Artikel singkat ini akan mengupas rumus tanggal otomatis di excel 2007, yang bertujuan untuk menampilkan tanggal hari ini. Pada lembar kerja excel, terkadang kitasering malas untuk mengetik tanggal, terutama pada dokumen yang setiap hari harus kita buka dan cetak. Untuk itulah tutorial ini kami hadirkan ke hadapan Anda.

Fungsi paling umum untuk menampilkan tanggal otomatis adalah TODAY dan menampilkan jam otomatis adalah fungsi NOW. Dengan begitu, kita tidak perlu mengetik ulang tanggal dan waktu setiap harinya, karena jika tanggal sudah berganti maka otomatis, tanggal pada dokumen akan disesuaikan.

Artikel lainnya: Cara Menggunakan Rumus Perkalian Excel 2007 Otomatis.

Menggunakan fungsi today tidaklah sulit sekalipun untuk Anda yang masih pemula. Selain mengetikan langsung pada cell yang kita kehendaki, fungsi today juga bisa kita munculkan dengan kombinasi alternatif keyboard ( CTRL + ; ). Sedangkan untuk menampilkan rumus NOW, cara pintas menggunakan keyboard adalah tombol ( CTRL + SHIFT + ; ).

Namun, menggunakan pintasan keyboard memiliki kelemahan yaitu tidak menampilkan fungsi pada cell melainkan langsung menampikan hasil.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita mulai praktek menggunakan rumus tanggal otomatis di excel 2007.

Ikuti tahapannya berikut:

1.Buka lembar kerja baru excel atau file yang sudah Anda siapkan sebelumnya

2.Bebas pilih cell dimana Anda akan menampilkan tanggal dan waktu secara otomatis, misalnya dalam latihan ini kita memilih cell B2 untuk menampilkan tanggal dan C2 untuk menampilkan waktu.

3.Pada cell B2 ketik rumus =today() kemudian tekan enter dan pada cell C2 masukan rumus =now(), dan tanggal pada hari itu serta waktu akan otomatis muncul. Untuk lebih jelas, lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Alternatif atau Pintasan Menggunakan Keyboard

  • Jika anda ingin menggunakan cara pintas, maka pada saat kursor berada pada cell B2, langsung tekan bersamaan tombol CTRL + ; (tombol control + titik koma) pada keyboard untuk menampilkan tanggal.
  • Untuk menampilkan tanggal, pada cell C2 tekan bersamaan tombol CTRL + SHIFT + ; (tombol kontrol + shift + titik koma) pada keyboard.

Nah, demikianlah tutorial singkat tentang rumus tanggal otomatis di excel 2007, yang berfungsi untuk memunculkan tanggal pada hari itu dan berubah secara otomatis setelah pergantian tanggal.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *