5 Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan di Akhir Pekan

Memanfaatkan akhir pekan untuk mencari penghasilan tambahan bukanlah ide yang buruk. Memang akhir pekan adalah waktu yang paling tepat untuk beristirahat, tidak ada salahnya membuka usaha sampingan sembari bersenang-senang. Membuka usaha yang hanya dijalankan satu minggu sekali  sebenarnya cukup mudah.

Peluang Usaha Akhir Pekan

Berikut ini rekomendasi peluang usaha sampingan yang dapat kamu lakukan di akhir pekan tanpa mengganggu produktivitas pekerjaan utama.

1.Usaha Kuliner atau Food Truck

Saat ini sebagian kota-kota besar mengadakan acara Care Free Day “CFD” rutin tiap akhir pekan. Biasanya di area sekitar CFD banyak berjajar penjual makanan atau minuman. Kamu bisa memanfaatkan acara ini sebagai peluang usaha. Memang penjual di CFD tidak sedikit, bisa dibilan persaingan penjual makanan bersaing ketat.

Kamu harus bisa menjual makanan yang berbeda dari yang lainnya. Seperti contoh, penjual makanan yang sedang trend saat ini. Food Truck atau berjualan di mobil yang dimodifikasi semenarik mungkin. Tawarkan makanan dan minuman kekinian untuk menarik konsumen.

Tips umum berjualan di CFD, kamu harus menjemput bola. Tawarkan produk yang kamu jual dengan mendatangi calon konsumen secara langsung. Menjalankan bisnis ini, tidak cukup hanya mengandalkan lokasi strategis.

2.Membuka Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Kamu pecinta hewan bisa mencoba bisnis ini. Buka jasa penitipan sekaligus perawatan untuk kucing atau anjing. Caranya sederhana, keluarkan modal untuk membeli peralatan seperti pemotong kuku anjing, serta perlengkapan kebersihan pendukung lainnya.

Menghasilkan uang dengan melakukan perawatan lengkap dengan membersihkan kuku-kukunya. Jasa ini banyak dibutuhkan di wilayah perkotaan. Pemiliknya keluar kota dan tidak memungkinkan untuk membawa piaraan. Jasa penitipan hewan sudah pasti yang pertama dicari.

3.Membuat Kerajinan Tangan

Hobi juga bisa mendatangkan uang. Waktu luang di akhir pekan bisa kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Hobi merajut misalnya, membuat kreasi gantungan kunci, tas, dompet, dan masih banyak lagi. barang-barang unik, terutama handmade memiliki nilai jual tinggi.

Pandai melukis juga bisa kamu manfaatkan untuk membuka pesanan menggambar sketsa wajah di acara wisuda. Saat ini banyak seni lukis yang dikreasikan di berbagai media, seperti piring, mug, sepatu, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu bisa mebuka kurus sesuai bakat yang kamu miliki. Bakat ketrampilan ini banyak dicari oleh ibu-ibu yang aktif dalam kegiatan UMKM. Lumayan bukan? Karyawan aktif, orderan jalan, kursus lancar.

4.Manfaatkan Kemampuan Bahasa Asing

Sibuk bekerja dari Senin sampai Jum’at. Ini saatnya kamu liburan, tapi liburan yang dapat menghasilkan uang. Daftarkan diri ke agen travel atau menawarkan jasa tour guide di sosial media. Refreshing sekaligus mencari uang tambahan bisa menjadi pilihan. Kamu bisa berlibur setiap Sabtu dan Minggu.

Mahir dalam bahasa Asing dan mampu berkomunikasi dengan baik menjadi nilai plus. Bukan hanya menjadi guide turis domestik, juga bisa mendampingi turis mancanegara. Selain itu, kamu harus memiliki wawasan terkait tempat-tempat wisata. Memilih usaha ini sebagai sampingan, tidak perlu khawatir akan sepi job. Destinasi wisata tidak pernah luput dari pengunjung.

Memiliki kemampuan bahasa Asing, apalagi bersertifikat. Kamu bisa mendaftar menjadi tutor bahasa Asing di Lembaga Kursus Bahasa Asing atau Bimbingan Belajar. Kamu bisa mengisi jadwal di akhir pekan saja.

5.Menjadi Mitra Transportasi Online

Memiliki kendaraan pribadi bisa digunakan untuk mengais uang tambahan. Kamu bisa bergabung dengan perusahaan pengembang jasa online sebagai driver. Sudah banyak karyawan atau mahasiswa yang juga berprofesi sebagai driver online.

Waktu bekerja sebagai driver juga fleksible. Permintaan jasa motor maupun mobil ini semakin meningkat setiap harinya. Apalagi di akhir pekan, ibu-ibu pergi arisan, anak-anak muda hangout, atau kegiatan lainnya yang membutuhkan jasa transportasi ini. Sehingga kamu bisa bekerja di akhir pekan saja. Rajin mengambil orderan setiap hari libur saja, sudah mendapatkan penghasilan mencapai jutaan rupiah.

Meskipun hanya seminggu sekali, usaha yang kamu jalankan tidak boleh asal-asalan. Pilih usaha yang sesuai minat dan bakat yang kamu miliki. Dengan begitu bisnis usaha sampingan yang digeluti akan terasa menyenangkan. Jangan berganti-ganti dalam menjalankan usaha, misal minggu ini jual pulsa minggu depan makanan. Satu saja asal konsisten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *