Garis pada tabel lembar kerja excel merupakan tahapan format cell sebelum pencetakan dokumen menggunakan printer. Biasanya garis atau border ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam membaca pelaporan atau data yang disajikan. Jenis border sangat beragam dan cara membuat garis di excel juga tidak terlalu sulit sekalipun Anda seorang pemula.

Saat kita bekerja mengolah data dan angka menggunakan lembar kerja excel, kita memang melihat data berbentuk kolom dan baris. Namun pada saat pencetakan dikertas garis tidak terlihat, dan proses pembuatan border inilah yang nantinya akan membuatnya terlihat.

Anda bisa memilih berbagai jenis garis atau border untuk lembar kerja Anda, ada garis tebal, tipis, putus-putus, bentuk titik titik dan lainnya. Menu garis atauborder terletak pada sub menu Home dan berada dalam kelompok format cell.

Meskipun Anda masih pemula, anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena sebentar lagi Anda akan melihat bagaimana mudahnya membuat garis di excel. Bahkan prosesnya lebih cepat dari yang Anda bayangkan, untuk itulah lebih baik Anda berfokus pada pembelajaran fungsi lain.

Baiklah, untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai latihan kita kali ini.

Ikuti Tahapan Berikut.

1.Buka dokumen baru atau file yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

2.Pilih atau sorot atau blok cell yang akan Anda beri garis/border.

3.Selanjutnya, (1) pilih tombol dropdown pada kelompok format font, lalu pilih All Border. Untuk melakukan formating tingkat lanjut, (2) Klik tanda panah pada sudut sub menu Font, kemudian akan muncul jendela Format Cell multi tab dan pilih tab Border atau atau (3) klik sub menu More Border. Pilih border atau garis dan bagian yang akan anda tambahkan border atau garis.

4.Terakhir klik OK.

Tahapan diatas merupakan tingkat awal dimana Anda hanya membuat garis berbentuk standart. Untuk memilih garis dengan bentuk berbeda, silahkan masuk kembali pada Format Cell, kemudian pilih Tab Border.

Selain mengubah bentuk, Anda juga bisa mengganti warna garis atau border pada tabel di lembar kerja excel Anda. Satu hal lagi, Anda juga bisa melihat preview hasil formating Anda pada jendela Format Cell.

Nah, sampai pada tahapan ini, saya anggap Anda sudah memahami cara membuat garis di excel. Agar Anda makin lancar, lakukan latihan menggunakan excel secara rutin dan teratur.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *