Cara Membuat Database dengan Excel 2007 Dalam 3 Langkah Mudah [Tutorial Pemula]

Dalam melakukan aktivitas pengisian (entri) data ke dalam daftar tabel Excel 2007, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan formulir entri data. Tujuannya untuk memudahkan pengisian, bila dibandingkan dengan mengisi tabel secara horizontal. Karenanya tutorial tentang cara membuat database dengan excel ini kami hadirkan untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam entri data yang jumlahnya banyak.

Kami yakin Anda pasti kesulitan memasukan data kedalam database tanpa form entri data, karenanya tutorial dibawah ini akan sangat membantu. Berikut uraian lengkap untuk mendapatkan mengaktifkan excel entri data.

Langkah Pertama: Buat Tabel Database

Sebelum Anda menggunakan fitur form entri data, Anda harus terlebih dahulu menentukan jumlah kolom tabel untuk digunakan. Sebagai contoh: jika Anda ingin membuat 5 kolom, maka Anda memblokir kolom A melalui kolom E, lalu menampilkan kotak dialog ‘Insert Tabel’ dengan memilih menu:

Sisipkan> Tabel> Tabel

Kemudian klik ‘OK’. Selanjutnya Anda cukup mengubah teks ‘Kolom1’ dan seterusnya sesuai dengan judul masing-masing kolom yang Anda kehendaki. Misalnya dalam latihan ini kita beri judul pada masing-masing kolom: No, Nama Lengkap, Alamat, Nomor HP dan Keterangan. Kemudian kita lanjutkan pada tahapan berikut.

Baca juga: Cara Menghitung Persentase di Excel 2007 untuk Pemula.

 

Langkah Kedua: Menampilkan Ikon Formulir pada Menu Ribbon

Pada tampilan menu standart, perintah Formulir ini tidak ditampilkan pada menu di sudut kiri atas (menu Ribbon), maka untuk dapat menampilkannya ikuti langkah-langkah berikut:

1.Klik panah kecil pada menu Ribbon dan pilih ‘More Commands …’ (seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas). Selanjutnya akan muncul kotak dialog ‘Option Excel‘ yang menyorot menu ‘Quick Access Toolbar‘.

2.Pada menu tarik-turun di bawah ‘Pilih perintah dari:’, pilih ‘ Commands Not in the Ribbon‘, lalu cari dan pilih ‘Form …‘ pada kotak daftar di sebelah kiri. Selanjutnya klik tombol ‘Add >>’, maka menu ‘Form …‘ muncul di kotak daftar di sebelah kanan.

3.Klik ‘OK‘ dan ikon yang Anda sudah berhasil diaktifkan, perhatikan contoh gambar di bawah.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, ketika ikon menu Klik Formulir, maka formulir entri data ditampilkan dengan kolom judul kolom yang sesuai dari tabel yang Anda buat sebelumnya.

 

Langkah Ketiga: Entri Data

Pada tahapan ini, Anda sudah siap memasukan data melalui entri data yang terdapat pada tabel database. Kelebihannya, Anda bisa entri data dengan cepat menggunakan form entri data yang sudah kita buat tadi. Lebih mudah mengetik secara vertikal dibandingkan horizontal terutama data base yang jumlahnya banyak.

Tips:

1.Gunakan tombol TAB pada keyboard untuk berpindah baris pada form database,

2.Setelah melakukan entri data, klik New untuk entri data baru.

  1. Untuk mengakhiri, klik tombol close, pada dialog Entri Data.

Melalui dialog form ini, Anda tidak hanya dapat membuat entri data, tetapi juga dapat mengedit data yang sudah tercatat pada daftar, menghapus data, dan juga bisa mencari dan menampilkan data sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan.

Apapun kriteria Anda suka. Contoh, setelah Anda mengklik tombol ‘Kriteria‘, untuk menampilkan data dengan nama yang diawali dengan huruf ‘B‘, maka di bidang Type A kemudian Anda bisa mengklik ‘Find Next’ atau tombol ‘Find Prev‘ untuk menampilkan data yang ditentukan yang telah dipilih.

Demikianlah pembahasan singkat tentang cara membuat database dengan excel 2007 yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Jika mengalami kendala, silahkan membaca ulang perlahan tutorial ini, kemudian praktekan.

One thought on “Cara Membuat Database dengan Excel 2007 Dalam 3 Langkah Mudah [Tutorial Pemula]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *