Ada masanya dimana ketika seseorang memutuskan untuk memulai bisnis, mereka harus tahu keputusan besar apa yang telah diambil. Ini sangat penting karena pada dasarnya, dunia bisnis ini berbeda dengan dunia para pekerja yang pada umunya kita lihat.

Saat telah memutuskan untuk memulai bisnis, Anda harus tahu bahwa hidup Anda ada di area abu-abu dan seperti roda yang berputar, kadang diatas dan kadang kala juga biasanya dibawah. Bisnis merupakan sesuatu hal yang tidak pasti, tetapi bisa dipastikan akan membuat sebagian orang sukses jika benar dan konsisten dalam mengelolanya.

Bisa saja hari ini Anda mendapatkan untung besar, tapi bagaimana dengan hari berikutnya? Anda bisa mendapatkan untung yang lebih sedikit, atau justru tidak mendapatkannya sama sekali.

Inilah dunia bisnis yang sesungguhnya. Para pebisnis sukses pun tahu bahwa mereka hidup dalam ketidakpastian, tetapi mereka memiliki semangat serta optimisme dalam bekerja yang tinggi.

Tapi Anda tak perlu takut karena dari mulai Chairul Tanjung hingga Bill Gates pun merasakan insecurity di awal bisnis mereka. Kita bisa belajardari para pebisnis sukses tentang pengalaman awal memulai bisnis, kekhawatiran yang dirasakan, dan bagaimana mengubah rasa takut menjadi motivasi.

Ada sekitar 5 hal yang pasti akan Anda rasakan sebagai pengusaha baru, apa saja? Mari kita jabarkan satu-persatu :

1.Rasa Malu

Ya, rasa malu akan menjadi teman baik setiap pengusaha baru. Namun tidak usah khawatir yang berlebihan, bahkan para pengusaha sukses pun pernah mengalami cemooh atau hinaan dari orang yang membuat mereka malu.

Ironisnya, terkadang rasa malu tersebut kita dapatkan karena kritik pedas dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, keluarga, atau teman sendiri.

Mereka akan mempertanyakan mengapa Anda memilih untuk membuka bisnis dari pada bekerja, padahal Anda memiliki gelar sarjana bahkan lebih.

 

2.Ingin Menyerah

Tahap selanjutnya adalah perasaan ingin menyerah. Hinaan, kritikan, dan cercaan yang diterima bertubi-tubi terkadang membuat kita ingin menyerah dengan bisnis yang baru kita mulai. Bahkan banyak pengusaha muda yang gagal dalam bisnis karena tidak kuat menahan beban yang dirasakan sehingga akhirnya menyerah dengan keadaan.

Namun jika Anda bisa melewati tahap kedua ini, maka mental bisnis yang Anda miliki akan semakin terbentuk dan justru lebih siap untuk menghadapi berbagai rintangan bisnis lain yang akan dilakukan dikemudian hari setelah bisnis pertama anda sukses.

 

3.Iri Terhadap Orang Lain

Akui saja bahwa kita terkadang iri dengan orang lain atau bahkan teman sebaya kita yang sudah lebih sukses dari kita. Apalagi sebagai seorang pengusaha, kita belum tentu langsung sukses di bisnis pertama.

Sedangkan di sisi lain, teman-teman kita yang bekerja di perusahaan sudah menemukan ‘jalannya’ dan meraih posisi yang mentereng di perusahaan tempat mereka bekerja.

Rasa iri pasti akan menyelimuti hati kita saat melihat teman sebaya sudah meniti kesuksesannya. Tapi percayalah, bahwa semua akan ada waktunya. Waktu Anda bukan sekarang, setidaknya Anda sudah menuju kearah sana yang bisa membawa Anda sukses duluan dan bisa menikmati hari tua yang indah.

 

4.Terbebani Hutang

Selain modal yang menipis, terkadang beban pinjaman uang menjadi salah satu faktor yang membuat pengusaha baru ingin menyerah. Cash flow yang belum stabil, beban cicilan hutang, dan modal yang tipis kerap menjadi sumber rasa khawatir para pengusaha baru.

Keuangan memang menjadi indikator dalam sebuah bisnis. Jika Anda mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan, itu berarti usaha yang dilakukan telah berjalan dengan benar.

Namun jika bisnis Anda tak kunjung mendapatkan hasil, maka Anda harus segera memperbaiki bisnis tersebut karena pasti ada yang salah dengan bisnis yang Anda jalani dan anda harus segera memperaikinya untuk mencapai target yang sudah anda rencanakan sejak awal ingin memulai berbisnis.

 

5.Kekurangan Modal

Selain beban cicilan, modal juga menjadi salah satu hal yang kerap dipikirkan oleh pengusaha baru. Namun Anda tak perlu khawatir dengan ketersediaan modal usaha karena ada banyak pinjaman online yang bisa menjadi sumber tambahan modal usaha dijaman yang sudah semakin maju seperti saat ini.

Apalagi jika selama ini bisnis Anda telah berjalan dengan baik. Maka Anda tak perlu khawatir untuk menambah jumlah modal guna meningkatkan keuntungan. Dalam bisnis, kita harus mengembangkan jaringan usaha secepat mungkin.

Jadi jika memang membutuhkan modal tambahan, tak perlu khawatir untuk menambah modal selama keuangan menunjukkan tren yang positif dan bisa membuat bisnis Anda cepat berkembang.

Kelima poin tersebut akan menjadi beban yang mengganggu pikiran para pengusaha muda di awal karir mereka. Namun Anda tak perlu khawatir karena hal tersebut justru akan membentuk mental dan mindset Anda dalam dunia bisnis. Di dalam perjalanannya, akan ada lebih banyak hal yang bisa dipelajari dan Anda petik hikmahnya.

Semoga artikel ini bisa membuat Anda lebih percaya diri dalam memulai bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *