan file dengan nama berbeda.

 

Nah, usai sudah tugas saya memberitahu Anda tentang cara membuat kolom di microsoft word 2007, sisanya tinggal Anda latih dan praktek sendiri agar makin mahir.

 

Selamat mencoba….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *